back
Simak 8 Jenis Cyber Crime yang Bisa Menyerang Bisnis Anda

Aktivitas manusia pada era digital memang semakin canggih sehingga dapat mendukung banyak aktivitas agar lebih praktis. Banyak hal jadi lebih mudah karena ada internet, misalnya untuk urusan belanja online, pembayaran digital, akses hiburan, sampai kerja jarak jauh. Tapi, teknologi digital yang berkembang pesat bukan berarti tanpa risiko, karena ada banyak jenis cyber crime mengancam.

Itulah mengapa, kali ini kita akan bahas tentang pengertian cyber crime, jenis-jenisnya, dan cara mengatasinya agar aktivitas online lebih aman.

Apa Itu Cyber Crime?

Cyber crime merupakan segala kejahatan di dunia maya yang merugikan pengguna internet. Pelaku cyber crime berarti melakukan tindak kriminal melibatkan perangkat komputer, sistem jaringan, atau perangkat lain yang terhubung ke jaringan. Aksi yang dilakukan adalah pencurian data pribadi ataupun perusahaan yang bisa dijual demi keuntungan pribadi atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Pentingnya Keamanan Data Perusahaan Anda

Jenis Cyber Crime yang Bisa Menyerang Bisnis Anda

Berikut ini adalah jenis-jenis cyber crime yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Peretasan Website dan Email

Salah satu jenis cyber crime yang populer ini targetnya adalah meretas (hack) website dan email, kemudian mengganti tampilannya.

2. Carding

Carding adalah pencurian data kartu kredit orang lain, agar pelaku bisa bertransaksi atau bahkan pencairan saldo limit kartu ke dalam rekening mereka.

3. Penipuan OTP

OTP (One Time Password) adalah sebuah kode password sekali pakai yang digunakan untuk verifikasi berbagai aplikasi keuangan di smartphone. Penipuan OTP bisa berbahaya untuk akun pribadi, karena pelaku bisa bertransaksi keuangan tidak sah.

4. Phishing

Phising adalah pencurian informasi atau data pribadi melalui telepon, email, link, atau pesan palsu yang mengatasnamakan instansi atau perusahaan. Pelaku akan mengelabui korban sedemikian rupa, sampai membuatnya tidak menyadari bahwa data pribadinya diambil secara ilegal.

5. Serangan Ransomware

Serangan Ransomware menyasar perangkat keras demi mengambil data atau file penting dari target untuk kemudian file-nya dikunci. Bila ingin bisa membuka akses data penting tersebut, maka pelaku meminta uang sebagai tebusan.

6. Cracking

Cracking adalah jenis cyber crime yang mencoba masuk ke sistem komputer dengan paksa, meretas sistem keamanan di perangkat komputer dan software yang ada, demi tujuan illegal.

7. Cyber Espionage

Kejahatan jenis cyber espionage umumnya memasuki sistem jaringan komputer pejabat, lawan politik, atau bahkan public figure tertentu untuk tujuan mata-mata.

8. Cyber Terrorism

Kejahatan teror dunia maya atau cyber terrorism bisa sangat bahaya dan merugikan negara atau pemerintah, atau bahkan membahayakan warga negara.

Mencegah Serangan Siber ke Perusahaan Anda Dengan Disaster Recovery as a Service

Data dari sebuah perusahaan sendiri sangat penting karena dengan begitu, sebuah perusahaan lebih mudah buat melakukan pemetaan strategi apakah yang akan dibuat di masa depan tersebut. Karena itulah demi keberlangsungan bisnis anda maka dibutuhkan solusi Disaster Recovery as a Service (DRaaS). 

Disaster Recovery Plan memungkinkan suatu perusahaan untuk tetap menjalankan sistem operasionalnya saat bencana terjadi seperti pembobolan data, malware dan berbagai permasalahan mengenai keamanan data perusahaan. Hal ini sudah pasti sesuatu yang baik untuk perusahaan. Jika kegiatan bisnis terjeda maka revenue akan hilang sehingga bisa dibilang perusahaan akan mengalami kerugian besar.

Elitery menghadirkan Elicovery yang merupakan Disaster Recovery as a Services terbaik dan terpercaya di Indonesia. Dengan pelayanan 24/7, kami dapat mengaktifkan Disaster Recovery kapanpun dan dalam situasi apapun dalam waktu cepat.

Bagi Anda para pelaku usaha atau pemilik perusahaan ini saatnya untuk mempertimbangkan menggunakan Disaster Recovery as a Service (DRaaS) untuk bisnis Anda bersama Elitery. Segera hubungi kami melalui  www.elitery.com, email [email protected],  WhatsApp dan https://linktr.ee/Elitery. Rasakan banyak manfaat dari teknologi cloud bersama Elitery sebagai partner IT bisnis Anda.

 

Elitery

Safeguarding, Accelerating