back

Indonesia sebagai negara yang berada diantara 2 benua dan 2 samudera, menjadi salah satu tempat yang strategis dalam arus perdagangan dunia. Selain itu letak Indonesia menjadi alasan mengapa sering terjadi bencana alam seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus dan tsunami. Di beberapa kasus sebagian besar wilayah indonesia mengalami kelumpuhan karena hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut yang mengakibatkan banjir terjadi dan mengakibatkan putusnya jalur transportasi dan padamnya aliran listrik yang mengakibatkan banyaknya perusahaan yang tidak dapat menjalani bisnis mereka seperti biasanya sehingga mengakibatkan kerugian hingga milyaran rupiah.

Disaster Recovery as a Service (DRaaS) adalah solusi pemulihan bencana untuk perusahaan anda yang handal, aman dan hemat biaya. Layanan ini memiliki tujuan utama untuk memberikan dukungan end-to-end untuk memulihkan sistem IT anda sesegera mungkin jika terjadi bencana dan melindungi operasi IT Anda serta fleksibel.

Mengapa DRaaS sangat penting dalam perusahaan anda ?

Alasan utama mengapa perusahaan anda harus menggunakan DRaaS tentu agar perusahaan anda terhindar dari kerugian yang tak perlu dan kerugian yang sangat besar. Dimana data berperan penting dalam keberlangsungan operasional perusahaan. Kerugian atas resiko kehilangan data dan informasi yang penting bagi perusahaan. Data berperan sangat krusial dalam keberlangsungan perusahaan terutama dalam pengambil keputusan. DRaaS inilah yang akan memulihkan data anda dari risiko terjadinya bencana, baik bencana alam maupun adanya kesalahan manusia (human error).

Elitery adalah perusahaan yang pertama kali menghadirkan layanan Disaster Recovery as a Service di Indonesia, yaitu pada bulan Februari tahun 2017.

Apa yang dapat Elicovery DRaaS lakukan untuk perusahaan anda ?

  1. 1. Perlindungan data secara kontiniu
  2. 2. Penghematan biaya
  3. 3. Dukungan 24 x 7 x 365
  4. 4. Lokasi data center di Indonesia (Bogor)
  5. 5. Meningkatkan skalabilitas

Elicovery dapat dijadikan sebagai bagian dari rencana kontinuitas bisnis komprehensif bagi perusahaan anda, karena elicovery memberikan solusi yang handal, aman dan terpercaya untuk pemulihan bencana. Elicovery juga memastikan perusahaan anda berinvestasi secara efektif dan efisien dalam menerapkan strategi pemulihan bencana dan memberikan fleksibilitas bagi perusahaan anda dalam menentukan solusi optimal untuk kebutuhan disaster recovery

Pertimbangan yang diperhatikan dalam memilih provider DRaaS ?

Jika DRaaS adalah suatu solusi yang tepat untuk perencanaan pemulihan terhadap bencana bagi perusahaan anda, langkah yang terpenting adalah memilih provider DRaaS yang tepat dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk pemulihan terhadap bencana. Berikut adalah pertanyaan yang harus dipertimbangkan menurut analis George Crump:

  1. 1. Sumber daya DR apa saja yang tersedia untuk pemulihan bencana? 
  2. 2. Kondisi seperti apa yang bisa dikatakan bencana ?
  3. 3. Bagaimana cara pelayanannya ?
  4. 4. Sejauh mana prosedur pemulihan mempengaruhi akses data center sekunder saat terjadi bencana dan siapa yang mengelolanya?
  5. 5. Layanan berupa apa saja yang akan Anda dapatkan dari provider?
  6. 6. Berapa biaya yang ditawarkan?
  7. 7. Bagaimana proses pengujian pemulihan pasca bencana yang ditawarkan oleh provider DRaaS ?

Mengingat bahayanya dampak bencana pada keberlangsungan bisnis perusahaan anda, sudah saatnya anda mempertimbangkan untuk menggunakan DRaaS. Namun, sebaiknya pastikan provider yang anda pilih sudah terbukti mampu menyediakan DRaaS secara optimal dan terpercaya, seperti Elitery yang memanfaatkan Elicovery solusi Disaster Recovery as a Service yang sudah berpengalaman dan terbukti kehandalannya.

Elitery

Safeguarding, Accelerating