back
Mengenal-Manfaat-Google-Cloud-Compute-Engine-Dalam-Infrastruktur-IT-Perusahaan-3

Berkembannya teknologi membuka banyak hal baru, salah satunya munculnya Google Compute Engine. Saat ini teknologi cloud bukanlah sebuah pilihan, melainkan sudah menjadi kebutuhan. Untuk itulah kini muncul banyak kemudahan untuk akses cloud, salah satunya melalui Google Cloud Compute ini.

Sekilas Mengenai Google Compute Engine (GCE)

Google Computer Engine atau yang biasa disebut dengan GCE merupakan komponen infrastruktur sebagai layanan yang dibangun oleh Google Cloud Platform. GCE ini dibangun untuk menjalankan berbagai penyimpanan dari Google, YouTube, Gmail serta berbagai layanan penyimpanan lain milik Google.

Melalui GCE, sebagai pengguna Anda bisa meluncurkan mesin virtual (VM) sesuai dengan keinginan. VM ini bisa diluncurkan dari gambar standar maupun gambar khusus yang dibuat oleh masing-masing pengguna. Sebelum meluncurkan VM, sebagai pengguna Anda harus mengautentikasi sesuai dengan OAuth 2.0.  Layanan Google Compute Engine ini bisa Anda akses melalui jaringan Konsol Pengembang, CLI maupun RESTful API

Baca Juga : Apa itu Google Workspace? Inilah Fitur dan Manfaatnya

Compute Engine ini bisa diibaratkan sebagai PC Virtual, yang mana sebagai pengguna Anda bisa menggunakan database serta situs web kecil. Dalam hal ini Anda memiliki kendali penuh untuk mengontrol PC Virtual tersebut termasuk mengontrol drive disk yang diinstal. Namun apabila Anda menggunakan situs web, maka Anda berkewajiban untuk melakukan setting DNS juga.

Dengan layanan komputasi yang aman serta bisa disesuaikan membantu Anda lebih mudah dalam menjalankan mesin virtual dalam infrastruktur Google.

Manfaat dari Compute Engine Untuk Infrastruktur IT Perusahaan Anda

Predefined machine type

Dengan konfigurasi siap pakai maka server yang Anda kelola bisa dijalankan dengan lebih cepat.

Custom machine types

Manfaat yang kedua ini membuat Anda bisa lebih mudah untuk membuat VM dengan jumlah vCPU serta memori sembari menyeimbangkan biaya. 

Spot machines

Manfaat selanjutnya ini mampu mengurangi biaya komputasi sampai 91%.

Confidential computing

Memberikan keamanan untuk data yang paling sensitif saat diproses. 

Rightsizing recommendation

Mampu mengoptimalkan penggunaan sumber daya dengan rekomendasi otomatis. Google Compute Engine hadir dalam berbagai CPU serta ram yang bisa diintegrasikan di berbagai distro linux mulai dari Debian dan juga CentOS. Bukan hanya itu saja, layanan Google Compute Engine juga menghadirkan berbagai administrator di berbagai dunia seperti Eropa, Amerika serta Asia. 

Mulai Integrasikan Google Cloud Compute Engine ke Aplikasi Anda Bersama Elitery

Elitery sebagai Google Cloud Partner bisa menjadi pilihan terbaik bagi bisnis anda dalam pelayanan jasa layanan cloud computing. Kami akan membantu Anda dalam mengintegrasikan Google Cloud Compute Engine ke infrastruktur IT perusahaan Anda dengan Cloud Engineer berpengalaman.

Jika perusahaan Anda membutuhkan provider managed cloud services yang kompeten dan berpengalaman, konsultasikan semua kebutuhan IT bisnis Anda bersama kami di www.elitery.com, email [email protected] dan WhatsApp.