Kegiatan Perusahaan Asuransi Dipaksa Insurtech Untuk Berinovasi Digital

Industri asuransi telah memberikan fasilitas yang kita terima hari ini. Misalnya, stasiun pemadam kebakaran adalah penemuan perusahaan asuransi. Setelah Kebakaran Besar London, perusahaan asuransi membangun stasiun pemadam kebakaran modern untuk memerangi api terhadap bangunan yang mereka asuransikan.

Hari ini, tabelnya dibalik. Perusahaan asuransi dipaksa oleh munculnya teknologi untuk meningkatkan nilai yang mereka bawa kepada klien mereka.

Perusahaan Asuransi Tradisional Dipaksa Oleh Insurtech Untuk Berinovasi

Sebuah perusahaan konsultan asuransi, mencatat 9 cara berbeda di mana perusahaan asuransi dapat menambah nilai pada 2019. Berbagai perusahaan asuransi yang mapan telah memilih jalur ini untuk 4 tujuan yang berbeda.

Perusahaan asuransi tradisional dipaksa untuk berinovasi karena perusahaan asuransi yang lebih kecil dan lebih gesit telah mencapai titik kritis pada 2016. Jika mereka tidak beradaptasi dengan lingkungan baru, jelas bahwa mereka keluar dari bisnis.

Bagi mereka yang tidak terbiasa, perusahaan asuransi menggabungkan teknologi untuk mengatasi titik masalah pada konsumen dan bertujuan untuk memberikan asuransi lebih cepat dan lebih murah.

Dengan demikian, mereka memposting ancaman eksistensial utama bagi perusahaan asuransi tradisional.

Pendekatan termudah – Berinvestasi dalam Startup

Pendekatan lepas tangan adalah salah satu metode bagi perusahaan asuransi tradisional untuk melakukan lindung nilai terhadap asuransi. Mereka memiliki satu sumber daya yang tidak dimiliki oleh perusahaan asuransi baru: uang. Dengan memompa uang ke insurtech, mereka menjadi co-owner dan dapat berbagi kesuksesan dengan para startup digital.

Mereka juga dapat menghindari kekacauan karena harus mengubah budaya secara internal, mengubah proses yang ada dan mengakses teknologi yang lebih baik untuk mendapatkan keuntungan finansial.

Karena ini adalah pilihan yang paling mudah, sebagian besar perusahaan asuransi yang mapan akan memasukkannya ke dalam kerangka kerja mereka. Mereka dapat melakukannya secara langsung dengan modal ventura perusahaan atau secara tidak langsung melalui perusahaan modal ventura eksternal.

Pendekatan Sedikit Keras – Investasikan Inkubator dan Akselerator

Ketika perusahaan baru tumbuh ke tahap di mana mereka layak berinvestasi, mereka telah menunjukkan beberapa tingkat keberhasilan. Dengan demikian, mereka dihargai lebih tinggi. Cara lain adalah dengan menginkubasi perusahaan baru dari awal dan mendapatkan sebagian dari perusahaan mereka tanpa biaya apa pun.

Sebagai gantinya, inkubator harus menyediakan sumber daya yang diperlukan (misal Ruang kerja, mentor, dan sebagainya) dan perusahaan asuransi dapat menjaga ritme bisnis pada inovasi terbaru. Atau, perusahaan asuransi juga dapat mengatur akselerator untuk perusahaan yang telah menunjukkan daya tarik tetapi tidak cukup untuk berinvestasi.

Keduanya lebih mahal daripada investasi langsung ke startup karena mereka lebih mahal di muka dengan periode investasi lebih lama sebelum hasilnya terlihat. Mereka harus menanggung tingkat kegagalan yang lebih tinggi dan bersaing dengan inkubator dan akselerator lainnya di pasar. Karenanya, ini adalah pendekatan yang sedikit lebih sulit.

Pendekatan Paling Sulit – Mengubah Kegiatan Perusahaan Asuransi Secara Internal

Seperti kebanyakan perusahaan mapan, kelambanan adalah masalah utama. Ini adalah prestasi kepemimpinan untuk meyakinkan karyawan bahwa mereka harus mengubah cara mereka bekerja ketika segala sesuatu tampaknya berjalan dengan baik. Bahkan setelah mereka diyakinkan, itu adalah masalah yang sama sekali berbeda untuk mengimplementasikannya. Ini menjadikannya pendekatan yang paling sulit.

Cara yang relatif lebih mudah adalah membeli produk teknologi dari vendor eksternal. Mereka telah dengan mudah membuat solusi untuk diimplementasikan ke dalam sistem. Tantangannya adalah memilih sistem yang tepat dan mengimplementasikannya dengan benar dan juga menentukan arsitektur infrastruktur teknologi informasi yang dapat diandalkan untuk keberlangsungan operasional.

Jika tidak, pemegang jabatan dapat memilih untuk membangun sistem mereka sendiri dengan membuat pusat inovasi, membangun teknologi dan proposisi digital mereka sendiri dengan laboratorium digital mereka sendiri. Pusat inovasi untuk mengidentifikasi solusi memerlukan anggaran yang harus disisihkan untuk pembangunan teknologi. Kerangka kerja pembangunan harus ada untuk mengubah ide menjadi kenyataan. Laboratorium digital dibangun untuk melindungi teknolog dan manajer dari beban kerja rutin harian.

Kesimpulan

Petahana sekarang dalam proses inovasi yang seharusnya menguntungkan konsumen. Akankah mereka menggabungkan upaya mereka seperti bagaimana mereka melakukannya untuk jembatan api pada tahun 1865? Pertanyaan yang lebih besar adalah apakah mereka akan berhasil.

Jika mereka tidak berhasil berinovasi, mereka akan menciptakan ruang bagi startup untuk bangkit seperti bagaimana Google mendominasi sektor mesin pencari.

Perusahaan asuransi juga harus memperkuat infrastruktur teknologi informasi mereka. Kasus pencurian data dan serangan cyber yang menghentikan operasional harus dapat di mitigasi mulai dari awal perintisan insurtech.

Taruhannya tinggi dan kita akan melihat siapa yang akan muncul sebagai pemenang di tahun-tahun mendatang. Terutama jika infrastruktur IT Anda masih mengandalkan in-house atau menggunakan cloud yang terlalu jauh jaraknya dari lokasi yang banyak konsumen mengakses aplikasi Anda.

Berdasarkan pengamatan kami, beberapa perusahaan asuransi Indonesia telah mulai mengeluarkan produk digital. Segera hubungi team Elitery sekarang juga.

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×