back
Elitery bersama AWS berhasil mewujudkan Smart City di Jawa Barat

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat semua hal menjadi mudah dan efisien. Salah satu dengan penerapan teknologi dalam meningkatkan layanan publik. Sebuah perangkat teknologi yang terkoneksi secara online melalui internet mampu memudahkan komunikasi dan informasi ke seluruh penjuru dunia. Hal ini menjadi perhatian khusus dari provinsi Jawa Barat dalam mewujudkan smart city dengan bantuan teknologi terbaru dan inovasi dari penyedia layanan IT dalam hal ini AWS dan partnernya Elitery. 

Hal inilah menjadi pendorong kota-kota besar di Indonesia untuk berpikir dan mewujudkan sebuah kota pintar, kota cerdas yang akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada warganya seiring dengan berkembang dan majunya teknologi. Untuk mewujudkan perikehidupan yang lebih berkualitas dan kota yang berkelanjutan.

Apa Itu Kota Cerdas (Smart City)?

Source : freepik.com

Smart city atau kota cerdas merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

AWS dan Elitery bekerjsama membatu pemerintah provinsi Jawa Barat dalam mewujudkan smart city dengan keunggulan Chatbot SiPANDU dan CCTV Monitoring SiPANON yang berjalan diatas layanan AWS. Inovasi ini dikembangkan dengan sangat efisien membantu provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan layanan publik. Chatbot COVID-19 dapat membantu warga Jawa Barat dalam bertanya dan menerima jawaban secara real time terkait pandemi dan solusi CCTV SiPANON yang berkemampuan machine learning (ML) untuk pengawasan arus lalu lintas dan tindak lanjut jika terjadi pelanggaran lalu lintas dengan cepat dan akurat. 

Elitery memperkenalkan sistem informasi laporan terintegrasinya, SiPANDU, yang mengandalkan database tersimpan di Amazon RDS dan dasboard yang didukung oleh Amazon QuickSight. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga menggunakan Elivision, sistem pemantauan CCTV dari Elitery yang memanfaatkan Amazon SageMaker untuk menjalankan algoritme Machine Learning.

Pendekatan Inklusif untuk Keterlibatan Warga

Source : unsplash.com

Jawa Barat merupakan provinsi terpadat di Indonesia dengan mayoritas penduduknya berada di pedesaan. Komunikasi dapat menjadi tantangan karena masih banyak masyarakat daerah sulit dijangkau teknologi, banyak dari mereka tidak memiliki internet atau saluran telepon di rumah. Salah satu tujuan Provinsi Jawa Barat untuk menjadi Kota Cerdas adalah menyediakan teknologi dan layanan yang dibutuhkan masyarakat dapat tersedia di daerah mereka.

“Fokus kami untuk memastikan bahwa IT kami dapat dirasakan untuk semua warga negara,” jelas Setiaji, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sejak awal pandemi, pemerintah Jawa Barat membutuhkan cara untuk menyebarkan informasi secara efisien dan menanggapi pertanyaan kesehatan dari masyarakat terkait COVID-19. Seperti pertanyaan umum yang sering ditanyakan adalah “Kemana saya harus pergi dan apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki gejala COVID-19?”

Apabila harus menyiapkan call center akan memakan waktu beberapa bulan karena kurangnya infrastruktur telekomunikasi dan IT yang kuat di beberapa daerah yang sulit dijangkau. Sehingga Jawa Barat membutuhkan sistem yang siap pakai untuk mengumpulkan dan menyebarluaskan data tentang kondisi kesehatan masyarakat. Sistem tersebut harus mudah digunakan baik untuk pegawai pemerintah maupun publik seperti SiPANDU chatbot.

“AWS menyediakan solusi yang terbukti aman dalam teknologi yang mereka sediakan, yang mempermudah kami dalam mengalokasikan sumber daya kami untuk mengembangkan layanan bagi masyarakat daripada mengelola infrastruktur IT sendiri.”- Setiaji, Kepala Diskominfo, Provinsi Jawa Barat.

Elitery bersama AWS Mendorong Transformasi Digital di Provinsi Jawa Barat

Source : freepik.com

Dalam mempercepat transformasi digital, Jawa Barat mengandalkan mitra bisnis dan teknologinya yakni Elitery. Elitery adalah mitra Amazon Web Services (AWS) yang menyediakan layanan pengelolaan Cloud. Elitery mengembangkan beberapa solusi Smart City berbasis data dari AWS yang diterapkan dalam lingkup pemerintahan seperti di Jawa Barat.

