back

Apakah Anda mengetahui tentang Disaster Recovery Center atau sering disingkat DRC secara lengkap? Jika belum, Anda wajib menyelesaikan bacaan artikel ini untuk mengenal lebih lengkap tentang Disaster Recovery Center (DRC). Sekarang ini, banyak perusahaan atau instansi mulai aware untuk perlindungan data dan keberlangsungan bisnis saat terjadi bencana.

Kenapa demikian? Karena kehilangan data bisa terjadi kapan saja dan bahkan karena kesalahan manusia (human error). Selain itu, bisa dikarenakan virus seperti malware, ransomware dan bencana alam yang tidak terprediksi. Maka dari itu, banyak perusahaan atau instansi mulai memiliki disaster recovery center untuk bisnis mereka karena takut kehilangan data yang krusial atau bisnis berhenti beroperasi. Kita akan bahas secara tuntas tentang Disaster Recovery Center (DRC) ini.

Apa Itu Disaster Recovery Center (DRC)?

Secara sederhana, Disaster Recovery Center (DRC) dapat diartikan sebagai salah satu perencanaan kontingensi dalam menghadapi situasi bencana dan kejadian luar biasa lainnya, dengan penempatan perangkat TI, sistem, aplikasi dan data – data cadangan perusahaan pada suatu tempat atau lokasi yang terpisah untuk mengantisipasi kerusakan atau kehilangan data.

Alasan Disaster Recovery Center (DRC) sangat dibutuhkan seluruh perusahaan atau instansi

Masih ragu untuk menyiapkan DRC bagi perusahaan atau instansi Anda? Anda perlu memahami lebih serius resiko jika Anda tidak memiliki DRC. Setidaknya ada 3 alasan utama untuk meyakinkan Anda tentang kebutuhan DRC bagi bisnis Anda.

Pertama, jika Anda sebagai penanggung jawab data penting data sebuah perusahaan, maka menyiapkan DRC adalah langkah bijak untuk mencegah faktor kesalahan manusia (human error). Perusahaan bisa dengan mengembalikan dan mencadangkan data penting perusahaan seperti sedia kala sebelum terjadi kesalahan.

Kedua, adanya kemungkinan kegagalan mesin maupun hardware meski perusahaan sudah menggunakan perangkat terbaik dan termahal. Melalui DRC Anda tidak perlu kuatir jika sewaktu – waktu perangkat keras (hardware) Anda mengalami kegagalan sistem atau tidak bekerja secara optimal.

Ketiga, yang paling penting juga untuk bisnis dalam memberikan kepuasaan kepada pelanggan dengan memberikan layanan yang cepat, tepat dan akurat selama 24/7/365 dengan itu bisnis Anda akan terus bertumbuh dan mengalami keuntungan yang pesat.

Nah, Elitery memiliki layanan Disaster Recovery as a Service (DRaaS) yang diberi nama Elicovery. Elicovery DRaaS telah berpengalaman sejak tahun 2012 dan lebih dari 100 perusahaan finansial telah menjadi klien kami. Kecepatan pemulihan bencana dari Elicovery menjadi alasan utama klien kami terus mempercayakan DRC bisnisnya kepada Elitery.

Nikmati kemudahan dan keuntungan menggunakan Elicovery DRaaS untuk bisnis Anda:

  1. 1. Waktu implementasi yang cukup singkat
    2. Penganggaran yang sangat mudah
    3. Perlindungan data secara kontinyu
    4. Penghematan biaya
    5. Total Cost of Ownership (TCO) < 25% (minimum)
  2. 6. Dukungan 24 x 7 x 365
  3. 7. Operasional harian yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab penyedia jasa
  4. 8. Lokasi data center di Indonesia (Bogor) dan sudah Tier III
  5. 9. Meningkatkan skalabilitas
  6. 10. Tim IT Engineer yang berpengalaman dan memiliki sertifikat dalam mengoptimalkan layanan Elicovery kami.

Nah, kini Anda sudah tidak bingung lagi kenapa harus menyiapkan Disaster Recovery Center (DRC) untuk bisnis Anda. Siapkan DRC Anda bersama Elicovery DRaaS untuk rencana kontinuitas bisnis komprehensif bagi perusahaan anda, karena Elicovery memberikan solusi yang handal, aman dan terpercaya untuk pemulihan bencana.

Baca juga tentang: Elicovery DRaaS Pastikan Bisnis Anda Tetap Berjalan Saat Terjadi Bencana

Kepatuhan terhadap regulasi pemerintah Indonesia

Elitery telah memenuhi syarat-syarat teknis yang bisa mendukung peran dan kapasitas sebagai penyedia layanan Data Center Recovery (DRC) mengacu pada kepatuhan yang ditetapkan oleh PCI DSS dan ISO 27001, karena transaksi keuangan rentan terhadap intensitas serangan siber. Elitery Data Center sendiri menyandang sertifikasi ISO 9001:2015, ISO 27001:2013, PCI-DSS V3.2.1, and ISO 45001:2018. Sebagai DRC yang handal dan terpercaya, Elitery memberi jaminan ketersediaan layanan 99,99%. Untuk itu, minimal mempunyai sertifikasi Tier 3 dari Uptime Institute, atau Rated 3 dari TIA-942.org.

Regulasi mengenai DRC dapat dilihat pada sektor perbankan dan fintech (financial technology), yang tertuang dalam peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 yaitu pasal 25 ayat 2, yang mengharuskan adanya pusat pemulihan bencana dan menyebutkan juga bahwa lokasi data cadangan harus berada di Indonesia. Dan POJK No. 4/POJK.05/2021 tentang penerapan manajemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi oleh Lembaga Jasa Keuangan Non Bank.

Elicovery DRaaS juga telah lulus uji Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk penyediaan layanan DRaaS ke Anggota Bursa (AB) atau Perusahaan Sekuritas yang saat ini sudah melebihi 80 perusahaan efek menggunakan Elicovery DRaaS Elitery. Dengan pengalaman yang dimiliki Elitery menjadikan Disaster Recovery Center legal dan terpercaya di Indonesia. Saat ini, kesadaran akan pentingnya DRC paling banyak didominasi oleh sektor keuangan atau perbankan. Untuk itulah Pemerintah mulai mensosialisasikan dan mewajibkan untuk semua perusahaan atau industri pemerintahan non bank harus memiliki DRC dalam menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Hal ini tertulis pada Peraturan Presiden 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada pasal 40 Ayat (1) tentang menjelaskan keamanan SPBE mencakup penjaminan kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian, dan kenirsangkalan (non-repudiation) sumber daya terkait data dan informasi, Infrastruktur SPBE, dan Aplikasi SPBE. Ayat 4: Penjaminan ketersediaan sebagaimana di maksud pada ayat (1) dilakukan melalui penyediaan cadangan dan pemulihan.

Untuk itulah, Anda harus mulai mengambil langkah preventif untuk melaksanakan peraturan pemerintah tersebut. Segera siapkan DRC Perusahaan Anda bersama Elitery sebelum pemerintah mengeluarkan sanksi atau tindakan keras kepada perusahaan atau instansi yang tidak mengindahkan peraturan SPBE atau tidak memiliki DRC.

Hal itu dikarenakan, perusahaan dan pemerintahan yang memberikan pelayanan kepada konsumen dan publik mempunyai resiko dalam hal sistem informasi internal mengalami kelumpuhan operasional dan hal ini bisa menyebabkan gangguan yang berujung pada kerugian secara finansial karena terhentinya aktivitas ekonomi dan aspek keamanan data dan jaringan.

Elitery Menyediakan Layanan Disaster Recovery Center Terpercaya Untuk Perusahaan Anda

Solusi pemulihan infrastruktur data Anda hanya dalam hitungan menit. Dengan menggunakan Elicovery DRaaS yang memberikan pemulihan bencana sesegera mungkin sehingga Anda dapat meminimalisasi waktu downtime untuk mengurangi kerugian pada bisnis Anda akibat terjadi bencana alam, human error, kegagalan hardware, pemadaman listrik dan lain – lain. Tidak ada bisnis yang tidak rentan terhadap bencana IT. Akan tetapi pemulihan cepat dengan adanya Disaster Recovery yang baik menjadi tuntutan konsumen.

Segera konsultasikan kebutuhan Disaster Recovery Center (DRC) Anda bersama Elitery. Kami siap menjadi partner IT solution bisnis Anda.

Kunjungi website kami di www.elitery.com untuk mempelajari setiap layanan dan produk Elitery. Anda juga bisa melakukan penawaran melalui email kami di [email protected]

Elitery
Safeguarding, Accelerating