back

Peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dilakukan melalui penyelesaian laporan yang cepat, tepat dan terukur dari sistem atau aplikasi pada sebuah instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah. Segala bentuk kritik dan saran yang disampaikan masyarakat kepada suatu instansi adalah sebuah koreksi untuk perbaikan pelayanan kedepannya. Untuk itu pemerintahan baik Provinsi, Kota dan kabupaten harus membutuhkan strategi penanganan laporan dalam rangka peningkatan pelayanan publik daerah tersebut.

Di era New Normal ini, kondisi pengelolaan pelaporan pelayanan publik di beberapa organisasi belum menunjukkan kondisi pengelolaan laporan yang efektif dan terintegrasi. Beberapa laporan masih dilakukan secara parsial, tidak terkoordinir dan efisien, misalnya terjadi duplikasi penanganan laporan dari satu organisasi namun diselesaikan oleh beberapa organisasi atau instansi lain. Sebaliknya bahkan ada pengaduan/pelaporan yang tidak ditangani oleh satupun instansi dengan alasan memiliki bidang tugas masing – masing.

Masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan/laporan tersebut pun sering mengalami kesulitan seperti tidak mengetahui harus mengadu kemana, masih minim pengelolaan pelaporan, ketidakjelasan mekanisme pelaporan yang mereka tempuh, pelaporan yang tidak tersampaikan dan tidak segera diselesaikan hingga berlarut – larut. Jikapun ada sarana untuk pelaporan, mayoritas kanal pelaporan yang adalah berupa aplikasi dimana masyarakat harus mengunduh aplikasi tersebut.

Penyampaian aspirasi dan pelaporan mengenai keamanan seperti pelanggaran (parkir liar atau jualan liar), situasi lingkungan sekitar, jalan rusak dan lain – lain masih bertaraf konvensional caranya dan tidak akuntabel prosesnya. Dengan berbagai kesulitan yang dialami dalam penyampaian laporan ke layanan publik. Elitery hadir memberikan inovasi Sistem Informasi Laporan Terpadu atau diberi nama SiPANDU untuk membantu pemerintah kota atau daerah dalam menangani laporan yang disampaikan oleh masyarakat dan memudahkan pengguna layanan dalam memonitoring setiap pelaporan sehingga mempercepat proses penanganan terhadap laporan tersebut.

Baca juga tentang : Kini SiPANDU Telah Berkontribusi Untuk Sistem Pelaporan Pemerintah Daerah

SiPANDU hadir untuk mewujudkan wadah komunikasi digital dengan teknologi terdepan. SiPANDU dapat digunakan oleh Penyedia layanan baik itu perusahaan, komunitas, pemerintah, atau organisasi lainnya untuk menerima, menindaklanjuti dan memonitor laporan yang masuk agar dapat diselesaikan secara cepat, tepat, dan terukur.

Mari mengenal 3 komponen SiPANDU dengan segala kemudahan yang dapat Anda rasakan jika menggunakan SiPANDU sebagai sistem pelaporan di daerah Anda.

  1. 1. SiPANDU Whatsapp

SiPANDU menggunakan Aplikasi WhatsApp sebagai pengganti aplikasi atau formulir website sehingga memudahkan Pengguna/Pelapor untuk melaporkan permasalahan kepada penyedia layanan baik perusahaan, komunitas maupun pemerintah. Berkonsepkan Smart Engagement, SiPANDU di desain sebagai kanal pelaporan yang praktis dan efisien.

Dengan menggunakan SiPANDU Whatsapp, Pelapor cukup menggunakan nomor telepon yang digunakan dalam menyampaikan laporan sehingga dapat melacak status laporan dengan cepat atau dapat dikenal dengan istilah easy tracking.

2. Ticketing System

SiPANDU terhubung langsung dengan ticketing system untuk memudahkan pengecekan dan penindaklanjutan laporan. Laporan dari pengguna yang dilaporkan melalui aplikasi whatsapp akan masuk ke ticketing system secara otomatis. SiPANDU ticketing system dilengkapi fitur – fitur seperti auto location routing, auto assign agent, auto attachment (foto, dokumen, pdf) validation, dan share location detection. Setiap pelaporan yang masuk akan memiliki nomor tiket yang memudahkan penyedia layanan dalam melakukan tindak lanjut pelaporan tersebut.

3. Dashboard system

SiPANDU memiliki tampilan dashboard yang user friendly untuk memudahkan service provider memonitor laporan dan statusnya. Masing-masing Penyedia Layanan akan mendapatkan dedicated dashboard system dengan credential login tersendiri.

Baca selengkapnya tentang dashboard system SiPANDU di https://sipandu.co.id/

Dengan tiga komponen unggul dari SiPANDU dapat membuktikan bahwa produk SiPANDU bukan hanya dapat menggantikan sistem pelaporan konvensional, namun dapat disesuaikan dan diintegrasikan dengan sistem pelaporan baik berbasis web ataupun mobile app yang telah Anda miliki sebelumnya sehingga dapat memaksimalkan kegiatan pelaporan Anda.

Elitery bersama tim terus melakukan sosialisasi SiPANDU ke berbagai pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten dan Daerah dengan tujuan membantu pemerintahaan setempat dalam memaksimalkan pelaporan yang terjadi.

Bagi Anda yang ingin mengimplementasikan sistem pelaporan yang berkonsep smart digital dan smart engagement, SiPANDU merupakan solusi yang tepat dengan harga yang terjangkau. Segera hubungi kami melalui email [email protected] atau kunjungi website kami di www.elitery.com untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang SiPANDU dan mengenal berbagai layanan serta produk dari Elitery untuk memajukan bisnis Anda.

 

Elitery
Safeguarding, Accelerating