back

Bagi orang awam yang kurang paham tentang istilah IT, mungkin jarang mendengar istilah public cloud, private cloud, dan hybrid cloud. Namun, tiga layanan cloud computing ini sangat bermanfaat untuk bisnis dan kehidupan sehari – hari kita. Teknologi cloud atau yang lebih dikenal dengan teknologi awan ini sudah meningkat sangat pesat terbukti semakin banyak perusahaan atau organisasi mulai melirik menggunakan infrastruktur cloud untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Teknologi cloud berkembang hari demi hari, mulai dari cloud storage, cloud service hingga cloud computing. Tahu gak sih apa saja layanan yang ada pada cloud computing dan apa keuntungan di setiap layanannya? Yuk langsung aja cari tahu dibawah ini. Sebelum membahas lebih dalam, Anda perlu mengetahui pengertian dari cloud computing?

Pengertian Cloud Computing

Cloud computing adalah sebuah model network access yang fleksibel yang mampu mengakses resources ke dalam sebuah pool yang telah disediakan kapanpun, dimanapun dan yang paling penting service nya mempunyai nilai tambah. Resources tersebut bisa dalam bentuk network, services, aplikasi, ataupun sebuah storage.

Komputasi awan atau cloud computing mencakup berbagai klasifikasi, jenis, dan model arsitektur. Model komputasi jaringan transformatif dapat dikategorikan menjadi tiga jenis utama, seperti Public cloud, Private cloud, dan Hybrid cloud.

Private Cloud

Private cloud biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan/organisasi yang memiliki kerahasiaan data yang tinggi seperti perbankan atau pemerintahaan. Sumber daya private cloud diisolasi dan dikirim melalui jaringan pribadi yang aman dan tidak dibagikan dengan pelanggan lain. Uniknya private cloud adalah dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan keamanan sesuai permintaan dari perusahaan/organisasi dengan mudah. contoh layanan Private Cloud adalah SaaS, PaaS dan IaaS.

Keuntungan Menggunakan Private Cloud :

1. High-Security dan Privacy
Layanan private cloud bersifat private dan tidak tersedia untuk umum dan sumber daya dibagi dari kumpulan sumber daya yang berbeda.

2. Maintenance lebih mudah
Dalam segi harga lebih mahal dibandingkan public cloud, namun private cloud lebih efisien dalam hal maintenance layanan, sangat mudah melacak dan memperbaiki jika terjadi trouble karna sistem layanan private. Private Cloud lebih mudah meningkatkan kapasitas resource hardware seperti SSD, Memory.

3. Full control atau kendali penuh
Private cloud memiliki full control terhadap sumber daya dan perangkat kerasnya dibanding dengan public cloud karena hanya diakses di dalam organisasi

Baca juga selengkapnya : Penjelasan lengkap tentang private cloud

Public Cloud

Bagi beberapa industri seperti pemerintah, bank, hingga pusat penelitian yang memiliki sensitivitas terhadap kerahasiaan data maka akan berpikir untuk menggunakan public cloud yang tidak dapat memenuhi kebutuhan industri maupun aturan eksternal tentang jaminan data.

Karena Public cloud ini bisa dipakai oleh siapa saja bahkan sering diperuntukan juga untuk masyarakat umum yang memiliki bisnis dan membutuhkan cloud penyimpanan yang besar tanpa memikirkan sensitivitas data. Maka dari itu, Anda juga harus paham akan risiko sebelum menggunakan public cloud ini. Namun, jika perusahaan Anda tidak bergerak di bidang layanan atau privasi data bukan masalah bagi Anda, maka public cloud ini sudah cukup untuk dijadikan sebagai solusi.

Keunggulan utama dari Public Cloud adalah kemampuan untuk menangani kebutuhan khusus pelanggan. Hal ini memungkinkan pelanggan mendapatkan lebih banyak kustomisasi hardware, perlindungan data, hingga integrasi dengan layanan eksternal.

Keuntungan Menggunakan Public Cloud :

1. Biaya lebih murah
Pengguna tidak perlu memberi hardware atau software untuk menangani setiap kebutuhan pelanggan, biaya yang dibayar sesuai dengan pemakaian Anda. Dan pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membeli hardisk dengan penyimpanan terbatas dengan public cloud semua ada dan biaya lebih murah.

2. High Scalability
Cloud resources tersedia berdasarkan permintaan dari kumpulan resource, dapat di upgrade atau downgrade sesuai kebutuhan dari pengguna.

3. Reliability
Public Cloud menggunakan sejumlah besar sumber daya dari lokasi yang berbeda. Karena jika salah satu sumber gagal, Public Cloud bisa menggunakan ber sumber daya yang lain.

4. Flexibility
Public Cloud dapat diintegrasikan dengan public cloud lainnya.

Seperti yang Anda ketahui, Elitery juga menyediakan berbagai layanan public cloud yang bisa Anda pertimbangan sesuai kebutuhan bisnis Anda. Beberapa mitra cloud providers Elitery adalah yang sudah berkembang pesat di industri cloud computing seperti : ELICLOUD (Layanan private cloud Elitery), AWS Public cloud, Azure Public Cloud, IBM Cloud, Google Cloud Platform, Docker dan masih banyak lagi.

Jika Anda kesulitan dalam melakukan managed cloud, Elitery dengan senang hati membantu Anda me-managed infrastruktur cloud Anda. Jenis cloud apapun yang Anda pakai untuk bisnis Anda, Elitery dengan pengalaman managed cloud nya mampu membantu infrastruktur cloud bisnis Anda.

Baca selengkapnya: Managed Cloud Service

Hybrid Cloud

Hybrid cloud merupakan layanan komputasi awan yang mengintegrasikan baik private cloud dan public cloud untuk menghadirkan fungsi yang beragam pada organisasi atau perusahaan yang sama. Jika private cloud menawarkan layanan operasi sensitif dan public cloud menawarkan kemudahan cloud yang dapat diakses publik dengan biaya murah maka hybrid cloud adalah gabungan kedua cloud tersebut.

Di kutip dari bisnis.com bahwa sektor yang saat ini banyak menggunakan teknologi hybrid cloud adalah platform dagang elektronik (e-commerce), keuangan, pengembang gim, transportasi, bahkan sektor kesehatan karena kemudahan dan harga terjangkau yang ditawarkan oleh hybrid cloud.

Keuntungan Menggunakan Hybrid Cloud :

1. Efektivitas biaya
Seperti yang diketahui, hybrid cloud platform memberikan biaya lebih murah dari platform cloud yang lain. Anda dapat dengan mudah menggunakan public cloud dan dapat sewaktu – waktu menggunakan private cloud dengan biaya lebih hemat.

2. Keamanan
Tak perlu khawatir karena semua data sensitif perusahaan tetap terjaga di private cloud.

3. Penyimpanan
Hybrid cloud memungkinkan perusahaan memiliki penyimpanan yang lebih efisien dan besar karena adanya integrasi private cloud dan public cloud.

4. Keandalan
Saat melakukan pendistribusian data baik dari private cloud ke public cloud atau sebaliknya, hybrid cloud tetap bisa menghasilkan performa yang optimal.

Dari segi keuntungan sangat banyak sekali, mulai dari data yang aman, efisiensi biaya dan bisa leluasa memilih bisnis mana yang berjalan di Public Cloud ataupun Private Cloud dengan tetap menjamin integrasi dari kedua layanan tersebut.

Pilihan antara solusi dan penggunaan dari public, private, dan hybrid cloud bergantung pada berbagai faktor, kasus penggunaan, dan batasan dari tiap cloud tersebut. Ini juga menyangkut apa saja yang Anda perlukan dalam kebutuhan penyimpanan data- data Anda dan tingkat keamanan data bisnis Anda.

Elitery merupakan perusahaan penyedia jasa layanan private cloud terbaik di Indonesia dengan produk diberi nama ELICLOUD. Elitery juga memberikan completed managed cloud untuk bisnis Anda dengan dukungan Control Panel yang User Friendly, Praktis dan Fleksibel serta didukung dengan harga terjangkau dengan bantuan tim engineer yang sudah berpengalaman dan memiliki sertifikat pendukung.

Baca artikel Elitery tentang : Dukung Transformasi Digital, Elitery Hadirkan Banyak Produk, Layanan dan Solusi IT Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Penting untuk Anda mulai beralih ke sistem cloud ini dan merasakan kemudahaan untuk bisnis Anda. Pilihlah jenis cloud yang sesuai kebutuhan bisnis Anda dan yang memiliki tingkat keamanan data yang tinggi jika perusahaan Anda harus menjaga sensitivitas data bisnis Anda. Jika tidak ada waktu dalam memaintence atau memanaged infrastruktur cloud bisnis Anda, segera menghubungi kami dan bekerjasama dengan kami.

Kami siap memberikan layanan prima dan dukungan yang optimal untuk kemajuan bisnis Anda. Selengkapnya kunjungi website kami di http://www.elitery.com

 

Elitery
Safeguarding, Accelerating