Elivault sebagai solusi Backup as a Service Untuk Menjaga Keberlangsungan Bisnis Anda

Bayangkan jika sistem atau data bisnis Anda terinfeksi virus malware seperti ransomware, server mengalami downtime, terkena imbas bencana yang tidak diharapkan, atau data terhapus seketika akibat kerusakan atau ketidaksengajaan (human error) dan banyak kejadian lain yang dapat menghentikan operasi bisnis Anda. Namun hal ini tidak menjadi perhatian dari banyak perusahaan yang masih mengabaikan dan menganggap bahwa pencadangan data (back up) memerlukan biaya yang sangat mahal sehingga mengabaikan resiko yang dapat mengancam keberlangsungan bisnis. Belum sebagian orang menganggap bahwa backup data dilakukan rumit dan merepotkan. 

Padahal di era digital ini, sudah banyak perusahaan penyedia jasa layanan IT yang menawarkan solusi backup berbasis cloud. Kemudahan penyimpanan data sudah dirasakan oleh banyak perusahaan ditambahkan biaya yang murah dan penyimpanan yang tidak terbatas sesuai pemakaian.

Mengenal Pengertian Backup as a Service 

Backup as a Service  (BaaS) adalah metode penyimpanan data in house (on premise) atau di luar lokasi (cloud) di mana file secara berkala dilempar provider ke penyimpanan data secara aman. Sementara itu, tujuan backup data berbasis cloud adalah melindungi informasi, baik bisnis maupun personal, dari data loss akibat kesalahan pengguna, hacking, atau insiden lainnya. BaaS menghubungkan sistem ke hybrid, private, atau public cloud yang dikelola oleh pihak ketiga (provider). Dengan begini, beban tanggung jawab pemeliharaan dan pengelolaan data tim internal perusahaan selanjutnya akan dilimpahkan ke provider.

Dalam hal ini, Elitery sebagai perusahaan IT managed service telah memiliki layanan backup as service untuk mengamankan data bisnis Anda dan didukung oleh tim profesional yang bersertifikat Internasional. Kemudahan dan kecepatan proses backup dan restore menjadi keunggulan utama dari ELIVAULT dibandingkan layanan backup lain yang masih konvensional. 

Mengenal Cara Kerja Elivaut sebagai Backup as a Service?

1. Dalam menerapkan backup as a service, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari mitra provider yang tepat dan sign up layanannya.

2. Selanjutnya, akan ada assessment berbentuk form yang akan diisi user seperti halnya preferensi penyimpanan data perusahaan untuk menentukan sistem on premise atau on cloud untuk mulai berlangganan

3. Beralih dari assessment, langkah berikutnya adalah download dan instalasi agent yang akan dilakukan oleh tim engineer Elitery yang berpengalaman dalam layanan backup  dan selanjutnya melakukan monitoring backup system. 

  1. 4. Kemudian, provider akan mulai melakukan proses backup sesuai schedule yang telah disepakati. Di sinilah pentingnya bagi Anda memilih provider terpercaya dan bereputasi baik untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses backup seperti Elitery.
  2. 5. Setelah selesai, pihak provider akan memberikan backup report terkait data apa saja yang telah berhasil di backup.

Manfaat dari Elivault sebagai backup as a service 

Backup as a service banyak menawarkan manfaat, sebagai berikut :

1. Kenyamanan (Convenience)

elivault untuk menjaga keberlangsungan
Source: freepik.com

Kenyamanan yang ditawarkan Backup as a service tidak terbantahkan. Penting untuk diketahui bahwa BaaS merupakan layanan yang diotomatisasi. Setelah dipasang, informasi akan disimpan secara otomatis. Anda tidak perlu lagi menyimpan, memberi label, atau melacak informasi secara proaktif. Dengan menggunakan layanan BaaS, Anda bisa memanfaatkan waktu berharga Anda untuk mengerjakan tugas penting lainnya dengan fokus tanpa perlu takut mengalami data loss.

ELIVAULT membuat Anda jauh dari rasa khawatir akan kehilangan data dan dapat berfokus pada pengembangan bisnis. Tak sengaja menghapus data penting? Tak masalah. Anda bisa mendapatkannya kembali menggunakan fitur data recovery yang tersedia dari layanan ELIVAULT kami.

