back

Berdasarkan kajian ilmiah yang dilakukan oleh Security Week, telah terjadi peningkatan kehilangan data perusahaan sebesar 400% di dua tahun terakhir ini. Di kajian yang sama juga menunjukan bahwa kehilangan data ini yang terjadi karena bencana yang disebabkan baik oleh alam maupun buatan manusia meningkat dengan sangat cepat.

Sayangnya banyak perusahaan berskala kecil dan menengah yang berasumsi bahwa perusahaan mereka aman dari resiko kehilangan data, dan ini tentu saja sangat berbahaya.

Banyak bisnis tidak siap, karena banyak pimpinan perusahaan kecil dan menengah yang berasumsi bahwa perusahaannya aman dari data breach maupun bencana alam, lebih dari 40% perusahaan ini tidak memiliki dokumen strategi atau perencanaan disaster recovery. Hal ini tentu saja bisa menimbulkan dampak yang fatal. Contoh kasus adalah ketika operasi bisnis harus dihentikan diakibatkan adanya badai, ini bisa mengakibatkan bisnis kehilangan sampai Rp 50 juta per hari (berdasarkan data dari Business Insider). Tentu saja diperlukan perencanaan disaster recovery yang baik agar roda bisnis tetap bisa berputar optimal.

Elicovery Solusi Disaster Recovery as a Service 

Elitery adalah perusahaan yang pertama kali menghadirkan layanan Disaster Recovery as a Service di Indonesia, yaitu pada bulan februari tahun 2017. Dan langsung mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari industri keuangan di Indonesia.

Saat ini banyak perusahaan keuangan seperti; Asset Management, Anggota Bursa, Fintech dan Asuransi yang mencari solusi penanganan terhadap disaster yang bersifat flexible dan scalable, dan akhirnya menjatuhkan pilhannya pada Elicovery solusi berbasis cloud yang merupakan Disaster Recovery as a Service. Tech Target mendefinisikan DRaaS sebagai berikut;

DRaaS adalah replicas dan hosting dari server-server fisik atau virtual yang dilakukan oleh pihak ketiga. untuk memastikan terjadinya fail over yang menyeluruh di cloud environnent dalam kondisi bencana.

Kenapa Elicovery DRaaS adalah solusi yang cocok dipergunakan oleh perusahaan kecil dan menengah?

Untuk perusahaan kecil dan mengenah, solusi DRaaS ini tentu saja lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan apabila perusahaan harus menyediakan sistem sendiri. Adapun 10 manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunakan Elicovery DRaaS adalah sebagai berikut;

  1. 1. Tim IT Anda akan bisa memfokuskan sumber daya ke operasi bisnis yang utama

Ketika team IT in-house Anda harus mengerjakan tugas-tugas seperti; maintenance, upgrading operating system, patching security,  testing dan melakukan IT support untuk pekerjaan yang terkait dengan disaster recovery planning, tentu saja akan membuat mereka tidak bisa fokus untuk mengerjakan ke fungsi-fungsi IT yang utama. Dengan solusi Elicovery DRaaS akan menyederhanakan IT management dan membuat team IT Anda fokus mengembangkan fungsi-fungsi IT utama di perusahaan Anda.

2. Sistem perusahaan Anda bisa siap dan berjalan dalam waktu yang cepat

Dalam kaitan dengan disaster recovery planning, tentu saja kita tidak bisa membiarkan penundaan terjadi karena dampaknya yang sangat berbahaya untuk perusahaan. Dengan solusi DRaaS kita tidak perlu menunggu berbulan-bulan untuk proses pengadaan hardware, dan testing, hanya dalam hitungan hari Elicovery Disaster Recovery system Anda sudah bisa berjalan.

3. Penghematan biaya yang signifikan

Pengadaan system disaster recovery secara mandiri akan menimbulkan biaya yang sangat tinggi, hal ini terutama disebakan biaya bulanan yang besar untuk; listrik data centre, maintenance dan IT support. Tentu saja dengan menggunakan Elicovery solusi DRaaS perusahaan Anda akan menghemat biaya yang besar. Minimum penghematan yang bisa terjadi dari sisi total cost of ownership adalah di 30%.

4. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sistem yang Anda tidak pakai

apabila Anda membuat sistem DRC sendiri besar kemungkinan Anda membeli storage yang kapasitasnya tidak pernah Anda pakai. Dengan Elicovery solusi DRaaS yang berbasis cloud, Anda hanya membayar yang memang perusahaan Anda pergunakan. Apabila kebutuhan perusahaan Anda bertambah akan dengan sangat cepat dan efisien bisa disediakan di sistem cloud.

5. Waktu recovery yang lebih cepat

Semakin lama waktu yang Anda perlukan untuk me recover setelah terjadi bencana, maka akan semakin besar kerugian yang ditanggung perusahaan. Dengan Elicovery solusi DRaaS waktu recovery akan terjadi dengan cepat tergantung dengan Service Level Agreement yang ingin Anda tentukan.

6. Akses yang lebih luas ke sistem

Karena Elicovery solusi DRaaS ini berbasis cloud, maka Anda dapat mengakses sistem dari lokasi di manapun dengan menggunakan akses internet. Apabila terjadi bencana yang menyebabkan kantor Anda lumpuh, perusahaan tetap bisa menjalankan bisnisnya dari tempat lainnya.

7. Anda tetap bisa mengendalikan secara in house

 Bukan berarti dengan memanfaatkan Elicovery solusi DRaaS Anda kehilangan control terhadap IT environment Anda. Team in-house Anda akan tetap bisa memanage; data storage, membuat reports, dan me recover data yang hilang dengan mudah.  

8. Anda tidak perlu bertanggung jawab terhadap perlindungan hardware

Salah satu biaya terbesar dalam perencanaan data recovery adalah pengadaan, perawatan dan perlindungan hardware. Ketika Anda menggunakan Elicovery solusi DRaaS maka perusahaan penyedia jasa tersebutlah yang bertanggung jawab terhadap perawatan dan perlindungan hardware. 

9. Data centre Anda akan terlindungi

Sangatlah penting untuk memilih provider yang bisa secara komprehensif menjaga data Anda. Dari sisi keamanan fisik penyedia DRaaS terbaik bisa dipastikan akan menjaga data center mereka dengan teknologi terkini baik dari sisi Internet of things maupun camera beralgoritma sampai teknologi mantrap nya. Ditambah lagi dengan tools seperti; Identity Access Management dan Privilege Access Management di sisi logical.   

10. Dukungan dan bimbingan dari engineers yang bersertifikasi dan berpengalaman

Saat ini sudah ada lebih dari 80 perusahaan yang menggunakan Elicovery solusi DRaaS dari Elitery. Hal ini tentu saja menunjukkan Elitery adalah sebuah perusahaan   yang memiliki reputasi baik, dan memiliki pengalaman yang luas dan mendalam terkait dengan pengelolaan keamanan data dan perencanaan disaster recovery dibandingkan team in-house perusahaan. Hal ini lebih dikarenakan team engineers Elitery memiliki jam terbang yang tinggi dan studi kasus di berbagai perusahaan yang pernah di handle. Ketika terjadi masala, pihak Elitery dengan pengalamannya bisa mengatasinya dengan cepat dan efisien.

Untuk menjaga keberlangsungan bisnis Anda dan memastikan bisnis Anda terus berkembang, percayakanlah data Anda terlindungi dengan memanfaatkan Elicovery solusi Disaster Recovery as a Service yang sudah terbukti kehandalannya.

Elitery

Safeguarding, Accelerating