back

Perkembangan teknologi digital di Indonesia saat ini terjadi di semua aspek bisnis, cara bisnis pun berubah dengan sangat dinamis, metode pembayaran digital, pelayanan online dan layanan publik lainnya menunjukkan adopsi yang sangat cepat.

Tentu saja pelaku bisnis perlu beradaptasi untuk mengantisipasi transformasi digital ini agar tetap bertahan dan berkembang. Fondasi utama dalam transformasi digital adalah Infrastruktur IT. Diperlukan perencanaan dan implementasi yang matang agar infrastruktur perusahaan bisa mengantisipasi perkembangan teknologi yang ada serta dapat bertahan di era digital ini.

Ada beberapa data yang menarik dari IDC, berikut spending yang berkaitan dengan transformasi digital dan dampaknya terhadap kesiapan infrastruktur IT di Indonesia :

– Spending di industri Information Teknologi Komunikasi akan naik 16% menjadi Rp 394 triliun di tahun 2020 ini.

– Khusus untuk spending di Teknologi Informasi, diluar biaya komunikasi akan mencapai Rp 150 triliun dan pada tahun 2020 naik 25% dari tahun 2017.

– Spending Layanan IT akan naik sebesar 61.1%, pada tahun 2020 menjadi Rp 29 triliun dari Rp 18 triliun di tahun 2017.

– Spending di pembelian Software akan naik 33% menjadi Rp12 triliun di tahun 2020, dari Rp 9 triliun di tahun 2017.

Industri keuangan adalah penyumbang terbesar dalam peningkatan-peningkatan yang terjadi di sisi spending IT, dikarenakan terjadi perubahan yang sangat dinamis pada sebuah industri dengan bermunculannya para pelaku startup fintech.

Melihat perubahan yang sangat cepat terjadi, kami melihat secara langsung banyak pelaku bisnis yang secara internal belum memiliki kemampuan dan kompetensi untuk bisa melakukan perencanaan dan implementasi IT infrastruktur yang komprehensif dan terintegrasi.

Elitery dengan pengalaman lebih dari 14 tahun yang didukung tenaga IT yang bersertifikasi serta berpengalaman di bidang IT infrastruktur telah berhasil mensupport dan memanage di 114 enterprise dengan lebih dari 1000 sites. 

Dengan menjadikan Elitery sebagai partner maka manfaat yang bisa perusahaan Anda dapatkan adalah:

  1. 1. Mengendalikan biaya IT 

Dengan melakukan IT outsourcing, maka akan merubah biaya tetap IT menjadi biaya variabel dan membuat Anda membuat penganggaran dengan lebih efektif, dikarenakan anda membayar hanya yang team anda gunakan ketika diperlukan.

  1. 2. Menurunkan biaya tenaga kerja

Diperlukan biaya yang tinggi untuk merekrut dan melatih IT staff dan seringkali banyak karyawan yang direkrut tidak memenuhi kriteria yang diharapkan perusahaan. Dengan melakukan IT managed service outsourcing maka Anda bisa lebih fokus ke bisnis dan sumber daya manusia utama Anda.

  1. 3. Terlatih, Berpengalaman, Berkualifikasi, Bersertifikasi

Jika team IT kita tidak terlatih, bagaimana kita bisa memastikan bahwa karyawan yang kita miliki bersertifikasi? Sertifikasi sangat penting tapi pengalaman jauh lebih penting. Maka dari itu dengan melakukan IT outsourcing perusahaan dapat lebih tenang dan siap  menghadapi transformasi digital

  1. 4. Berkualifikasi belum tentu berpengalaman 

Dalam konteks IT operation, pengalaman dalam menghadapi masalah lebih diperlukan kurang lebih analogi yang sama dalam kondisi penanganan medis, dimana kita lebih memerlukan dokter dengan jam terbang yang tinggi.

  1. 5. Meningkatkan efisiensi dan daya saing 

Organisasi yang mencoba melakukan sendiri IT services (in house) akan memerlukan biaya dan waktu yang lebih tinggi untuk melaksanakan riset, development dan waktu implementasi. Dengan bekerjasama dengan Elitery dengan, pengalaman, sertifikasi dan inovasi yang dimiliki akan mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan.

  1. 6. Implementasi teknologi terkini dengan lebih cepat

Elitery dengan sumber daya yang berkualitas, dengan pengalaman dan kompetensinya akan membuat anda bisa menjalankan proyek-proyek IT dengan lebih cepat, efektif dan efisien.

  1. 7. Fokus ke bisnis Anda

Setiap bisnis memiliki resource yang terbatas, dan setiap manajer juga memiliki keterbatasan waktu dan perhatian. