back
Apa itu Virtualisasi

Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini mendorong banyak inovasi terbaru yang memudahkan pekerjaan manusia, contohnya adalah virtualisasi. Tahukah Anda apa itu virtualisasi? Kini semakin banyak memanfaatkan teknologi ini guna memenuhi berbagai keperluan, seperti melakukan virtualisasi dalam alokasi resource hardware server.

Teknologi virtualisasi sebenarnya bukan suatu hal yang baru di dunia komputer atau teknologi informasi. Bahkan sejak tahun 1960, beberapa lembaga, institusi, atau individu sudah menggunakan teknologi ini. Saat ini, pemanfaatannya kembali meluas.

Pengertian Virtualisasi

Apa itu virtualisasi? Virtualisasi merupakan sebuah proses berbasis software atau virtual yang merepresentasikan sesuatu, baik itu aplikasi server, virtual, koneksi, dan ruang penyimpanan. Menurut para praktisi teknologi informasi, teknologi ini menjadi salah satu cara yang efisien untuk mengurangi biaya IT serta meningkatkan efisiensi di banyak sektor bisnis.

Virtualisasi juga dipahami sebagai suatu usaha untuk mendapatkan sebuah bentuk virtual dari suatu bahan yang awalnya bersifat fisik. Contohnya jika Anda memiliki tiga server fisik dan tiap-tiap dari server itu memiliki fungsi yang berbeda. Sever jenis pertama adalah mail server, jenis kedua merupakan web server dan ketiga memiliki peran sebagai aplikasi internal.

Baca Juga : Inilah Implementasi Teknologi Cloud Computing Dalam Perusahaan

Setiap server itu sudah mempunyai kapasitas sebesar 30%. Namun, sever aplikasi menjadi server paling penting untuk melakukan operasional server lainnya. Karena itulah perlu dijaga performanya agar mampu menjalankan peran sebagai hosting.

Dengan penggunaan teknologi virtualisasi, tiap-tiap dari server akan dapat menjalankan tugasnya masing-masing tanpa harus bergantung lagi dengan server aplikasi. Anda juga bisa meningkatkan kapasitas server pertama dari 30% ke 60% hingga ke 90%. Sehingga server yang kosong dapat digunakan untuk menjalankan tugas lain atau melakukan retired untuk mengurangi biaya maintenance.

Fungsi Virtualisasi

Banyak kemudahan yang bisa diperoleh jika memanfaatkan teknologi virtualisasi, baik dari segi teknologi maupun ekonomi. Inilah beberapa fungsi dan manfaatnya.

a. Biaya hardware jadi lebih hemat

Virtualisasi bisa bekerja dengan cara menampilkan beberapa fungsi utama menyembunyikan fungsi-fungsi teknis lainnya, sehingga bisa mengurangi biaya belanja hardware. Tidak hanya itu, dengan satu perangkat komputer saja Anda dapat menjalankan bermacam-macam sistem sekaligus.

b. Kemudahan melakukan recovery dan backup

Fungsi virtualisasi selanjutnya adalah memberikan kemudahan terhadap kegiatan penyelamatan dan backup data dan tidak perlu menambahkan perangkat komputer lainnya untuk menjalankan tugas tersebut. Kegiatan recovery data juga menjadi lebih efisien dan efektif.

c. Monitoring server menjadi lebih mudah

Di sini virtualisasi akan mengubah server yang awalnya tidak terpusat menjadi terpusat. Oleh karena itu, kegiatan monitoring server menjadi jauh lebih mudah. Hal ini bisa dilakukan melalui fitur atau aplikasi yang ada. Bila ada kesalahan atau troubleshooting, Anda juga akan dapat lebih cepat tahu sumbernya dan mampu menyelesaikan gangguan itu.

d. Proses kloning sistem lebih mudah

Peran yang sangat penting dalam teknologi server adalah cloning. Pemanfaatannya akan membuat Anda lebih mudah dalam proses instalasi sistem. Nah, ketika menggunakan perangkat baru, maka instalasi sistem tidak perlu dilakukan lagi jika Anda telah menjalankan teknologi virtualisasi.

Penerapan Virtualisasi dalam Cloud Computing

Virtualisasi bagian IT tertentu akan membawa banyak dampak positif. Hal ini membuat penggunanya untuk memisahkan antara sistem operasi dari hardware yang melandasinya. Alhasil, pengguna dapat mengoperasikan berbagai sistem operasi secara bersamaan, misalnya Linux, Windows, dan sebagainya.

Seperti apa itu virtualisasi dalam cloud computing? Contohnya adalah virtualisasi jaringan, virtualisasi aplikasi, virtualisasi desktop, virtualisasi penyimpanan, virtualisasi data, virtualisasi server. Manfaat yang diperoleh dari adanya proses virtualisasi dalam cloud computing adalah:

  • 1. Kemudahan melakukan transfer data atau mesin.
  • 2. Adanya perlindungan dari kegagalan system. 
  • 3. Server yang divisualisasikan seringkali membantu pengguna memastikan proses sentralisasi dalam proses manajemen.
  • 4. Manfaat virtualisasi dalam cloud computing lainnya adalah dapat menghemat biaya.

Menerapkan Layanan Cloud Computing Bersama Elitery

Elitery menawarkan layanan Cloud Computing terbaik kepada pelanggannya. Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara menjalankan tools cloud yang kompleks, Anda cukup menyerahkan pengelolaan Cloud bisnis Anda kepada Elitery yang profesional dan berpengalaman dalam mengelolah layanan Cloud. Dengan menyerahkan operasi IT ke provider, Anda bisa terfokus pada inti bisnis Anda. Selain itu, Anda bisa lebih hemat dan efisien dalam menjalankan operasional bisnis.

Manfaat Menggunakan Layanan Cloud Computing dari Elitery 

1.Membantu menganalisa kebutuhan Cloud bisnis Anda

2.Memenuhi SLA 99,9%

3.Pemantauan, peringatan, dan pelaporan sistem

4.Pengujian dan penyetelan kinerja

5.Komunikasi proaktif dan dukungan layanann 24×7/365 untuk menghindari resiko downtime dan kegagalan sistem selama menjalankan fungsi – fungsi di Cloud

6.Tersedia kontak dan form untuk mempercepat support atau dukungan

7.Manajemen DNS

8.Manajemen keamanan dan kepatuhan regulasi

9.Pencadangan dan pemulihan bencana

10.Pemantauan jarak jauh terus menerus dari operasi jaringan Anda untuk mendeteksi dan merespons secara agresif potensi masalah.

11.Dukungan dan pelatihan pengembang

Elitery sebagai Google Cloud Premier Partner bisa menjadi pilihan terbaik bagi bisnis anda dalam pelayanan jasa layanan cloud computing. 

Jika perusahaan Anda membutuhkan provider managed cloud services yang kompeten dan berpengalaman, konsultasikan semua kebutuhan IT bisnis Anda bersama kami di www.elitery.com, email [email protected], WhatsApp dan https://linktr.ee/Elitery

Elitery

Safeguarding, Accelerating