Ketahui, Apa Itu Cloud Managed Services dan Betapa Pentingnya Bagi Bisnis Anda

 

Apa-Itu-Managed-Cloud-Services-dan-Betapa-Pentingnya-Bagi-Bisnis-Anda-Rev-2

Di era revolusi industri 4.0 ini, banyak Pemimpin perusahaan telah beralih menggunakan Teknologi Cloud yang dianggap mampu bersaing dengan kompetitor dan memberikan banyak solusi alternatif dan inovatif untuk menjalankan dan mengembangkan usaha semakin berkembang pesat. Sebelum membahas lebih lengkap tentang apa itu managed cloud services dan manfaat untuk bisnis. Anda perlu mengerti apa itu cloud compting?

Pengertian Cloud Computing

Secara konsep, Cloud Computing berarti menyimpan dan mengakses data dan program melalui internet dari lokasi berbeda atau menggunakan komputer dari hard drive komputer kita. Dengan menggunakan Cloud Computing, Anda bisa mengakses data atau program di mana saja, kapan saja, dan dengan perangkat apapun. (K. Chandrasekara, 2018)

Apa Itu Cloud Managed Services?

Cloud Managed Services merupakan istilah yang mengacu pada beragam layanan dengan basis teknologi Cloud  dan internet.Layanan ini memberi akses aplikasi dan sumber daya teknologi informasi kepada pengguna tanpa perlu membangun atau membeli infrastruktur dan perangkat keras internal terlebih dahulu.

Teknologi cloud menawarkan banyak kemudahaan dan keunggulan dari banyak layanan yang tersedia. Kini teknologi cloud banyak diadopsi sebagai tulang punggung infrastruktur bisnis. Persoalannya adalah dalam mengintegrasikan layanan cloud dan aplikasi ke proses bisnis bukan hal yang mudah. Keterbatasan pengetahuan plus sumber daya manusia yang harus mengerti semua serviced dan tools dalam cloud computing menjadi tantangan besar perusahaan. Karena itu, layanan pihak ketiga seperti managed cloud service sangat dibutuhkan bisnis untuk mengatasi keterbatasan yang dimilikinya. 

Baca Juga : Inilah 4 Manfaat Cloud Backup Disaster Recovery

Jadi, pengertian dari Cloud Managed Services adalah layanan cloud yang membantu penggunanya dalam mengoptimalkan penggunaan cloud sesuai kebutuhan, mengelola cloud, serta menjalankan fungsi cloud mana yang ingin digunakan dan dikelolah oleh bisnis baik secara mandiri atau diserahkan sepenuhnya kepada provider layanan. Jadi, apapun fungsi yang diserahkan ke managed cloud service provider akan dikelola dan maintenance langsung oleh mereka secara langsung. 

Jenis pengelolaannya meliputi migrasi cloud, pengelolaan komputasi, storage, jaringan, sistem operasi, serta infrastruktur IT lainnya. Dalam menjalankan teknologi cloud, ada 3 jenis layanan cloud yang menjadi tumpuan Anda dalam memilih jenis layanan diantaranya : Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Software-as-a-Service (SaaS), dan Platform-as-a-Service (PaaS). Model komputasi jaringan transformatif cloud computing dapat dikategorikan menjadi tiga jenis utama, seperti Public cloud, Private cloud, dan Hybrid cloud.

Mengapa Bisnis Anda Sangat Membutuhan Cloud Managed Services?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, peningkatan penyediaan layanan digital pada perusahaan seringkali diiringi dengan perkembangan adopsi layanan cloud yang semakin meluas. Namun, di sisi lain perusahaan tidak memiliki pengetahuan tentang cloud yang cukup memadai untuk mengimbanginya. Managed cloud service provider menghadirkan ahli cloud untuk membantu pengelolaan cloud. Dengan menyerahkan semuanya ke managed cloud service provider, bisnis bisa lebih fokus pada proses dan keberlangsungan operasionalnya. 

