back

Tahukah Anda tentang penerapan teknologi cloud computing? Memang hal ini belum banyak didengar masyarakat awam. Tapi, dalam dunia digital teknologi yang satu ini sangat berpengaruh bagi revolusi industri 4.0 yang saat ini berkembang pesat pada berbagai bidang. Lantas, apa yang dimaksud dengan cloud computing? Mari simak ulasanya di bawah ini.

Pengertian Teknologi Cloud Computing

Cloud computing merupakan sebuah teknologi terbarukan tentang komputasi, atau aktivitas penggunaan dan perkembangan teknologi komputer. Teknologi yang satu ini berfungsi untuk melakukan penyimpanan database dan aplikasi agar dapat diakses melalui internet. Selain kemudahan tersebut, Anda juga akan mendapatkan keunggulan lain seperti akses yang cepat, murah, dan fleksibel.

Cara Kerja Cloud Computing secara Sederhana

Cara kerja dari cloud computing ini terbilang sederhana, di mana teknologi ini ibarat jasa penyimpanan barang. Anda hanya membutuhkan koneksi internet 24 jam agar teknologi ini dapat berjalan dengan lancar.

Google sendiri memiliki beberapa jasa penyimpanan gratis yang dapat digunakan untuk penyimpanan, salah satunya adalah cloud storage dengan batas penyimpanan mencapai 15 GB.

Tak hanya jasa penyimpanan data, cloud computing juga sangat erat hubunganya dengan editing dokumen. Jika dengan Microsoft office (Power Point, Excel, Word) Anda melakukan editing secara offline, dengan teknologi cloud computing, Anda bahkan dapat menyimpan atau mengedit dokumen secara bersamaan dengan rekan kerja Anda dimanapun berada.

Ya, Anda dapat mengeditnya secara online. Beberapa aplikasi yang populer di antaranya adalah Spreadsheet, Google Form, Gmail, Slide hingga Google Meet. Untuk Google meet sendiri, aplikasi yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi kegunaannya. Untuk berbagai usia dan kalangan, Google Meet menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam melaksanakan rapat online.

Yang perlu diingat, penerapan teknologi cloud computing juga berperan dalam sistem tersebut. Dengan begitu, segala jenis pekerjaan ataupun bisnis Anda akan semakin terasa mudah, cepat dan efektif.

Contoh Penerapan Teknologi Cloud Computing di Era Digital

Di penjelasan sebelumnya, mungkin akan terasa sedikit rumit jika tidak disertai dengan contoh sederhana. Salah satu contoh sederhana yang sangat berdampak dalam kehidupan sehari-hari adalah dalam penggunaan layanan Google Drive.

Di masa sekarang, Google Drive menjadi ruang penyimpanan data yang tak pernah ketinggalan dalam berbagai aspek pekerjaan, baik untuk kebutuhan pribadi, sekolah, pekerjaan hingga bisnis. Nah, ketika mengakses Google Drive, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tersebut bukan?

Ya, hanya dengan membuka laman Gmail dengan koneksi internet, proses penyimpanan akan berjalan dengan lancar. Lalu, di mana letak penerapan penerapan teknologi cloud computing?

Saat mengakses Google Drive, Anda tinggal menyimpan data tersebut dalam cloud computing di Google Drive. Hal ini akan sangat membantu jika terdapat beberapa masalah di Google Drive itu sendiri. Contohnya, jika perangkat yang Anda gunakan mengalami kerusakan, maka Anda bisa memperbaikinya dengan memulihkan akun tersebut atau restore data dari perangkat. Prosesnya pun akan berjalan dalam waktu singkat.

Mulai beralih ke Teknologi Cloud Bersama Eltiery

Dengan adanya teknologi cloud computing, Anda dapat melakukan kolaborasi bisnis dengan digitalisasi dengan lebih ringkas dan efektif. pilihan yang tepat jika Anda memilih Elitery sebagai partner IT yang kompeten dalam mengelola semua kebutuhan Cloud bisnis Anda. Kami adalah partner resmi dari provider cloud kelas dunia seperti Google Cloud dan AWS. 

Jadi, Tunggu apa lagi?

Segera konsultasikan semua kebutuhan Cloud bisnis Anda kepada tim IT professional kami. Kami siap memberikan solusi terbaik untuk mendukung kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami sekarang juga melalui [email protected] dan www.elitery.com.

 

Elitery

Safeguarding, Accelerating