back

Setiap layanan dibuat Google tentunya memiliki tujuan tersendiri, misalnya Google Workspace untuk memudahkan pekerjaan. Google Workspace bisa membantu perusahaan atau bisnis Anda untuk mengoptimalkan keamanan dan kontrol data, serta dukungan penuh pada kolaborasi tim Anda. 

Layanan berbayar dari Google ini mencakup berbagai aplikasi dan fitur yang bisa sangat berguna. Bahkan, Anda mungkin sudah menggunakan atau akrab dengan beberapa di antaranya. Setiap fiturnya membantu Anda memaksimalkan inovasi dan transformasi digital dalam setiap pekerjaan produktif.

Apa itu Google Workspace dan apa saja manfaatnya untuk pekerjaan Anda? Agar lebih jelas, Anda bisa simak dulu pembahasan kali ini.

Pengertian Google Workspace

Pengertian Google Workspace

Google Workspace adalah rangkaian aplikasi cerdas Google yang sebelumnya bernama G Suite atau Google Suite. Jauh sebelum itu, awalnya layanan ini berawal dari Google Apps for Your Domain pada tahun 2006, baru kemudian berganti nama jadi G Suite pada tahun 2016. 

Berbagai fitur yang ada di dalamnya memang tersedia juga untuk pengguna layanan gratisan. Akan tetapi, layanan di Google Workspace jauh lebih terintegrasi dan dilengkapi fitur tambahan agar pekerjaan bersama kolega lebih mudah. Pengguna layanan Google Workspace juga bisa terbebas dari iklan.

Apa Saja Fitur Google Workspace?

  • 1. Menggunakan Email Domain Melalui Klien Gmail

    Dengan Google Workspace, Anda mendapatkan semua fungsi, keandalan, dan keakraban Gmail. Layanan Gmail ini bebas iklan, sehingga pengguna tetap bisa fokus ke pekerjaan yang penting. Untuk kepentingan bisnis, setiap tim Anda juga bisa mendapatkan email profesional dengan domain perusahaan Anda, misalnya [email protected]

  • 2. Simpan dan Bagikan File Tak Terbatas Melalui Google Drive

    Drive memungkinkan Anda menyimpan, mengakses, dan membagikan file pekerjaan tim pada satu tempat yang aman.

  • 3. Berkolaborasi secara Real Time

    Lewat Workspace, kerja kolaboratif jadi semakin lebih mudah sehingga para anggota tim dapat menggarap file yang sama bersamaan. Jadi, Anda tak perlu lagi harus buang waktu dan tenaga untuk mengkompilasi semua progres dan update menjadi file tunggal.

Manfaat Google Workspace

Apa saja manfaat Google Workspace yang akan didapatkan para pengguna? 

  • 1. Akun Google lebih aman ketika disinkronkan dengan perangkat.
  • 2. Fasilitas email dengan domain perusahaan sendiri, bisa meningkatkan branding perusahaan yang lebih profesional di mata publik.
  • 3. Semua solusi layanan dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis baru, bisnis kecil, entreprise, pendidikan, dan lembaga nonprofit.
  • 4. Dengan email yang bebas iklan, maka pengguna lebih fokus dengan pekerjaan.
  • 5. Mendukung transformasi digital yang sesuai dengan tren dunia kerja saat ini.

Demikianlah ulasan tentang Google Workspace yang memiliki banyak fitur unggulan. Untuk Anda yang sedang berfokus pada transformasi digital, saatnya mulai dari perencanaan pertama, implementasi hingga operasi harian. Elitery sebagai perusahaan Cloud Managed Services terpercaya di Indonesia sudah bekerja sama dengan Sektor Publik dalam implementasi Google Workspace.

Elitery Membantu Implementasi Google Workspace Untuk Kementerian PUPR

Dalam melakukan tugas harian para ASN akan menggunakan software atau perangkat lunak untuk membantu pengerjaan mereka agar dapat lebih mudah, cepat, dan baik. Untuk software aplikasi, Google Workspace menawarkan kemudahan untuk menunjang kerja saat di kantor maupun di rumah.

Elitery dengan bangga sekaligus bersyukur karena telah dipercaya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mensupport implementasi Google Workspace di institusi Kementerian PUPR. Saat ini sudah dirasakan manfaatnya oleh aparatur sipil negara yang berada di lingkungan Kementerian PUPR.

Baca Juga : Inilah Keuntungan Menggunakan Layanan IT Managed Services Bagi Perusahaan Anda

Elitery menyediakan layanan Google Workspace untuk menunjang pekerjaan dari pegawai Kementerian PUPR. Layanan kolaborasi ini seperti Gmail, Kalender, Meet, Chat, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Sites, dan banyak lagi. Dengan pemanfaatan teknologi ini arus informasi dan juga pola kerjasama di lingkungan KEMEN PUPR berjalan dengan lebih lancar dan efisien.

Percayakan Kebutuhan Cloud Anda Dengan Elitery

Kini, Elitery dan Google Cloud Platform (GCP) adalah bagian penting dari IT blueprint yang strategis di Kementerian PUPR. Setelah diterapkan, solusi Google Cloud Platform dapat mengelola response time pada aplikasi – aplikasi penting Kementerian PUPR dengan mudah. Secara keseluruhan, Elitery dan GCP memberikan produktivitas yang tinggi dan efisiensi biaya.

Elitery adalah perusahaan IT Managed Services dan Managed Cloud yang sudah menjadi partner resmi Google Cloud di Indonesia khususnya Public Sector.  Elitery memiliki pengalaman dalam mengelola Cloud selama bertahun – tahun dan di dukung oleh tim IT yang profesional serta memiliki sertifikat Internasional di bidang Cloud. Kami telah membantu dan mempercepat transformasi digital di banyak perusahaan dan instansi melalui teknologi Cloud yang sesuai dengan kebutuhan customer kami. Percayakan semua kebutuhan Cloud bisnis Anda bersama Elitery, ahlinya Managed Cloud.