Lindungi Data Perusahaan Anda Dengan Teknologi Backup Berbasis Cloud

Di zaman digital saat ini, data menjadi aset yang sangat penting untuk bisnis. Pernahkah Anda berpikir bawah data bisnis Anda dapat mengalami kerusakan sistem, peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga merugikan bisnis Anda? Hal tersebut membuat pikiran menjadi tidak tenang. Untuk itu Elitery memberikan solusi Cloud Backup yang menjawab tantangan dan permasalahan data Anda di era digital. Lalu, apa sebenarnya Cloud Backup itu?

Pengertian Cloud Backup

Cloud Backup merupakan layanan yang memproteksi data, aplikasi dan sistem perusahaan Anda. Kebutuhan Cloud Backup sudah menjadi prioritas di era digital saat ini dikarenakan jika server utama mengalami kerusakan, peretasan, dan kehilangan data dapat diatasi dengan mudah oleh Cloud Backup. Pentingnya Cloud Backup sebagai mitigasi bencana yang terjadi sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi bisnis.

Cara Cloud Bekerja untuk Backup Data Perusahaan

Kenali 3 cara efektif yang bisa dilakukan jika ingin menggunakan backup data berbasis Cloud. Apa sajakah itu? Simak yuk!

  • Mencadangkan Langsung ke Public Cloud 

Sebelumnya, pahami apa itu Public Cloud. Dalam pengertiannya Public Cloud adalah jenis komputasi awan yang paling umum dan dapat diakses siapa pun. Namun penyimpanan dan sumber daya cloud seperti virtual server tetap aman dan terlindungi oleh pihak penyedia layanan Cloud, dalam hal ini adalah pihak ketiga.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Antara Private Cloud, Public Cloud, dan Hybrid Cloud Dari Cloud Computing

Anda bisa langsung mencadangkan data perusahaan dengan menyimpan duplikasinya di public cloud. Dapat dimulai dengan membuat salinan data menggunakan perangkat lunak sendiri. Kemudian, kirim cadangan tersebut ke layanan cloud storage untuk memudahkan akses dari data yang kita cadangkan.

  • Mencadangkan ke Service Provider 

Backup data perusahaan juga bisa dilakukan dengan mencadangkan ke service provider. Anda menuliskan data yang akan Anda cadangkan ke cloud service provider. Biasanya penyedia jasa ini akan membuat cloud yang terkoneksi dengan perangkat lunak kliennya. Alternatifnya, mereka akan menyediakan perangkat lunak yang dapat mengakses data cadangan tersebut. 

Dalam hal ini, Elitery adalah perusahaan penyedia layanan Cloud seperti Cloud Backup. Anda tidak perlu kuatir tentang cara data Anda di backup, cukup menyerahkan semua kebutuhan proteksi data Anda kepada Elitery maka semuanya akan dibackup dengan baik dan aman. 

  • Menggunakan Sistem Backup Berbasis Cloud 

Cloud Backup membuat semua menjadi mudah dan aman. Anda bisa dengan mudah menyimpan salin data Anda di Cloud. Umumnya, layanan ini bersifat all-in-one di mana Anda bisa membuat backup untuk software, server, dan lain-lain. Keuntungan menggunakan cara ini adalah cepat dan dengan biaya yang lebih terjangkau. 

3 Jenis Teknologi Backup Berbasis Cloud

  • Fully Backup

Sesuai dengan namanya, artinya Anda membuat backup untuk keseluruhan data yang ada setiap kali Anda membuat cadangan. Keuntungan dari backup ini adalah sistem keamanan yang ketat karena cloud harus melindungi banyak data. Sayangnya, proses pencadangan jenis ini sering kali memakan waktu. Selain itu, kapasitas cloud pun terbatas sehingga tidak bisa menampung semua data. 

  • Incremental Backup 

Anda tidak mencadangkan semua data tetapi hanya data terbaru yang sudah diubah atau diperbarui sejak pencadangan terakhir. Pencadangan jenis ini sering digunakan karena menghemat waktu dan ruang penyimpanan. Sayangnya, Anda tidak bisa mendapatkan data lengkap perusahaan jika membutuhkannya. 

  • Differential Backup 

Pencadangan jenis ini juga hanya berisi data terbaru yang sudah diubah atau diperbarui. Bedanya dengan incremental backup adalah data yang dicadangkan adalah data yang sudah berubah sejak dilakukannya fully backup terakhir. 

Setelah mengetahui pentingnya Backup Cloud. Kini perusahaan Anda tidak perlu takut saat bencana terjadi. Data penting perusahaan terjaga dengan aman dan bisa diakses kapan pun sesuai kebutuhan Anda. 

Amankan Data Bisnis Anda Dengan Teknologi Backup Berbasis Cloud dari Elitery

Data Sinergitama Jaya atau Elitery memiliki layanan Backup as a Services yang diberi nama Elivault. Layanan backup ini sudah berbasi Cloud sehingga mendukung efisiensi, fleksibilitas dan meningkat produktivitas bagi perusahaan. 

Manfaat menggunakan Elivault telah banyak dirasakan perusahaan dan public sector. Tujuannya, agar bisnis tetap bisa berjalan saat bencana terjadi dan mendapatkan ketenangan pikiran. Dengan itu, para pebisnis dan tim IT perusahaan Anda bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis. 

Mulai backup data Anda di Cloud bersama layanan Elivault dari Elitery. Pelajari selengkapnya bagaimana Elivault bekerja melindungi data bisnis Anda di www.elitery.com dan jangan ragu untuk segera berkonsultasi kepada kami.

#mulaibersamaElitery

Your Elite Backup Solution Partner

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×