Cara Meningkatkan Kolaborasi yang Produktif dengan Tim di Kala WFH

Pertumbuhan suatu industri sangat dipengaruhi oleh produktivitas kerja para anggota tim. Idealnya, terus menjadi besar tingkatan produktivitas, hingga kesempatan menggapai kesuksesan pula terus menjadi besar.

Dari kacamata bisnis, industri wajib terus membiasakan terhadap banyak regulasi untuk melaksanakan aktivitas operasional industri di mana perihal ini memerlukan banyak penyesuaian. Industri dituntut untuk bisa bekerja dari mana saja dengan bermacam metode salah satunya merupakan Work From Home.

Apa itu Work From Home?

WFH adalah istilah yang terkenal semenjak adanya pandemi Covid- 19 pada tahun 2022. Pada saat itu banyak orang diwajibkan melaksanakan karantina mandiri tanpa harus meninggalkan pekerjaannya. Work From Home adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses kerja yang dilakukan oleh seseorang di rumah atau di tempat lain selain di kantor atau tempat kerja yang biasa dikunjungi.

Istilah ini sering digunakan dalam konteks telecommuting, yaitu proses kerja yang dilakukan secara jarak jauh dengan menggunakan teknologi komunikasi seperti telepon, email, dan aplikasi kolaborasi. Banyak perusahaan yang memperbolehkan karyawannya untuk bekerja dari rumah sebagai cara untuk mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas. Namun, bekerja dari rumah juga memiliki tantangan tersendiri, seperti kurangnya interaksi sosial dan kesulitan dalam mengelola waktu.

Dengan WFH, industri memerlukan banyak solusi guna mendukung aktivitas bekerja agar senantiasa produktif serta memudahkan kolaborasi guna mendukung pertumbuhan perusahaan. Berikut panduan meningkatkan kerja sama yang efisien bersama tim terutama di saat WFH.

Tips Menciptakan Kolaborasi yang Produktif di Kala WFH

1. Tentukan Tujuan yang Jelas Bersama Tim

Pekerjaan yang dibebankan kepada suatu tim tentu wajib dikerjakan sebaik mungkin. Kamu serta teman satu tim diharapkan bekerja sama dengan baik agar mencapai tujuan dari perusahaan. Oleh sebab itu tujuan dari project itu pula wajib jelas. Tidak hanya itu, setiap tim harus terdapat perencanaan kerja yang hendak mempermudah anggota dalam menguasai tugasnya.

2. Pembagian Tugas Sesuai Job Desc

Tim dibangun supaya tugas yang dikerjakan mampu selesai tepat waktu. Jadi, wajar apabila Anda dan tim harus mendapatkan bagian tugas masing-masing. Penyesuaian kemampuan dengan tugas yang diberikan pasti sangat berarti untuk dipertimbangkan. Rasa silih yakin antar anggota tim pula sangat menolong dalam meningkatkan efektifitas kerja paling utama di kala Work from Home.

3. Memanfaatkan Tools Kolaborasi

Guna mendukung pekerjaan WFH, maka dibutuhkan tools kolaborasi untuk perusahaan agar bisa melaksanakan pekerjaan dan komunikasi sehari-hari. Tools semacam online video meeting, chat, serta juga document collaboration apps dapat menunjang perusahaan untuk meningkatkan produktivitas serta menjalankan bisnis. Saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai bergeser menuju transformasi digital dan memanfaatkan layanan berbasis cloud. 

Baca Juga : Apa itu Google Workspace? Inilah Fitur dan Manfaatnya

Hal ini semakin mengarahkan pergerakan bisnis menjadi semakin dinamis dan real- time, sehingga dibutuhkan pula teknologi yang tidak hanya sanggup memberikan support untuk bekerja serta melakukan kolaborasi dari mana saja dan kapan saja selama pengguna terhubung dengan jaringan internet.

Salah satu tools yang bisa digunakan perusahaan untuk melangsungkan kolaborasi dan menaikkan produktivitas ketika bekerja dari jarak jauh adalah Google Workspace.

Layanan dari Google Workspace

  1. Email (Gmail) – dengan fitur email yang komprehensif memungkinkan pengguna untuk mengakses email dari mana saja 
  2. Online Meeting (Google Meet) – mendukung pengguna untuk mengadakan pertemuan secara online
  3. Chat (Google Chat) – sebagai platform bagi pengguna untuk saling berkomunikasi memberikan ide, materi, atau bahan diskusi di dalam internal perusahaan dari jarak jauh.
  4. Calendar (Google Calendar) – sebagai panduan untuk mengalokasikan jadwal pertemuan, bagi kantor yang menerapkan sistem shift, Calendar juga dapat dihubungkan dengan ruang pertemuan untuk memudahkan pemesanan ruangan.
  5. File Storage (Google Drive) – sebagai platform menyimpan file dalam berbagai bentuk dokumen baik tulisan, gambar atau pun video.
  6. Document Collaboration (Google Docs, Google Slides, Google Sheets, Google Forms) – untuk melakukan pengerjaan dokumentasi dalam bentuk tulisan, presentasi, data, dan lain sebagainya. Dokumen dapat dikerjakan secara realtime dan bersama-sama (kolaborasi).

Mulai Berlangganan Google Workspace dan Tingkatkan Kolaborasi yang Produktif dengan Tim Anda

google workspace

Melalui berbagai aplikasi yang dilengkapi berbagai fitur, Google Workspace dapat menjadi cara meningkatkan produktivitas perusahaan secara efektif. Kini berlangganan Google Workspace bisa dilakukan secara lebih mudah dengan Elitery. Elitery sebagai perusahaan perusahaan IT Managed Services telah menerapkan sistem kerja WFH yang efektif dengan bantuan Google Workspace.

Untuk mencoba berbagai macam fitur kolaboratif Google Workspace mulai konsultasikan kebutuhan tim Anda dengan kami melalui elitery.com/google-workspace/ atau hubungi kami.

#mulaibersamaElitery

Your Elite Digital Transformation Partner 

 

 

 

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×