back

Dalam mendukung pengiriman data ke layanan berbasis cloud diperlukan komponen dalam membangun infrastruktur cloudnya. Komponen tersebut dibutuhkan untuk membantu mengoperasikan layanan dari cloud computing. Komponen yang dimaksud meliputi perangkat keras (hardware), alat virtualisasi, storage, dan juga sumber daya jaringan. Komponen ini seperti halnya bahan – bahan yang dibutuhkan seperti membangun sebuah rumah.

Dalam membangun sebuah rumah tidak cukup hanya batu bata saja, kadang dibutuhkan semen, pasir, atau hal lain agar rumah jadi dan kokoh. Hal ini juga berlaku untuk infrastruktur teknologi cloud. Dalam hal ini dibutuhkan teknologi virtualisasi untuk mengekstraksi sumber daya pada komputer fisik. Kemudian semuanya digabungkan ke dalam layanan cloud.

Baca juga tentang : Mengenal Perbedaan Antara Private Cloud, Public Cloud, dan Hybrid Cloud Dari Cloud Computing

Penyedia layanan cloud dalam hal ini menyiapkan software otomatisasi dan juga alat manajemennya akan menyiapkan lingkungan baru agar penggunanya bisa mengakses apa yang dibutuhkan kapan saja. Jadi infrastruktur cloud merupakan hasil kombinasi dari komponen terintegrasi ke dalam arsitektur tunggal.

Berikut ini adalah 4 komponen penting dalam membangun infrastruktur cloud, antara lain:

1. Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Seperti terlihat bahwa teknologi cloud computing adalah sebuah komputerisasi secara virtua yang telah terkonfigurasi. Meskipun pengguna tidak mengontrol, mengelola dan mengoperasikan hardware di layer fisik, tapi terdapat abstraksi layer pada infrastruktur fisik sebagai pendukung utamanya demi kelangsungan sebuah sistem tersebut. Supaya kualitas dan performanya meningkat, biasanya diperlukan maintenance pada hardwarenya. Dalam hal ini termasuk perangkat keras (hardware) meliputi peralatan jaringan komputer.

Perangkat keras yang dimaksud di antaranya adalah router, saklar, firewall, array penyimpanan, server, penyeimbang beban, dan perangkat cadangan. Server di sini merupakan sistem komputer yang bertugas untuk memberikan layanan tertentu pada jaringannya. Jadi server di sini didukung oleh processor yang sifatnya scalable dan ukuran RAMnya besar. Karena dalam hardware dilengkapi sistem operasi khusus jaringan. Sementara, untuk komputasi awan dioperasikan lewat teknologi virtualisasi. Jadi, semua saling terikat dan bekerjasama dalam satu workstation.

2. Jaringan

Jaringan merupakan media komunikasi atau transmisi dengan menghubungkan beberapa device menjadi satu. Komputasinya berlangsung di pusat data off-premise. Pengguna mengakses dan berinteraksi dengan komponen-komponen ini melalui jaringan private atau public yang mengkomunikasikan data antara dua belah pihak.

Selanjutnya untuk konfigurasi jaringan cloud itu tersusun atas beberapa subnet yang visibilitasnya tidak sama. Cloud mampu membuat jaringan VLAN dengan mudah. Perlu diperhatikan juga untuk berapa besaran bandwidth yang digunakan agar menjaga kualitas dari teknologi cloud. Biasanya bandwidth disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

3. Virtualisasi

Virtualisasi merupakan salah satu bagian elemen inti dari platform awan. Yang dimaksud alat virtualisasi meliputi desktop, virtualisasi pengguna, dan penyimpanan aplikasi. Dalam teknologi ini, pengguna bisa melakukan virtualisasi kepada semuanya. Jadi peran administrator sangat penting sekali karena harus memanajemen fungsionalitas sistemnya. Dengan adanya virtualisasi membuat lingkungan semakin terlihat lincah karena sumber data didapatkan secara cepat dan online sehingga sangat fleksibel.

Dalam dunia virtualisasi, tentu tidak asing dengan istilah hypervisor. Hypervisor adalah sebuah teknik virtualisasi yang memungkinkan beberapa operating system untuk berjalan bersamaan pada sebuah host. Dikatakan teknik virtualisasi karena OS yang ada bukanlah sebuah OS yang sesungguhnya, hanya sebuah virtual machine saja. Tugas dari hypervisor adalah untuk mengatur setiap operating system tersebut sesuai dengan gilirannya agar tidak mengganggu satu dengan yang lainnya. Terkadang, hypervisor juga disebut sebagai Virtual Machine Management (VMM), sesuai dengan tugasnya dalam mengatur beberapa virtual machine. Dengan mengetahui cara kerja dari hypervisor ini, dibutuhkan sebuah virtual machine management dalam membangun sebuah cloud agar bisa mengatur beberapa mesin sekaligus.

4. Penyimpanan

Storage di sini merupakan teknologi yang digunakan untuk penyimpanan data secara online dengan memanfaatkan server virtual sebagai medianya. Ini memudahkan pengguna untuk menggunakan penyimpanan sebagai layanan cloud yang bisa ditambah atau dihapus, tanpa perlu menyediakan hardware secara manual di setiap server.

Berikut ini format penyimpanan dalam cloud :

1. Block storage

Penyimpanan cloud dengan membagi data menjadi blok-blok yang disimpan di sistem penyimpanan berbeda dalam beberapa server. Pemisahan data dilakukan pada lingkungan hardware yang ada. Volume penyimpanan individu bisa dibagi-bagi ke beberapa instansi yang disebut block. Block storage sangat rekomendasi untuk aset data statis.

2. Object storage

File data dibagi atau dipecah menjadi beberapa bagian, masing – masing data dilengkapi dengan pengenal metadata, kemudian disimpan sebagai objek yang tidak terenkripsi. Metode pengenalan metadata dapat dikustomisasi. Object storage sangat rekomendasi untuk aset data yang berubah-ubah secara dinamis.

3. File storage

Penyimpanan data ini mirip dengan hardware lokal di PC. Ini diasosiasikan dengan Network Access Storage (NAS). File storage mudah dikonfigurasi dalam data satu jalur. Sehingga tidak terpecah dalam beberapa bagian.

Nah, sudah tahukan 4 komponen penting dalam infrastruktur cloud. Elitery menyediakan layanan dalam membangun infrastruktur cloud bisnis Anda. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7 secara optimal. Segera, Konsultasikan kebutuhan infrastruktur cloud bisnis Anda dan hubungi kami.

Selain sebagai penyedia layanan cloud seperti ELICLOUD. Elitery juga sebagai manage cloud yang dapat menangani setiap kebutuhan cloud bisnis Anda. Kunjungi website kami di www.elitery.com untuk mempelajari setiap produk dan layanan Elitery. Dapatkan informasi lebih lengkap seputar ELICLOUD dan Managed cloud kami.

Elitery
Safeguarding, Accelerating