Apa itu Cloud Server? Inilah Pengertian dan Keunggulannya

Pentingnya untuk menjaga keamanan dan jaminan penyimpanan data bagi semua orang, terutama bagi perusahaan yang menyimpan banyak data penting. Kehilangan atau kerusakan data dapat menjadi kerugian besar. 

Untuk mengatasi masalah ini, banyak perusahaan teknologi seperti Google Cloud dan AWS kini menawarkan solusi berupa Cloud Server sebagai media penyimpanan dan pengolahan data yang praktis dan dapat diakses dari mana saja. Simak pengertian, cara kerja serta keunggulan dari Cloud server berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Cloud Server?

Cloud server adalah jenis server yang menyediakan layanan hosting di internet atau “cloud”. Ini berarti bahwa Anda dapat mengakses dan menggunakan server tersebut dari mana saja dengan koneksi internet yang stabil. Server cloud berperan seperti server fisik, menyimpan data dan menjalankan aplikasi. Karena layanan cloud di-hosting oleh penyedia pihak ketiga, penyedia menyediakan sumber daya komputasi melalui jaringan, biasanya melalui internet.

Server cloud dibuat dengan menggunakan perangkat lunak virtualisasi (dikenal sebagai hypervisor) untuk membagi server fisik menjadi beberapa server virtual. Hypervisor mengabstraksikan daya pemrosesan server dan menyatukannya, membuat server virtual.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Server?

Pada dasarnya Cloud server  bekerja dengan cara yang mirip dengan server tradisional. Perbedaanya adalah Cloud Server memungkinkan para pengguna untuk mengakses server melalui internet dan menggunakannya untuk menyimpan dan mengelola data, menjalankan aplikasi, dan melakukan banyak hal lainnya yang biasanya dilakukan dengan menggunakan server fisik. 

Cloud server biasanya dikelola oleh sebuah perusahaan layanan cloud computing, yang bertanggung jawab untuk menjaga server tersebut tetap berjalan dengan baik dan tersedia untuk digunakan oleh para penggunanya. Dengan menggunakan cloud server, pengguna dapat mengakses komputasi dan penyimpanan yang scalable dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga mereka dapat menyesuaikan kapasitas server sesuai dengan kebutuhan mereka.

Layanan Apa Saja yang Dapat Dilakukan Oleh Cloud Server?

Cloud server dapat digunakan untuk melakukan banyak layanan yang biasanya dilakukan dengan menggunakan server fisik. Beberapa contoh layanan yang dapat dilakukan oleh cloud server antara lain:

  • 1. Menyimpan dan mengelola data
  • 2. Menjalankan aplikasi
  • 3. Menyediakan web hosting
  • 4. Melakukan pemrosesan data dan analitik
  • 5. Menyediakan platform untuk mengembangkan aplikasi
  • 6. Menyediakan layanan komputasi yang scalable dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan.

Cloud server juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk menyimpan dan mengelola data mereka secara efisien, menjalankan aplikasi bisnis, dan melakukan banyak hal lainnya yang membutuhkan komputasi dan penyimpanan yang scalable. Dengan menggunakan cloud server, perusahaan dapat mengurangi biaya perangkat keras dan software, serta mempermudah pengelolaan dan pemeliharaan server mereka.

Jenis-Jenis Cloud Server

Ada beberapa jenis cloud server yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa jenis cloud server yang biasa digunakan antara lain:

Public cloud

Cloud server jenis ini disediakan oleh sebuah perusahaan layanan cloud computing yang dapat diakses oleh publik. Pengguna dapat mengakses cloud server ini melalui internet dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan mereka. Public cloud biasanya digunakan oleh perusahaan yang ingin menghemat biaya perangkat keras dan software, serta mempermudah pengelolaan dan pemeliharaan server.

Private Cloud

Cloud server jenis ini disediakan oleh sebuah perusahaan untuk digunakan oleh anggota perusahaan tersebut saja. Private cloud biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki kebutuhan komputasi dan penyimpanan yang tinggi, serta ingin menjaga kerahasiaan data mereka. Private cloud biasanya dikelola oleh perusahaan sendiri atau dengan bantuan sebuah perusahaan layanan cloud computing.

Hybrid Cloud

Cloud server jenis ini menggabungkan public cloud, private cloud, dan juga on-premise, sehingga pengguna dapat mengakses server yang terhubung ke public cloud, private cloud, dan on-premise secara bersamaan. Hybrid cloud biasanya digunakan oleh perusahaan yang ingin mengakses komputasi dan penyimpanan yang scalable dari public cloud, serta menjaga kerahasiaan data mereka di private cloud. Hybrid cloud biasanya dikelola oleh perusahaan sendiri atau dengan bantuan sebuah perusahaan layanan cloud computing.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Antara Private Cloud, Public Cloud, dan Hybrid Cloud

Kelebihan dari Cloud Server

Cloud server memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi para pengguna. Beberapa kelebihan utama dari cloud server antara lain:

Menghemat Biaya

Cloud server memungkinkan para pengguna untuk menghemat biaya perangkat keras dan software, serta mempermudah pengelolaan dan pemeliharaan server. Cloud server biasanya disediakan oleh perusahaan layanan cloud computing, sehingga pengguna hanya perlu membayar sejumlah biaya sewa bulanan untuk menggunakan server tersebut.

Skalabilitas Tinggi

Cloud server dapat diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga pengguna dapat menambah atau mengurangi kapasitas server sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian, pengguna dapat mengoptimalkan kapasitas server sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa perlu membeli perangkat keras dan software tambahan.

Aksesibilitas

Cloud server dapat diakses dari mana saja yang memiliki koneksi internet, sehingga pengguna dapat mengakses dan mengelola data mereka kapan saja dan di mana saja.

Keamanan Terjamin

Cloud server biasanya dikelola oleh sebuah perusahaan layanan cloud computing yang memiliki pengalaman dan teknologi untuk menjaga keamanan server. Dengan demikian, data yang disimpan di cloud server biasanya lebih aman daripada data yang disimpan di server fisik.

Kolaborasi dengan Tim

Cloud server memungkinkan para pengguna untuk berkolaborasi secara online, sehingga mereka dapat bekerja sama dan mengelola data bersama secara efisien. Dengan demikian, cloud server dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi mereka.

Tips dan Panduan Migrasi ke Cloud Server

Itulah beberapa pengertian dan keunggulan dari Cloud Server. Kehadiran inovasi ini telah memberi kemudahan bagi pengguna untuk menghindari kehilangan data. Selain itu, kelebihan cloud server yang memungkinkan pengguna untuk mengakses server dari mana saja juga menjadi faktor yang membuat penyimpanan ini semakin populer. 

CTA-5-TAHAPAN-MIGRASI-CLOUD-BAGI-BISNIS

Jika bisnis Anda belum beralih menggunakan cloud computing karena kurangnya Tim IT untuk mengelolanya atau kurangnya SDM yang mengerti semua fasilitas, layanan dan tools dalam cloud. Jangan khawatir, kami telah membuat panduan lengkap yang berisi 5 tahapan migrasi Cloud mulai dari penilaian kesiapan, perencanaan, desain, pelaksanaan dan pengoptimalan. Semua panduan tersebut untuk membantu Anda menentukan langkah yang tepat selama migrasi ke Cloud.

#mulaibersamaElitery

Your Elite Digital Transformation Partner 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×