“Kami menyadari bahwa pemerintah tidak dapat melakukan semuanya sendiri, butuh kemitraan dan kolaborasi,” kata Setiaji. “Kami secara aktif mencari untuk mengalihdayakan beberapa pengembangan dan pekerjaan proyek kami ke AWS dan Elitery sehingga kami dapat bergerak lebih cepat saat memperkenalkan layanan digital public yang baru. Ini sangat berguna untuk lembaga pemerintahan, di mana anggaran dan staf terbatas.”

Jawa Barat telah mengembangkan beberapa aplikasi yang melibatkan masyarakat, seperti aplikasi Sapawarga yang digunakan untuk memberikan informasi dalam pemilihan kepala desa. Solusi yang dibangun dengan infrastruktur AWS adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi tantangan komunikasi yang mendesak selama pandemi.

Meluncurkan FAQ yang User Friendly dengan Aplikasi WhatsApp

Source : elitery.com

Elitery mengembangkan aplikasi sistem informasi laporan terintegrasi yang disebut SiPANDU sebagai alat pelaporan dua arah antara publik dan pemerintah. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menerapkan SiPANDU untuk beberapa layanan mereka. Elitery juga menggunakan chatbot SiPANDU yang berbasis Aplikasi WhatsApp untuk mempermudah dalam menjawab pertanyaan terkait pandemi di Provinsi Jawa Barat.

Chatbot SiPANDU diprogram dengan daftar pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) dan jawaban terkaitnya. Masyarakat mengirim pesan ke nomor telepon yang ditunjuk di WhatsApp dan kemudian menerima informasi secara real-time berdasarkan pilihan menu mereka. Misalnya, mereka mungkin diinstruksikan untuk menekan 1 untuk menemukan lokasi pengujian di daerah mereka atau menekan 2 untuk mengajukan permohonan bantuan. Submenu mengarahkan mereka ke informasi yang lebih spesifik.

Baca juga tentang : Tingkatkan Pelayanan Publik Dengan Sistem Pelaporan SiPANDU Yang Cepat, Tepat dan Terukur dari Elitery

Elitery mengembangkan chatbot SiPANDU menggunakan instant Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) dengan kode berbasis peristiwa AWS Lambda yang menggerakkan pengguna melalui pilihan menu mereka. Ini menggunakan Amazon Relational Database Service (Amazon RDS) untuk penyimpanan dan Amazon QuickSight untuk menjalankan dashboard di backend. Pejabat Jawa Barat menggunakan dasboard dan bagan terkait untuk melihat tingkat aktivitas yang dihasilkan setiap topik dan pertanyaan dalam daftar FAQ.

Solusi Fleksibel dengan Waktu yang Cepat

Source : freepik.com

Sejak diluncurkan pada bulan Mei 2020, chatbot SiPANDU telah diakses lebih dari 150.000 kali, dengan rata-rata 6.000 pengguna per bulan. Karena lebih dari 40 persen penduduk di Indonesia sudah menggunakan WhatsApp, masyarakat tidak perlu menginstal aplikasi khusus atau mengakses komputer untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Masyarakat Jawa Barat, bahkan di daerah terpencil, dapat menjangkau pemerintah secara virtual menggunakan ponsel mereka dan mendapatkan akses mudah ke informasi kesehatan. Elitery memperkirakan bahwa daftar FAQ otomatis menghemat Jawa Barat sekitar 90 persen dari waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk menyiapkan dan menjalankan pusat panggilan.

Dengan dasboard analitik bawaan SiPANDU, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat memvisualisasikan jumlah orang yang mengajukan setiap pertanyaan dan dapat mengubah konten FAQ sesuai pertanyaan. Pemerintah kemudian bekerjasama dengan Elitery untuk memperbarui daftar FAQ setidaknya dua kali sebulan, menambahkan lebih banyak detail untuk melengkapi pertanyaan populer dan memastikan bahwa submenu diatur untuk memberikan aliran informasi yang akurat dan pudah digunakan masyarakat.

