back

Apabila Anda sering mengalami kendala pada website bisnis yang tidak bisa diakses, jangan langsung panik ya. Cari tahu dulu penyebab website down dan segera lakukan perbaikan. Terutama, jika website tersebut digunakan untuk tujuan bisnis. Kredibilitas Anda sebagai seorang pebisnis menjadi diragukan dan performa penjualan Anda bisa saja menurun. Namun, bagaimana cara mengatasi website down? Tenang. Di artikel ini kami akan membahas penyebab server website down. Simak ya, penjelasannya!

1. Traffic Membludak (Viral Effect)

Penyebab traffic yang melonjak bisa terjadi karena konten atau isi website yang Anda miliki sedang viral sehingga menyebabkan banyak pengunjung membuka website Anda dan hal ini menyebabkan server website menjadi lambat dan bahkan down ketika diakses.

Solusinya dengan menaikkan kapasitas dari web hosting kamu. Bisa juga terlebih dahulu bertanya kepada penyedia layanan untuk memberikan solusi yang tepat untuk website kamu. Jika Anda mengalami kesulitan dalam memaintain server website Anda, segeralah beralih menggunakan cloud computing. Elitery sebagai penyedia jasa layanan cloud, memiliki cloud private yang diberi nama ELICLOUD.

Baca juga tentang : Wujudkan Transformasi Bisnis Anda bersama ELICLOUD dari Elitery

2. DDoS Attack

Distributed Denial of Services alias DDoS Attack adalah permintaan palsu atau false request yang terjadi secara bertubi-tubi ke server hingga kesulitan memproses permintaan karena terlalu banyak dan valid request atau permintaan asli dari pengunjung website akhirnya terhalang oleh serangan tersebut.

Serangan ini dapat diibaratkan seseorang menyuruh ratusan hingga ribuan orang lain untuk masuk ke satu pintu yang sama di waktu bersamaan. Tentunya akan terjadi antrian yang sangat panjang, atau “overload” dalam istilah website.

3. DNS Bermasalah

DNS merupakan salah satu bagian penting dari sebuah website. DNS memudahkan komunikasi internet dengan penggunaan URL. Dengan sistem ini, pengguna tak perlu lagi mengingat deretan angka sebagai alamat IP ketika akan mengakses website. DNS harus disetting dengan benar agar mampu mengarah ke website yang tepat.

4. IP Akses Terblokir

Kalau terlalu banyak mengakses server disangka melakukan DDOS sehingga IP website Anda terblokir oleh firewall server yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi server Anda. Sistem secara otomatis mendeteksi aktivitas yang mencurigakan maka akan terblokir. Jika ini terjadi, Anda bisa bertanya kepada penyedia layanan agar IP komputer atau server website Anda tidak diblokir.

5. Hacker attack

Hacker adalah seseorang yang dengan sengaja masuk atau mengambil alih sistem dan bahkan mematikan layanan system yang Anda miliki. Serangan dari hacker ini sangat sering terjadi pada sistem yang memiliki tingkat keamanan rendah sehingga mudah untuk diretas. Ada banyak serangan hacker yang dapat mengganggu website seperti malware, XSS, SQL Injection dan DDoS.

Ini mungkin diakibatkan kelalaian Anda untuk password atau juga lupa me-log out aplikasi atau website yang diakses. Pastikan Anda menghapus history dan cache ketika login system website Anda di tempat publik. Segera bekerja sama dengan Elitery sebagai partner IT bisnis Anda dalam managed network atau managed cloud bisnis Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan segala ancaman hacker.

6. Pemadaman Listrik (Power Outage)

Pemadaman listrik atau power outage juga menjadi penyebab website down. Sebab, ketika data center mengalami gangguan dan server mati, tentu saja website Anda juga mengalami dampaknya. Namun, kendala outage bisa saja terjadi tanpa diduga. Seperti yang terjadi pada e-commerce besar di Indonesia, tokopedia, jd.id, maupun bukalapak. Menurut berita yang beredar, power outage jadi alasan mengapa layanan tidak bisa diakses untuk sementara.

Hal ini tentu tidak dapat dihindari. Namun, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan untuk mengetahui informasi kendalanya. Dengan demikian, Anda bisa menginformasikan kendala tersebut kepada pengunjung jika website sudah kembali normal. Hal ini untuk menjaga kepercayaan mereka terhadap website Anda. Kondisi ini bisa dihindari dengan memilih layanan data center maupun jaringan internet yang mumpuni, dan memberikan jaminan pelayanan prima. Jika Anda ingin mengurangi resiko downtime pada server Anda, segera berkonsultasi dan menghubungi Elitery sebagai partner IT bisnis Anda.

Baca juga tentang : https://www.elitery.com/articles/sesuaikan-kebutuhan-cloud-untuk-permudah-bisnis-anda-dengan-layanan-elicloud-dari-elitery/

7. Natural Disaster

Natural disaster ini adalah bencana yang terjadi tanpa kita bisa prediksi sebelumnya, salah satunya adalah bencana alam. Dengan ketidakmampuan untuk memprediksi terjadinya natural disaster, menyiapkan perencanaan recovery jadi hal terbaik yang bisa dilakukan. Anda dapat melakukan Perencanaan recovery bencana ini biasa disebut dengan Disaster Recovery Plan (DRP) bagi sebuah penyedia layanan. Elitery sebagai perusahaan IT telah menyediakan solusi Disaster Recovery as a Service sehingga mampu meminimalisir resiko saat terjadi bencana dan bisnis tetap berjalan dengan baik.

8. Plugin / Aplikasi Bajakan

Dalam hal ini penggunaan aplikasi bajakan yang terinstal di website mempengaruhi kestabilan hosting atau website yang dimiliki. Jangan sembarangan menginstall aplikasi yang belum memiliki kejelasan ke dalam hosting dan website Anda. Sehingga penyedia layanan mau tidak mau menutup akses hosting yang bermasalah tersebut.

9. Single point of failure (SPOF)

Single Point Of Failure (SPOF) adalah satu titik kelemahan dari sebuah sistem. Jika titik kelemahan tersebut failed, error atau gagal berjalan maka seluruh sistem tidak berfungsi. Menghilangkan SPOF ini dapat dilakukan dengan desain perencanaan yang baik, perencanaan pemilihan hardware, software serta monitoring dan kontrol yang disiplin pada sistem yang berjalan.

10. Kendala pada WordPress

Jenis kendala pada WordPress yang terjadi sangat banyak. Jadi, Anda perlu memastikan error apa yang sedang dimunculkan. Sebagai contoh, jika website Anda tidak dapat diakses dengan keterangan error 404, artinya terjadi kendala pada URL yang digunakan atau pengaturan DNS-nya. Kendala ini akan memunculkan pesan bahwa website tidak ditemukan. Jadi, tidak selalu pada sisi server. Dengan adanya keterangan error, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui langkah untuk mengatasi kendala yang terjadi.

Nah, itulah beberapa penyebab website down. Ternyata cukup banyak, ya? Mulai dari serangan hacker, DNS bermasalah sampai adanya pemadaman listrik. Dengan mengetahui beberapa penyebab server website down, semoga Anda lebih tenang dan juga bijak memilih penyedia layanan yang memiliki sistem dan pelayanan prima untuk pelanggannya.

Jangan ragu menghubungi kami, sebagai partner IT bisnis Anda yang siap membantu memajukan bisnis Anda. Kunjungi website kami di http://www.elitery.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

 

Elitery
Safeguarding, Accelerating