back

Kebutuhan backup bagi sebuah perusahaan di era digital ini telah menjadi kebutuhan yang utama. Dikarenakan data merupakan aset perusahaan yang sangat penting sehingga perlu dijaga dan mutlak untuk dibuatkan suatu sistem untuk bisa merawatnya. Tanpa backup dan restore, maka perusahaan tersebut beresiko kehilangan aset penting perusahaan. Sistem Backup data yang baik dan benar akan membantu baik manajemen perusahaan atau juga para pelaku dibidang teknologi informasi untuk bisa menyimpan data perusahaan sebaik mungkin dan mengembalikan data tersebut apabila diperlukan oleh pihak yang membutuhkannya.

Di era digital ini, telah banyak masyarakat umum, individu, dan organisasi-organisasi lainnya yang telah mengerti dan memahami pentingnya menggunakan teknologi backup berbasis cloud untuk mengamankan sebuah data. Fungsi backup data berbasis cloud untuk mengamankan dan melakukan restore data apabila sewaktu-waktu data rusak, hilang, atau terkena virus.

Untuk menjawab kebutuhan yang tinggi akan backup berbasis cloud untuk masyarakat yang ‘sibuk’ bekerja dan fokus pada pengembangan bisnis utama. Tentu akan berpotensi data tidak terbackup secara benar. Elitery membantu organisasi, perusahaan, instansi atau semua lapisan masyarakat untuk mengamankan data penting menggunakan ELIVAULT (Backup as a Service).

Perlunya penyimpanan data cadangan atau backup data telah didukung oleh Perpres 95 tahun 2018 pasal 40 ayat (1) dan ayat (4) tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) mewajibkan penyediaan cadangan (backup) atau dan pemulihan (restore). Jangan pernah mengabaikan proses backup dan restore data bisnis Anda, karena bisa mengakibatkan bisnis berhenti beroperasi.

Untuk memahami hal ini lebih lanjut, mari kita simak penjelasan lebih lanjut dalam pembahasan artikel berikut ini. Jangan lupa share link artikel ini ke rekan kerja Anda yang lain.

Pengertian Backup Data

Backup data adalah sebuah proses menyalin data fisik atau file ke penyimpanan sekunder, seperti flashdisk, hardisk eksternal, sistem cloud atau media lainnya, hal ini mengantisipasi apabila data primer mengalami kerusakan atau hilang. Kerusakan data primer disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti kerusakan pada perangkat itu sendiri, data yang corrupt, serangan (virus atau malware), atau menghapus data dengan tidak sengaja. Sehingga ketika sewaktu-waktu data utama hilang, Anda masih dapat mengembalikan data-data secara penuh tanpa adanya kerusakan maupun kehilangan.

Selain itu, ada beberapa manfaat yang diperoleh dari backup yang akan dijelaskan di bawah ini :

  1. 1. Memberikan kemudahan untuk mengakses file dengan cepat
  2. Ketika Anda telah membuat cadangan data (backup), saat data diperlukan dapat diakses dengan cepat hitungan detik saja. Apalagi, kini sudah ada teknologi cloud yang memungkinkan Anda untuk melakukan pencadangan data secara otomatis dan dapat diakses dengan cepat menggunakan koneksi internet.

2. Melindungi perangkat dari kehilangan daya

Tanpa disadari, komputer yang kita miliki rentan terhadap berbagai kerusakan, seperti kerusakan sistem, bencana, pemadaman listrik sehingga merusak kinerja dari hardisk komputer. Dengan begitu, Anda perlu membuat cadangan data perusahaan Anda secara berkala agar Anda tidak perlu khawatir akan hilangnya data penting didalamnya.

3. Memulihkan sistem operasi yang gagal

Pada umumnya, kerusakan pada komputer bisa terjadi karena sistem operasi gagal dalam memproses berbagai program yang terus bertambah setiap waktunya dan ditambah lagi dengan pengalokasian ruang memori yang kurang tepat. Jadi, melakukan backup data dinilai lebih efisien untuk mengamankan data Anda dari kegagalan sistem operasi. Dengan sistem backup berbasis cloud, Anda tidak perlu memakan waktu lama untuk pengadaan barang. Anda cukup menghubungi Elitery untuk berlangganan menggunakan Elivault untuk memudahkan proses backup perusahaan Anda.

Baca selengkapnya : Amankan Data Transformasi Digital Bisnis Anda Bersama ELIVAULT

Pengertian Restore Data

Dalam terjemahan Bahasa Inggris arti restore adalah mengembalikan, jadi restore adalah proses mengembalikan kembali sebuah data atau file ke tempat semula. Jadi misalnya data Anda terhapus secara tidak sengaja, maka Anda masih dapat mencari file data tersebut dalam recycle bin komputer untuk kemudian dikembalikan ke tempat lokasi semula file itu berada, di suatu folder tertentu.
Hal ini juga berlaku untuk sistem maupun aplikasi yang telah terinstall. Lalu bagaimana jika data yang terhapus tersebut sudah tidak berada dalam recycle bin padahal data tersebut sangat penting, masih dibutuhkan dan tidak sengaja terhapus? Tentu saja solusi terbaik adalah memiliki backup data di suatu media penyimpanan lainnya seperti cloud.

Fungsi Restore Data

Prinsip restore bersifat untuk mengembalikan data, file, maupun system dalam keadaan semula. Ada dua jenis restore data, pertama adalah system restore dan yang kedua adalah system image backup. System storage data dilakukan untuk melakukan pengembalian pengaturan software dan sistem aplikasi yang telah terinstall di dalam sistem komputer tanpa mempengaruhi data-data personal yang ada didalamnya.