Meningkatkan Pengawasan di Jalan-Jalan yang Sibuk dengan SiPANON

Source : unsplash.com

Berdasarkan keberhasilan chatbot SiPANDU, Jawa Barat memilih untuk bekerja sama dengan Elitery pada solusi Smart City tahap kedua, kali ini untuk Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat. Dikenal sebagai solusi CCTV dengan produk Elivision atau dikenal di Provinsi Jawa Barat sebagai SiPANON, solusi ini berspesialisasi dalam pemantauan dan analitik lalu lintas.

Untuk menganalisis kemacetan lalu lintas di jalan-jalan yang sibuk dan pengawasan di semua jalan, Elitery memasang empat kamera CCTV yang terhubung ke dasboard di Amazon QuickSight. Model ML yang berjalan di Amazon SageMaker mendeteksi anomali lalu lintas, seperti saat kendaraan melaju melawan arus lalu lintas atau saat bus berhenti secara ilegal di jalan. Dasboard analitik juga mendeteksi jumlah dan jenis kendaraan di jalan pada waktu tertentu dan menggunakan Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) untuk menyimpan data dan gambar CCTV.

Sebelum adanya sistem pemantauan SiPANON, aparat Pemprov Jabar tidak memiliki gambaran tentang apa yang terjadi di jalanan. Dengan 5.312 desa yang tersebar, hampir tidak mungkin bagi pemerintah untuk mengelola semua jalan dan staf daerah yang sibuk. Namun sekarang, mereka dapat memantau secara langsung dan dapat segera bertindak untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

Setelah menerima peringatan dari sistem yang menandai masalah lalu lintas, operator dapat membuat pengumuman menggunakan pengeras suara yang ditempatkan di dekat kamera atau mengirimkan tiket kerja ke petugas lalu lintas di dekat lokasi yang bermasalah. Lebih lanjut, analitik dasboard di SiPANON membantu menentukan pemantauan lalu lintas dan aturan sistem analitik, seperti kapan menjadwalkan perbaikan jalan dan hari apa kendaraan dengan plat nomor ganjil diizinkan mengemudi. Dinas Perhubungan dapat merencanakan pemeliharaan jalan secara berkala dengan lebih baik ketika mengetahui jalan mana yang memiliki lalu lintas terpadat.

“Solusi CCTV membantu kami menciptakan jalan yang lebih aman dan membuat keputusan yang lebih tepat,” kata Setiaji.

Pemerintah Jawa Barat sedang berupaya menciptakan beberapa Koridor Aman utama di seluruh daerahnya dan alat komunikasi dua arah seperti CCTV dan SiPANDU akan menuju tahap selanjutnya dari pengembangan Kota Cerdas (Smart City) mereka.

Baca juga tentang : Elitery Siap Mendukung Terwujudnya Kota Cerdas “Smart City” Dengan Solusi IoT Terdepan dari Elivision

Perencanaan untuk Masa Depan Kota Pintar

Source : freepik.com

Solusi SiPANDU dan SiPANON Smart City hanyalah permulaan dari apa yang mungkin dilakukan dengan Elitery dan AWS. Menggunakan teknologi yang sama, kedua solusi dapat diperluas untuk kasus-kasus baru dimasa depan. SiPANDU dapat digunakan untuk pelaporan warga secara interaktif dan solusi CCTV SiPANON dapat dilatih untuk mengenali plat nomor untuk membantu pencarian polisi.

Setiaji menyimpulkan, “AWS dan mitranya menyediakan layanan komprehensif untuk membantu mengembangkan solusi Smart City yang memenuhi kebutuhan kita sekarang dan di masa depan. AWS dan Elitery memahami misi kami untuk menjadi pemerintah daerah yang dinamis melalui transformasi digital di layanan publik.”

Sungguh succes story yang sangat menginspirasi banyak pemimpin daerah untuk segera mewujudkan smart city dalam meningkatkan pelayanan publik. So, jangan tunda lagi, segera konsultasikan semua kebutuhan IT dan infrastruktur IT daerah Anda bersama Elitery. 

“Semakin banyak daerah yang menerapkan konsep smart city, maka visi Indonesia Smart Nation akan semakin cepat terwujud,” Cahyana.

Kunjungi website resmi kami di www.elitery.com untuk mengenal setiap produk dan layanan kami untuk mendukung kemajuan bisnis dan instansi Anda.

Sumber artikel : AWS
https://aws.amazon.com/partners/success/west-java-elitery/

Elitery
Safeguarding, Accelerating