Manfaat Bagi Bisnis Anda Jika Menggunakan Cloud Managed Services

1. Hemat Biaya

Menggunakan managed cloud service jelas akan membantu perusahaan menghemat biaya, karena Anda tak akan lagi bertanggung jawab terhadap pengeluaran biaya pengelolaan dan tenaga ahli dalam mengendalikan infrastruktur cloud. Anda hanya perlu sedikit mengeluarkan biaya untuk managed cloud service provider yang digunakan.

2.Upgrade Otomatis

Anda akan dibebaskan dari sulitnya untuk tetap membuat jaringan bisnis selalu update, karena managed cloud service akan melakukan upgrade otomatis pada infrastruktur Anda sesuai kebutuhan.

3.Disaster Recovery

Managed cloud service provider dapat membantu proses disaster recovery perusahaan Anda untuk meminimalisir jumlah downtime di tengah berlangsungnya musibah, sehingga Anda tetap bisa menjaga dan memulihkan data penting yang dibutuhkan.

4.Keamanan Jaringan

Keamanan cloud dan jaringan adalah hal yang kompleks dan membutuhkan ahli dengan kemampuan khusus. Namun dengan managed cloud service provider, Anda akan mendapatkan bantuan tim IT terbaik untuk tetap menjaga jaringan cloud Anda aman dan mencegahnya dari berbagai jenis ancaman serangan siber.

5.Respon Cepat

Tim ahli IT yang ada di managed cloud service provider selalu siap membantu bisnis Anda kapan pun dan di mana pun selama 24/7 nonstop untuk mengatasi berbagai jenis isu cloud yang dialami.

6.Infrastruktur yang Diandalkan

Mengatur infrastruktur jaringan adalah proses yang kompleks dan memakan waktu. Dengan managed cloud service provider, Anda akan mendapatkan ketahanan dan keandalan dari infrastruktur cloud terbaik.

7.Kontrol Terpadu

Menggunakan managed cloud service untuk mendukung infrastruktur cloud memastikan bahwa seluruh kontrol Anda berada dalam satu lokasi, sehingga menyederhanakan administrasi dan dukungan jaringan cloud. Kalau pun ada perubahan atau peningkatan jaringan, pasti akan bisa dilakukan secara mudah dan cepat.

Dapatkan Solusi Cloud Managed Services Berpengalaman dan Terpercaya dari Elitery

stack-elite-cloud-NEW 2

Elitery menawarkan solusi Managed Cloud Services terbaik kepada pelanggannya. Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara menjalankan tools cloud yang kompleks, Anda cukup menyerahkan pengelolaan Cloud bisnis Anda kepada Elitery yang professional dan berpengalaman dalam mengelolah layanan Cloud. Dengan menyerahkan operasi IT ke provider, Anda bisa terfokus pada inti bisnis Anda. Selain itu, Anda bisa lebih hemat dan efisien dalam menjalakan operasional bisnis.

Dapatkan Manfaat jika Anda Menggunakan Managed Cloud Services dari Elitery 

1.Membantu menganalisa kebutuhan Cloud bisnis Anda
2.Memenuhi SLA 99,9%
3.Pemantauan, peringatan, dan pelaporan sistem
4.Pengujian dan penyetelan kinerja
5.Komunikasi proaktif dan dukungan layanann 24×7/365 untuk menghindari resiko downtime dan kegagalan sistem selama menjalankan fungsi – fungsi di Cloud
6.Tersedia kontak dan form untuk mempercepat support atau dukungan
7.Manajemen DNS
8.Manajemen keamanan dan kepatuhan regulasi
9.Pencadangan dan pemulihan bencana
10.Pemantauan jarak jauh terus menerus dari operasi jaringan Anda untuk mendeteksi dan merespons secara agresif potensi masalah.
11.Dukungan dan pelatihan pengembang

Baca Juga : Unduh Cloud Migraton Checklist

Segara percayakan cloud journey bisnis Anda kepada Elitery sekarang juga! Mulai konsultasikan kepada ahli IT kami yang profesional dalam mengelolah cloud. Anda dapat menghubungi kami melalui elitery.com atau email ke [email protected]. Kami siap membantu Anda mencari solusi terbaik, skalabel dan fleksibel.

 

Elitery
Safeguarding, Accelerating

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×