Jika Anda secara tidak sengaja menghapus data, Anda dapat menggunakan system image backup untuk mengembalikan seluruh sistem aplikasi beserta file-file personal berupa data dan media lainnya. Jadi tipe restore ini lebih menyeluruh karena dapat mencakup restore data beserta sistemnya seperti sedia kala.

Secara prinsip, restore memang hampir sama dengan backup yang memiliki tujuan untuk menyelamatkan data. Bedanya, jika backup ini cara kerjanya dengan cara menduplikasi atau menyalin data, sedangkan restore yang bertugas mengembalikan data maupun sistem sama seperti pada keadaan awalnya.

Baca juga tentang : Ketahui Alasan Utama Anda Membutuhkan ELIVAULT Sebagai Cloud Backup Untuk Menyimpan Data

Pengertian Recovery Data

Recovery data adalah suatu proses pemulihan sistem yang bermasalah agar bisa pulih seperti sedia kala. Recovery pada komputer dilakukan akibat adanya serangan virus atau malware yang menyerang sistem komputer dan menimbulkan kerusakan yang cukup parah. Recovery data sangat tepat dipakai saat tidak memiliki aplikasi antivirus pada sistem komputer.

Melakukan proses recovery data ini dijamin sangat efektif dalam mengembalikan sistem yang error bahkan yang terjangkit virus karena tidak dapat ditangani antivirus. Recovery data juga dapat memulihkan berbagai data yang ada di media penyimpanan seperti hardisk, flashdisk, memory card, kamera digital dan lain-lainnya.

Perbedaan Backup Restore dengan Recovery

Sebelumnya juga telah dijelaskan bahwa recovery ini hampir sama dengan backup dan restore. Ketiga aktivitas tersebut memang saling berkaitan, namun pada nyatanya memiliki pengertian yang berbeda. Backup data adalah tindakan pencegahan yang dilakukan untuk berjaga-jaga apabila data mengalami kerusakan atau hilang.

Biasanya suatu sistem menjadi rusak atau error dapat disebabkan melalui faktor internal dan eksternal. Dari faktor internal misalnya karena kelalaian manusia/human error, kerusakan hardware, maupun kurangnya maintenance dan perawatan. Sedangkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kerusakan sistem dapat terjadi karena sistem terkena virus. Jadi proses backup dilakukan sebelum terjadi adanya kerusakan atau kehilangan.

Sedangkan proses restore adalah kegiatan memulihkan data yang tidak sengaja kita hapus. Biasanya data yang terhapus akan secara otomatis tersimpan di recycle bin. Proses restore dapat Anda lakukan dengan mudah yaitu dengan membuka halaman recycle bin dan lakukan restore. Jadi proses restore hanya dapat Anda lakukan apabila data terhapus ada di dalam halaman recycle bin.

Elivault adalah solusi backup, restore, dan recovery data berbasis cloud di era digital saat ini

Era digital membuat keamanan data menjadi terancam dari berbagai serang virus misal virus ransomware. Untuk itulah, Anda harus segera melakukan perlindungan data dengan proses backup yang cepat dan otomatis berbasis cloud. ELIVAULT Memberikan proses backup dan restore yang lebih cepat, perlindungan data yang lebih baik serta solusi pengarsipan / identifikasi untuk membantu mempermudah mengidentifikasi serta menemukan data secara lebih cepat. Backup merupakan salah satu base perlindungan paling dasar yang wajib dimiliki oleh semua pebisnis dan lapisan masyarakat untuk mengamankan data penting.

Segera beralih menggunakan ELIVAULT dan dapatkan 4 komponen yang ada di dalamnya:

1. Teknologi penyimpanan yang handal

Teknologi penyimpanan data yang kami gunakan menjamin data yang disimpan tetap tersedia sampai dengan 10.000 tahun. Hal ini, kami lakukan agar Anda tidak perlu takut akan kebutuhan data – data lama Anda.

2. Backup software yang mumpuni

Dilengkapi dashboard yang user friendly untuk dapat mengatur kegiatan proses pencadangan (backup), dapat support fisikal maupun virtual server serta terenkripsi AES – 256. Anda tidak lagi melakukan backup secara manual atau lupa tidak melakukan backup karena sibuk.

3. Lokasi Data Center yang Aman

Layanan kami dioperasikan dari Data Center yang bersetifikasi Tier III dan berlokasi di Indonesia. Sehingga dengan ini, data Anda akan selalu aman.

4. Tenaga Support Berpengalaman

Didukung oleh tenaga ahli kami yang bersertifikasi dan berpengalaman dalam melakukan layanan backup. Hal ini menjadikan penilaian client – client kami mempercayakan proses backup dan restore bisnisnya bersama kami. Kami memberikan dukungan optimal dalam situasi apa saja.

Bagi Anda yang memiliki banyak data penting sebaiknya selalu melakukan backup data berbasis cloud dengan ELIVAULT agar tidak khawatir jika sewaktu-data hilang atau rusak. Namun bagi data yang terlanjur hilang atau terjangkit virus sehingga rusak parah, proses recovery bisa jadi solusi akhir yang bisa mengembalikan data-data dan sistem pada komputer Anda.

So, tunggu apa lagi, segera serahkan proses backup dan restore data Anda kepada Elitery sehingga Anda bisa fokus pada pengembangan bisnis utama.

Segera kunjungi website kami di www.elitery.com untuk mempelajari setiap layanan dan produk Elitery atau email ke [email protected] untuk mulai berlangganan ELIVAULT.

 

Elitery
Safeguarding, Accelerating