On Premise VS Cloud Computing, Mana yang Lebih Baik?

Era digital saat ini, banyak para pebisnis mulai memikirkan infrastruktur IT yang cocok untuk menjalankan bisnisnya agar lebih efisien. Ada yang memilih untuk beralih ke Teknologi Cloud karena kemudahan dalam meningkatkan skalabilitas, fleksibilitas dan aman dalam menjalankan aplikasi atau website bisnis. Namun, ada juga yang tetap memilih bertahan menggunakan sistem On-Premise (Pusat Data) karena merasakan bisnis bisa berjalan dengan baik tanpa mengupgrade ke teknologi terbaru. Pada Artikel ini, kita akan membahas lebih banyak perbedaan antara On Premise dan Cloud, mana yang lebih baik? Sebelum membahas lebih lanjut, Kita perlu mengetahui apa itu On Premise dan Cloud Computing?

Apa itu On Premise dan Cloud Computing?

On Premise adalah sebuah server yang diletakkan di suatu gedung, menginstal sistem operasi dan menjalankan aplikasi perusahaan atau bisa diartikan dengan in building. Maka dengan itu, On Premise membutuhkan adanya departemen TI (Teknologi Informasi) yang memaintain atau menjaga server tersebut baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Disini, penyedia layanan (vendor) sudah melepas semuanya ke departemen Teknologi Informasi. Perusahaan harus mengeluarkan biaya besar untuk merekrut tim IT untuk mengupgrade dan mengelola server sesuai kebutuhan. 

Cloud Computing adalah metode penyampaian berbagai layanan melalui internet. Sumber daya yang dimaksud contohnya adalah aplikasi seperti penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk membayar sesuai kebutuhan dan secara efektif meningkatkan atau menurunkan tergantung pada penggunaan secara keseluruhan, kebutuhan pengguna, dan pertumbuhan perusahaan.  Teknologi cloud memberikan efisiensi biaya yang sangat signifikan karena tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan upgrade server atau pembelian server yang mahal.

Perbedaan Utama On Premise VS Cloud Computing, Manakah yang Lebih Baik?

Untuk menentukan mana yang lebih baik dari On Premise atau Cloud Computing, semua ini tergantung sesuai kebutuhan dan solusi dari perusahaan Anda. Mari kita bahas, apa perbedaan utama antara On Premise VS Cloud Computing?

1.Deployment

Source : unsplash.com

On Premise: sumber daya di-deploy secara in-house dan berada di dalam infrastruktur IT Perusahaan dan dikelola oleh departemen IT yang bertanggung jawab penuh untuk memelihara seluruh proses dan isu yang akan muncul. Jika, server tidak di maintenance dengan baik, maka dapat menimbulkan downtime dan kerugian bagi perusahaan.

Cloud: Penyediaan cloud terbagi dari Public Cloud, Private Cloud, Hybrid Cloud dan Multi Cloud, seluruh sumber data ditempatkan di penyedia layanan cloud. Namun, perusahaan memiliki akses sumber daya yang aman dan dapat mengelola cloud perusahaan mereka sesuai yang mereka butuhkan dan tau.

2.Biaya

Source : unsplash.com

On Premise: Perusahaan harus mengeluarkan biaya yang tinggi untuk penyedia server, ongkos server, UPS, upgrade server dan ruangan server untuk men-deploy software atau aplikasi perusahaan. 

Cloud: Perusahaan cukup memilih cloud yang sesuai kebutuhan bisnis dan membayar sesuai penggunaannya sehingga biaya dapat dianggarkan dengan mudah tergantung naik dan turunnya penggunaan.

3.Kendali

Source : unsplash.com

On Premise: Perusahaan memiliki hak penuh atas data mereka, dan punya kendali penuh atas apa yang terjadi, baik itu hal buruk atau baik. Biasanya untuk perusahaan yang sensitivitas tinggi terhadap data, akan ragu menggunakan cloud.  

Cloud: Dalam lingkungan cloud, semua data di server cloud ada dalam kendali penyedia layanan namun pengguna akan diberikan hak akses penuh sesuai kesepakatan ini untuk menjaga keamanan data. Segala yang terjadi pada sistem cloud, akan menjadi tanggung jawab penuh penyedia layanan.

4.Keamanan

Source : unsplash.com

On Premise: Bagi perusahaan yang memiliki sensitivitas terhadap data dan informasi seperti lembaga pemerintahan dan perbankan yang harus memiliki level keamanan dan privasi tertentu, mereka akan lebih memilih On Premise dibandingkan Cloud. Meskipun cloud memiliki keunggulan tersendiri, menggunakan cloud tetap menjadi kekhawatiran bagi mereka, sehingga on premise tetap menjadi pilihan walaupun memiliki kekurangan dan biaya yang besar.

Cloud: Keamanan pada lingkungan cloud masih banyak yang meragukan, padahal cloud adalah teknologi terkini yang paling aman karena tidak dapat diakses dengan mudah oleh pihak luar selain penyedia layanan dan pengguna cloud. Tapi, pada beberapa perusahaan, mungkin harus melakukan uji coba dan memilih penyedia layanan cloud yang tepat. Seperti halnya Elitery adalah penyedia layanan cloud dan mampu mengelola cloud bisnis Anda secara aman.

5.Compliance

Source : unsplash.com

On Premise: Perusahaan yang mematuhi regulasi tentu harus memperhatikan keberadaan datanya, sehingga on premise diyakini mampu memenuhi regulasi tersebut walau harus mengeluarkan biaya yang besar seperti upgrade server dan maintenance dengan rutin oleh tim IT perusahaan. 

Cloud: Perusahaan yang menggunakan cloud, harus memastikan bahwa server cloud penyedia layanan diketahui keberadaannya sesuai regulasi yang dianjurkan oleh industri. Misalnya, data harus berada di Indonesia, sehingga penyedia cloud harus membuktikan bahwa penyimpanan data benar berada di Indonesia dan dapat diakses dengan aman oleh pengguna layanan.

Baca juga : Pentingnya Teknologi Cloud Computing Bagi Kemajuan Bisnis

Mulai Migrasikan Infrastruktur IT Anda ke Cloud bersama Elitery

10043335_38-ebook-cloud.png

Apakah Anda siap untuk revolusi digital dalam bisnis Anda? Tidak perlu ragu atau terhambat oleh tantangan migrasi ke cloud. Dengan pemahaman yang solid tentang keuntungan yang ditawarkan oleh cloud computing serta mengikuti langkah-langkah migrasi yang terorganisir dengan baik, Anda bisa menikmati transisi yang lancar dan produktif. Anda tidak perlu menghadapi proses ini seorang diri. Gabung bersama Elitery, mitra IT profesional kami, yang akan mendampingi Anda di setiap fase, memastikan bisnis Anda dapat mengoptimalkan semua keunggulan cloud. Bersama Elitery, manfaatkan sepenuhnya cloud untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan pertumbuhan berkelanjutan bisnis Anda. Kontak kami sekarang untuk memulai petualangan migrasi cloud Anda dan membuka lebar-lebar pintu kesuksesan di dunia digital. Untuk informasi lebih lanjut, unduh Ebook kami di sini.

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×