Apa Itu Cloud Backup dan Disaster Recovery? Simak Perbedaannya

Apa Itu Cloud Backup dan Disaster Recovery? Simak Perbedaannya

Salah satu usaha dari strategi disaster recovery adalah perusahaan Anda memiliki cloud backup yang menjadi tempat pencadangan Anda jika perusahaan mengalami masalah seperti kebocoran data, data dicuri, kegagalan sistem, pemadaman atau bencana alam. 

Berdasarkan survei Clutch baru-baru ini, sebanyak 60% responden perusahaan menggunakan cloud untuk tujuan disaster recovery.

Untuk lebih mengenal tentang cloud backup dan disaster recovery, berikut adalah pengertian masing-masing dari mereka.

Apa Itu Cloud Backup?

Pentingnya Sistem Backup dengan Cloud untuk Keberlangsungan Bisnis Anda

Cloud backup atau pencadangan cloud adalah layanan dimana data dan aplikasi di server bisnis dicadangkan dan disimpan di server jarak jauh. Server yang jauh itu dapat diakses lewat internet, sehingga tidak perlu repot melakukan kunjungan atau hal repot seperti yang kamu bayangkan.

Baca Juga : Contoh Penerapan Cloud Computing dalam Kehidupan Sehari-Hari

Cloud, atau penyimpanan awan memiliki keuntungan, jika bisnis kita mengalami masalah misalnya ada kegagalan sistem atau bencana alam, file data kita selalu tersedia tanpa takut ikut hancur bersamaan bencana itu. Sehingga kerugian dari bencana bisa ditekan dan karena hal itu lah cloud backup menjadi salah satu metode disaster recovery yang banyak digunakan. 

Apa Itu Disaster Recovery?

Meminimalkan Kerugian Bisnis Akibat Bencana dengan DRC

Disaster recovery atau pemulihan bencana adalah tentang memastikan bisnis Anda bisa terus jalan dan beroperasi dengan kerugian minimal apabila terjadi bencana. Tujuannya adalah membuat bisnis Anda tidak sepenuhnya hancur kendati sudah terserang gangguan, dan membuat kerugian itu seminimal mungkin.

Contoh dari gangguan atau bencana sendiri adalah sebagai berikut:

  • 1. Kebakaran
  • 2. Serangan siber dan malware
  • 3. Badai
  • 4. Mati listrik

Salah satu cara menangani masalah ini adalah mencadangkan file atau data Anda ke layanan cloud atau penyimpanan awan.

Kenapa Harus Menggunakan Cloud Backup?

Cloud backup untuk bisnis bekerja dengan menyalin dan menyimpan file server Anda ke server di lokasi fisik yang berbeda. Anda dapat mencadangkan beberapa atau semua file server, tergantung pada preferensinya. Pelanggan biasanya mencadangkan dan memulihkan data dan aplikasi mereka menggunakan browser web atau panel kontrol penyedia layanan.

Pencadangan server cloud saat ini menjadi kebutuhan bagi banyak organisasi, karena mereka menyimpan sebagian besar atau semua data dan aplikasi penting bisnis mereka di server cloud. Lebih jelasnya, berikut adalah alasan kenapa harus menggunakan cloud backup: 

  1. Cloud Backup Dapat Melindungi Data dan Aplikasi

Menyimpan satu file pada satu lokasi terlalu berbahaya. Jika lokasi itu dapat serangan fatal, maka dia akan hangus dan Anda tidak memiliki salinan lagi. Cobalah simpan di dua atau beberapa lokasi. Backup file tersebut di penyimpanan cloud yang pilihan Anda. 

  1. Data Dapat dipulihkan dengan Cepat

Data yang didukung oleh server cloud, dapat dipulihkan dengan cepat. Sehingga perusahaan dapat dengan cepat mendapatkan akses file yang diinginkan. 

  1. Jenis Disaster Recovery yang Andal

Bencana itu ada dua, bencana alam dan bencana yang dibuat manusia. Kita tidak tahu kapan dia datang, tapi suatu hari pasti datang. Banyak perusahaan mempercayakan cara ini untuk mengatasi bencana yang datang tiba-tiba tersebut. Layanan pencadangan cloud memang sudah sangat dipercaya dan diandalkan sebesar itu oleh para penggunanya.

  1. Penyimpanan yang Fleksibel

Jenis penyimpanan cloud sangat berbeda dengan kerja pencadangan tradisional dimana data disimpan secara lokal pada hard drive atau tape dengan kapasitas terbatas. Pencadangan berbasis cloud, lebih fleksibel, penyimpanannya luas, aksesnya mudah, cepat, juga dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai kebutuhan. 

Hindari Bisnis Anda dari Bencana dengan Cloud Backup Disaster Recovery dari Elitery

Pastikan saat ini bisnis Anda sudah merdeka dari bencana dan telah memenuhi regulasi Pemerintah yang mewajibkan untuk memiliki Disaster Recovery Center untuk sektor LJKNB. Jika bisnis Anda belum menyiapkan Cloud Backup dan Disaster Recovery Center, jangan kuatir. Segera konsultasikan secara gratis bersama tim IT expert kami yang berpengalaman dan bersertifikasi. 

Elitery juga mempersembahkan Ebook untuk Solusi Pencadangan dan Pemulihan Data untuk Financial Services. Ebook ini merupakan sumber daya penting bagi organisasi yang ingin memastikan keamanan dan kelangsungan bisnis mereka.

Dalam Ebook ini, akan membahas definisi dan manfaat DRaaS, serta teknologi terkini dalam solusi pencadangan dan pemulihan data. Kami juga menawarkan panduan dan praktik terbaik dalam mengelola data finansial yang akan membantu organisasi Anda mencapai tujuan bisnis mereka.

Untuk mengunduh Ebook, silakan klik tautan di bawah ini.

CTA-Design-Ebook-DRAAS

 

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×