back

 

Apa itu DDOS? Inilah Cara Mengatasinya

Bagi mereka yang bergelut di dunia IT atau yang sedang mempelajari jaringan komputer, pasti pernah mendengar istilah DDOS. Apa itu DDOS? Di era di digital, DDOS menjadi serangan yang patut diwaspadai. Bahkan di kuartal pertama 2020, serangan ini mengalami peningkatan cukup pesat yakni sebanyak 25% dari kuartal pertama tahun sebelumnya.

Serangan ini menjadi ancaman bagi para pemilik website, karena terus mengalami perkembangan sehingga dapat memberikan dampak serius bagi website. Agar lebih memahami dan bisa mencegah DDOS attack pada website Anda, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu DDOS? Ini Pengertiannya

DDOS attack atau Distributed Denial of Service merupakan serangan cyber dengan cara mengirimkan fake traffic atau lalu lintas palsu ke suatu sistem atau server secara terus menerus. Dampaknya, server tersebut tidak dapat mengatur seluruh traffic sehingga menyebabkan down.

Umumnya serangan ini menyasar jaringan, layanan online, hingga website, dengan tujuan agar server tersebut tidak dapat mengakomodasi traffic atau lalu lintas sehingga website mengalami down dan tidak dapat beroperasi. Tak hanya menargetkan perseorangan atau perusahaan tertentu, serangan ini juga bisa menyasar sektor lebih tinggi seperti sektor pemerintahan.

Dalam prakteknya agar dapat menyerang suatu server, DDOS akan mengerahkan host dalam jumlah besar. Namun host yang dikerahkan tersebut adalah palsu, selanjutnya para hacker akan membanjiri lalu lintas server dengan host palsu tersebut. Sehingga ketika server berhasil dibanjiri oleh traffic hacker, dampaknya server akan lebih sulit diakses oleh host atau pengguna nyata.

Guna memastikan apakah suatu website terkena serangan DDOS terbilang cukup sulit karena memerlukan bantuan ahli IT. Pasalnya ciri-ciri yang timbul tak jauh berbeda dengan permasalahan umum seperti koneksi internet lambat. Namun terdapat beberapa gejala yang dapat menandakan website terkena serangan DDOS, diantaranya :

  1. Adanya spam email dalam jumlah besar dan masuk dalam waktu hampir bersamaan.
  2. Koneksi internet lambat sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk mengaksesnya atau bahkan tidak dapat diakses.
  3. Pemakaian CPU tinggi meskipun tidak ada aktivitas yang berjalan.
  4. Peningkatan traffic tidak wajar dan alamat IP memiliki profil tidak sama contohnya browser yang digunakan, tipe perangkat, dan lokasi.
  5. Peningkatan traffic padat di bandwith, baik upload maupun download.

3 Cara Menyerang dengan DDOS

Terdapat beberapa jenis penyerangan DDOS, diantaranya :

1. Protocol Attacks

Disebut juga state-exhaustion attacks, protocol attacks menargetkan kelemahan layer 3 maupun layer 4. Caranya adalah dengan membuat penggunaan perangkat jaringan ataupun sumber daya server contohnya load balancers dan firewalls melebihi kapasitas.

2. Application Attacks

Application attacks atau layer 7 attack bekerja dengan mengeksploitasi layer 7, dimana merupakan layer server untuk merespon serta menerima http request dan memuat halaman website.

3. Volumetric Attacks

Adalah bentuk DDOS attack paling umum, dimana penyusup menggunakan botnet guna membanjiri bandwidth server maupun website dengan lalu lintas dalam jumlah besar.

Tips Mengatasi DDOS

Selain memahami tentang pengertian dari DDOS, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui bagaimana tips ampuh mengatasi serangan berbahaya ini.

Baca Juga : Berikut Ini 10 Penyebab Server Website Down Tidak Bisa Diakses

Meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Server

Pastikan website Anda telah didukung dengan kapasitas bandwith dimana mampu mengatasi lonjakan lalu lintas. Karenanya terlebih dahulu ketahui level traffic website, lalu persiapkan bandwith ekstra yang melebihi kebutuhan tersebut guna mengantisipasi. Namun cara ini hanya dimaksudkan agar Anda dapat memperpanjang waktu guna mengatasi serangan.

Melakukan Monitoring Traffic

Selain itu lakukan pengecekan aktivitas lalu lintas server secara rutin. Diharapkan dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran terkait traffic trends dan juga bisa membedakan traffic normal dan tinggi.

Hindari DDoS Dengan Beralih Menggunakan Layanan Cloud Managed Services dari Elitery

Setelah memahami pengertian dan bahaya DDOS attack, tentu Anda akan lebih berhati-hati dalam mengelola website. Selain tips pencegahan di atas, terdapat cara lain yang bisa dilakukan yakni mempercayakan keamanan data Anda dengan Cloud Managed Services dari Elitery. Dengan tim IT berpengalaman yang akan memonitoring jaringan cloud Anda agar aman dan mencegahnya dari berbagai jenis ancaman serangan siber salah satunya adalah DDoS. 

Manfaat Managed Cloud Services dari Elitery 

1.Membantu menganalisa kebutuhan Cloud bisnis Anda

2.Memenuhi SLA 99,9%

3.Pemantauan, peringatan, dan pelaporan sistem

4.Pengujian dan penyetelan kinerja

5.Komunikasi proaktif dan dukungan layanan 24×7/365 untuk menghindari resiko downtime dan kegagalan sistem selama menjalankan fungsi – fungsi di Cloud

6.Tersedia kontak dan form untuk mempercepat support atau dukungan

7.Manajemen DNS

8.Manajemen keamanan dan kepatuhan regulasi

9.Pencadangan dan pemulihan bencana

10.Pemantauan jarak jauh terus menerus dari operasi jaringan Anda untuk mendeteksi dan merespons secara agresif potensi masalah.

11.Dukungan dan pelatihan pengembang

Segara percayakan cloud journey bisnis Anda kepada Elitery sekarang juga! Mulai konsultasikan kepada ahli IT kami yang profesional dalam mengelola cloud. Anda dapat menghubungi kami atau email ke [email protected]. Kami siap membantu Anda mencari solusi terbaik, skalabel dan fleksibel.