back

Apakah Anda pernah mengalami kondisi ketika komputer atau gadget Anda error tapi tidak jelas apa sebabnya. Bisa jadi hal itu adalah karena spyware. Anda juga perlu waspada, karena spyware bisa menyerang siapa saja. Itulah mengapa, penting untuk mengetahui apa itu spyware dan dampaknya.

Pada artikel ini akan kita bagikan ulasan tentang pengertian spyware, contoh-contohnya, dan cara mencegahnya.

Apa Itu Spyware?

Spyware merupakan suatu perangkat lunak yang diinstall untuk memantau target dan apa kegiatan online yang dilakukannya. Bukan hanya itu, informasi atau data penting dari korban bisa dicuri secara ilegal.

Data penting tersebut kemudian disimpan atau dijual secara illegal pula dan menguntungkan pihak yang tidak bertanggung jawab. Pelaku serangan spyware biasanya adalah hacker yang sudah berpengalaman.

Beberapa Contoh Spyware

Setelah Anda ketahui apa itu spyware, maka penting juga untuk mengetahui contoh-contoh spyware yang berbahaya berikut ini.

1. Keyloggers

Contoh spyware yang pertama adalah keyloggers atau monitor system. Pada umumnya keyloggers dibuat secara khusus untuk memantau aktivitas perangkat komputer target.

Keyloggers memungkinkan pelaku kejahatan spyware melihat history pencarian korban, kredensial sistem, email, atau pesan-pesan pribadi.

2. Password Stealers

Pencuri kata sandi atau password stealers pada umumnya menyerang target dengan cara mengambil info semua password yang tersimpan di perangkat milik target.

3. Pegasus

Pegasus spyware yaitu contoh spyware yang dibuat untuk menjadi mata-mata aktivitas online korban secara menyeluruh. Misalnya untuk pengiriman emal, pesan singkat, history pencarian, riwayat transaksi, dan informasi rahasia lainnya bisa dipantau.

Cara Mencegah Spyware Menyerang Data Perusahaan Anda

Memang serangan spyware berbahaya dan Anda sudah menyadari tentang hal tersebut. Tapi, Anda tidak usah cemas. Meskipun tidak mudah, tapi spyware bisa dicegah dengan beberapa carA, yuk simak tipsnya.

1. Jangan Asal Klik Iklan yang Mencurigakan

Berhati-hatilah dalam membuka tautan yang ada pada jendela pop-up di browser. Bisa jadi pop-up ini adalah spyware. Apabila anda terlanjur mengklik tautan tersebut maka spyware bisa terinstall pada perangkat komputer.

2. Tautan Pada Email

Perusahaan sering kali menerima kiriman email dari pihak yang mengaku tertarik dengan produknya atau ingin bekerja sama dalam hal tertentu. Namun biasanya scammer akan menyisipkan tautan yang ternyata saat diklik akan mengunduh spyware ke perangkat anda.

3. Memasang Anti Virus

Langkah yang paling umum mencegah terjadinya serangan spyware adalah dengan memasang anti virus. Dengan begitu, komputer ataupun perangkat yang digunakan dapat terhindar dari serangan tersebut.

4. Menggunakan Layanan Disaster Recovery as a Service

Disaster (bencana) diartikan sebagai peristiwa yang waktu terjadinya tak dapat diprediksi dan bersifat sangat merusak. Pengertian ini mengidentifikasikan sebuah peristiwa yang tiba-tiba, tak diharapkan, bersifat sangat merusak, dan kurang perencanaan. Spyware merupakan salah satu bencana yang dapat menyerang data perusahaan kapan saja. 

Oleh karena itu dibutuhkan Disaster Recovery Plan untuk mengembalikan data-data perusahaan yang sebelumnya terkena serangan spyware. Tim IT Infrastruktur akan melakukan recovery data dan backup aplikasi di sistem DRC (Data Recovery Center) dengan cepat untuk meminimalisir downtime.

Mulai Meminimalkan Kerugian Bisnis Akibat Spyware Bersama Elitery

Itulah penjelasan tentang apa itu spyware, contoh-contoh, dan cara mencegahnya. Elitery menghadirkan Elicovery yang merupakan Disaster Recovery as a Services terbaik dan terpercaya di Indonesia. Dengan pelayanan 24/7, kami dapat mengaktifkan Disaster Recovery kapanpun dan dalam situasi apapun dalam waktu cepat. 

 

Bagi Anda para pelaku usaha atau pemilik perusahaan ini saatnya untuk mempertimbangkan menggunakan Disaster Recovery as a Service (DRaaS) untuk bisnis Anda. Segera hubungi kami melalui email [email protected], website kami di www.elitery.com atau konsultasi ke whatsapp kami

 

Elitery 

 

Safeguarding, Accelerating