2. Keamanan (Security)

elivault untuk menjaga keberlangsungan
Source: freepik.com

Dengan memanfaatkan layanan BaaS, Anda tak perlu lagi pusing memikirkan berbagai insiden mulai dari peretasan, bencana alam sampai user error yang mengancam data perusahaan maupun individual. Faktanya, data yang disimpan melalui layanan BaaS telah dienkripsi. Dengan begini berbagai resiko yang ditimbulkan data dapat diminimalisir. ELIVAULT telah dilengkapi dengan dashboard untuk dapat mengatur kegiatan pencadangan, dapat support fisikal maupun virtual server serta terproteksi dan terenkripsi AES-256.

3. Multiple Site

elivault untuk menjaga keberlangsungan
Source: freepik.com

Elitery menyediakan Backup as a Service pada beberapa multiple site minimum data center yang telah bersertifikat tier III serta berlokasi di Indonesia. Elitery menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar sehingga memungkinkan Anda untuk menyalin lebih banyak data di sana dan data yang disimpan tetap tersedia sampai dengan 10.000 tahun.

4. Ease of recovery (Mudah Dioperasiokan)

elivault untuk menjaga keberlangsungan
Source: freepik.com

Berkat adanya tingkat redundansi, data yang hilang atau tidak sengaja terhapus akibat user error dapat dengan mudah dipulihkan. Tingkat redundansi pada BaaS sendiri merupakan salinan data yang disimpan di banyak lokasi independen. Perlu diketahui bahwa semakin banyak tingkat redundansi, semakin aman pula data yang terlindungi dari data loss. Jadi, jika seandainya Anda mengalami data loss, Anda masih memiliki banyak cadangan/salinan data yang bisa diakses. 

ELIVAULT dapat memfasilitasi kegiatan backup Anda secara otomatis dan terjadwal sehingga Anda tidak perlu khawatir lupa untuk melakukan backup data atau tidak perlu backup data secara manual.

5. Biaya Terjangkau (Affordable)

elivault untuk menjaga keberlangsungan
Source: freepik.com

Menggunakan layanan BaaS pastinya lebih murah daripada biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tape drive, server, atau elemen hardware dan software yang diperlukan untuk melakukan backup sendiri. Bagaimana tidak, Anda memerlukan storage sebagai tempat menyimpan cadangan data dan staf khusus IT yang bertanggung jawab mengelola dan menangani segala masalah yang muncul di sistem cadangan data. Sedangkan dengan memanfaatkan layanan Elivault BaaS Anda hanya perlu membayar biaya tahunan yang sudah mencakup jasa backup,  pengelolaan, dan pemeliharaan. 

Anda cukup mempercayakan backup data bisnis Anda dengan Elitery sehingga dapat mengurangi biaya operasional bisnis Anda seperti menambah storage, upgrade server dan manual backup. Semua proses akan lebih mudah dan tenang jika Anda mempercayakan kepada provider terpercaya seperti Elitery.

Rekomendasi Layanan Backup as a Service Terpercaya, Aman dan Mudah

Bagi Anda yang sangat sibuk dan tidak punya waktu untuk melakukan backup secara berkala, Elivault solusi backup as service hadir untuk membantu Anda! Dengan menggunakan layanan backup as a service dari Elitery, urusan backup dan restore data Anda akan selalu dipantau dan ditangani oleh tim kami yang profesional dan berpengalaman. 

Baca juga tentang : Elitery Siap Mendukung Terwujudnya Kota Cerdas “Smart City” Dengan Solusi IoT Terdepan dari Elivision

Pelayanan prima selama 24/7/365 yang kami berikan sebagai bukti komitmen kami dalam menjaga keberlangsungan bisnis customers kami. Sebagai mitra IT yang dapat Anda percaya, Elitery memastikan proses backup data Anda berjalan lancar dan aman. Jangan tunda lagi, segera amankan data bisnis Anda dan berfokuslah pada kemajuan bisnis Anda. Segera kunjungi website kami di www.elitery.com dan email di [email protected] untuk memulai free konsultasi. 

Elitery
Safeguarding, Accelerating

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×