back
Apa itu Machine Learning

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi begitu pesat termasuk teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Kecerdasan buatan pada pengaplikasinyaan terbagi tujuh cabang, yaitu machine learning, natural language processing, expert system, vision, speech, planning dan robotics. Secara umum machine learning merupakan mesin yang bisa belajar layaknya manusia. Masih bingung? Anda bisa membaca artikel ini sampai habis, karena artikel ini akan membahas tentang teknologi machine learning (ML) secara lengkap. 

Apa Itu Machine Learning?

Machine learning adalah sebuah ilmu yang berfokus pada proses pembelajaran komputer untuk bertindak dan belajar seperti otak manusia secara mandiri dari waktu ke waktu. Fungsi utama dari machine learning adalah meningkatkan kemampuan mesin untuk mempelajari informasi baru dari data dan mengembangkan kemampuan mesin untuk memecahkan suatu masalah. 

Machine learning membutuhkan intruksi dari data latih atau input untuk mengajarkan mesin cara memecahkan masalah, menjawab pertanyaan, dan menarik kesimpulan dari hasil pengolahan data. Data latih atau lebih sering disebut data training bertugas untuk melatih data agar menjadi data berlabel atau tidak berlabel untuk mengembangkan algoritma akhir. 

Proses pelatihan ulang ini akan membuat algoritma machine learning terus belajar secara mandiri dan menghasilkan output paling optimal yang akan meningkatkan tingkat akurasi secara bertahap. Sehingga machine learning dapat bekerja dengan baik sesuai data dan algoritma yang dikembangkan secara terus menerus. 

Mengapa Machine Learning itu Penting Bagi Perusahaan?

Menurut Towards AI, teknologi artificial intelligence (AI) terkhusus machine learning merupakan teknologi yang sangat dibuatkan banyak perusahaan karena mampu menyelesaikan permasalahan dunia dengan cara yang terukur. Pemanfaatan machine learning telah banyak dikembangkan pada berbagi macam industri untuk memudahkan pengolahan data yang banyak dan rumit menjadi lebih mudah dan cepat. Data itu dihasilkan dari konsep machine learning. 

 Baca juga tentang : 6 Keunggulan Cloud Computing untuk Memudahkan Operasional Bisnis Anda

Teknologi ini juga mampu menganalisis kedepan sehingga proses produksi bisa menggunakan effort atau upaya seoptimal mungkin dan bahkan meminimalisir kesalahan manusia (human error) selama melakukan pekerjaannya. Perusahaan cenderung ingin memperoleh hasil dengan upaya yang sekecil – kecilnya. Itu sudah merupakan prinsip bisnis yang dipegang oleh semua orang agar keuntungan yang diperoleh besar.

 

Tipe-Tipe Machine Learning

1. Supervised Learning

supervised 2

Jenis yang pertama adalah supervised learning, sesuai dengan namanya Supervised yang berarti algoritma ini dibawah pengawasan supervisor atau guru. Disisi lain algoritma ini mampu merubah modelnya sendiri agar bisa disesuaikan dengan hasil yang diinginkan. Biasanya, supervised learning digunakan pada aplikasi yang memprediksi kejadian di masa mendatang berdasarkan data historis.

2. Semi-supervised learning

Jenis selanjutnya adalah semi-supervised learning, algoritma ini berada di tengah-tengah antara algoritma supervised dan unsupervised learning. Untuk jenis ini, umumnya akan menggunakan data yang berlabel dan tidak untuk melatih algoritma untuk bisa belajar sendiri. Algoritma ini juga umumnya digunakan untuk data dengan label jumlah yang lebih sedikit dan juga data tanpa label dalam jumlah yang lebih banyak. 

Salah satu contohnya adalah misalkan ada sebuah arsip foto yang sebagian isinya diberi label misalkan foto keluarga, foto hewan dsb namun sebagian lainnya tidak dibeli label. Mengapa seperti itu? karena data yang diberikan label harus membutuhkan pakar atau ahli sedangkan data tanpa label bisa langsung dikumpul dan disimpan.

3. Unsupervised learning

unsupervised 2

Jenis selanjutnya adalah jenis unsupervised Machine Learning, yang mana jenis ini adalah kebalikan dari jenis supervised learning. Dalam metode ini, data yang dimanfaatkan atau dikelola tidak mempunyai label tertentu. Sehingga, sistem tidak akan mengetahui jawaban ataupun output secara benar. Biasanya, metode ini digunakan untuk data transaksional.

4. Reinforcement Learning

Jenis ini umumnya digunakan untuk pembuatan game, teknologi navigasi, sampai robotik. Algoritma dini bekerja secara otomatis dalam menentukan perilaku yang ideal sehingga hasil kerjanya dapat teroptimalisasi dengan baik. Salah satu penerapan algoritma ini ada pada robot di bagian industri seperti logistik. Robot ini diwajibkan menghafal berbagai macam logistik dan tujuannya dengan waktu yang cepat sehingga hasil kerjanya lebih efisien.

Pemanfaatan Teknologi AI & Machine Learning pada SiPANON Sistem Pemantauan dan Analisa Objek Lalu Lintas

Memastikan keamanan publik adalah salah satu tugas terpenting bagi Pemerintah Provinsi, Kota, Kabupaten dan Daerah. Terciptanya Smart City yang komprehensif adalah tujuan dari banyak instansi Pemerintah. Nah, Elivision hadir dengan membawa solusi Smart City yang diberi nama SiPANON Sistem Pemantauan dan Analisis Objek Lalu Lintas. 

Elitery berinovasi untuk menciptakan keamanan publik yaitu Elivision (CCTV Monitoring system dengan AI) dilengkapi dengan video surveillance system yang memiliki fitur Artificial intelligence, kemampuan Machine learning dan fasilitas untuk tindak lanjut yang terintegrasi serta memberikan data terkait kondisi jalan dan kendaraan yang melintas secara real time.

Apa itu Machine Learning

Dengan hadirnya SiPANON sebagai All in Solution untuk CCTV monitoring system, kini pemerintah kota tidak perlu khawatir untuk menjaga keamanan publik. Manfaat menggunakan SiPANON diantaranya kemudahan monitoring, penanganan keluhan bisa jadi lebih cepat, biaya terjangkau, berbasis cloud, tingkat keamanan tinggi dan kemudahan menganalisis data video secara real time. 

Konsultasikan Kebutuhan Machine Learning Perusahaan Anda Kepada Elitery

Nah, cukup jelaskan penjelasan machine learningnya. Perusahaan besar seperti Google, Facebook, Amazon, dan banyak lagi sudah menjadikan machine learning sebagai bagian utama dari proses bisnis mereka. Sama halnya Elitery juga demikian telah memanfaatkan kecanggihan dari teknologi machine learning pada produk SiPANON. Mulai sekarang pakai SiPANON “Safe Corridor” untuk menjaga keamanan daerah Anda. Sudah terbukti banyak membantu pemerintah kota seperti Pemprov Jabar dalam mengamankan situasi lalu lintas di beberapa daerah. 

Bagaimana dengan perusahaan Anda, apakah sudah memanfaatkan machine learning untuk kemudahaan operasional bisnis? Jika belum, Anda bisa menghubungi Elitery dan berkonsultasi langsung dengan Tim IT profesional kami yang sudah expert dibidang machine learning. Kunjungi website resmi kami www.elitery.com dan email [email protected] untuk mulai konsultasi secara gratis!

Elitery

Safeguarding, Accelerating