back

Di era revolusi industri 4.0 ini telah banyak mengubah model kerja bisnis yang sebelumnya konvensional kini sudah banyak otomatisasi dengan pemanfaatan teknologi yang canggih. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi cloud computing. Banyak Pemimpin perusahaan telah beralih menggunakan teknologi cloud yang dianggap mampu bersaing dengan kompetitor dan memberikan banyak solusi alternatif untuk menjalankan dan mengembangkan usaha semakin berkembang pesat.

Mengenal Konsep Teknologi Cloud

Mungkin Anda belum mengerti, seperti apa konsep dari cloud computing atau komputasi awan? Seperti diketahui, dalam menjalankan proses komputasi ini: sebuah komputer menggunakan CPU, storage, RAM dan sistem operasi. Sedangkan istilah “cloud” atau “awan” diberikan untuk teknologi yang dapat diakses melalui jaringan internet. Jadi, cloud computing adalah penggabungan dari teknologi yang memanfaatkan komputer (komputasi) dalam suatu jaringan yang menggunakan cloud (awan) sebagai perantaranya.

Teknologi Cloud Computing ini dapat membuat data dan program mampu disimpan dan diakses melalui internet dari perangkat apapun dan berlokasi di manapun. Artinya, tak perlu lagi melakukan instalasi aplikasi pada perangkat. Syaratnya, hanya perlu terhubung dengan internet untuk mengakses data dan menjalankan aplikasi yang berada di dalam cloud.

Manfaat Teknologi Cloud Untuk Kemajuan Bisnis

Cloud Computing ini muncul sebagai pilihan utama bagi perusahaan yang ingin berkembang pesat tanpa mengeluarkan modal besar untuk membeli perangkat sistem IT yang besar, atau enggan membayar biaya pemeliharaan. Cloud Computing ini bisa mengurangi investasi awal sebuah perusahaan. Anda hanya perlu menyewa layanan kepada penyedia (provide) cloud seperti Elitery yang sudah berpengalaman dan menjadi partner resmi dari penyedia provider cloud dunia yaitu Amazon Web Service (AWS) dan Google Cloud PLatform (GCP).

Elitery adalah IT Managed Services yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan dan lembaga Pemerintahaan. Service dan layanan yang optimal 24/7/365 menjadi nilai plus Elitery bagi semua klien luar biasanya. Untuk memajukan bisnis Anda, segera beralih ke teknologi cloud dan mempercayakan managed cloudnya kepada Elitery. Apa saja jenis cloud dan kebutuhan Anda di cloud, Elitery adalah provider yang terbaik dan mitra terpercaya untuk IT Transformasi bagi perusahaan Anda. Kenali apa saja manfaat cloud computing bagi perusahaan :

1.Hemat Biaya

source : freepik.com

Efisiensi biaya menjadi alasan terbesar bagi banyak perusahaan pindah ke cloud, karena dapat menghemat biaya terkait dengan menghilang server on-premise dan mengadopsi pendekatan pay-as-you-go (bayar sesuai pemakaian). Dalam hal ini, perusahaan tidak lagi memerlukan maintenance dan mengurangi pemakaian listrik.

2.Skalabilitas yang Tinggi

source : freepik.com

Salah satu manfaat utama dari cloud computing adalah kemampuan untuk scale up and down sesuai dengan tuntutan real-time. Jika bisnis membutuhkan lebih banyak RAM, ruang hard drive, atau CPU, masing-masing bisa ditambahkan dengan cepat dan praktis. Jika kebutuhan pemakaian lagi tinggi, Anda cukup meminta kepada cloud provider untuk menambahkan atau upgrade RAM beberapa Gigabyite dan jika sudah selesai, bisa dikembalikan ke spesikfikasi semula.

3.Data Terpusat di Server

source : freepik.com

Pemanfaatan teknologi cloud yang paling dirasakan adalah kemudahaan akses data
dari mana saja selama ada akses internet. Misalnya, jika pengguna memiliki data di cloud server maka akan tersinkron secara otomatis antara komputer perusahaan dan smartphone atau laptop kerja yang bisa dibawa kemana saja, maka ia bisa mengakses data tersebut di waktu yang sama dan kapan pun karena sudah menggunakan server berbasis cloud.

4.Sangat Fleksibel

source : freepik.com

Ketika data yang dimiliki terlalu besar, maka ia otomatis menambah kapasitas hanya dalam hitungan menit dengan melakukan self-provisioning. Dengan begitu, tidak perlu melakukan penambahan jumlah komputer. Dan kemudahaan akses data yang sangat fleksibel kapanpun dan dimanapun.

5.Tingkat Keamanan Jauh Lebih Tinggi Dibandingkan On Premise

source : freepik.com

Banyak orang beranggapan bahwa menyimpan file dan data di cloud berarti membuka data bisnis kepada orang – orang, padahal hal itu tidak benar sama sekali. Teknologi cloud memiliki keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan solusi on premise.

6.Akses Kontrol Penuh

source : freepik.com

Ketika perusahaan masih menggunakan server on-premise, maka harus terpaksa hadir secara fisik ke kantor (atau dibatasi perangkat tertentu) untuk mengakses file dan lainnya. Namun dengan kemudahan teknologi cloud, maka pengguna kapan saja bisa melakukan akses dan mengelola data pada cloud dimanapun baik di jalan, di rumah, atau di kantor. Sehingga, operasional bisnis jauh lebih efisien dan cepat.

Baca juga tentang : Mengenal Secara Lengkap Tentang Cloud Computing: Pengertian, Tipe, dan Fungsinya Bersama Elitery

Kesimpulannya adalah teknologi komputasi awan ( cloud computing) memberikan manfaat yang besar bagi pertumbuhan bisnis sebuah perusahaan. Diantaranya reduce cost, flexibility, improved automation, sustainability dan focus on core competency, dan lain – lain.

Jika bisnis Anda belum beralih menggunakan cloud computing karena kurangnya Tim IT untuk mengelolanya atau kurangnya SDM yang mengerti semua fasilitas, layanan dan tools dalam cloud. Jangan khawatir, segera percayakan managed cloud bisnis Anda kepada Elitery yang sudah menjadi mitra terpercaya provider cloud dunia dan memiliki tim yang profesional dan bersertifikat Internasional dalam mengoptimalkan layanan managed cloud kami.

Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang juga dan mulai konsultasikan secara gratis tentang kebutuhan cloud bagi kemajuan bisnis Anda melalui email [email protected] dan www.elitery.com. Rasakan banyak manfaat dari teknologi cloud bersama Elitery sebagai partner IT bisnis Anda.

Elitery
Safeguarding, Accelerating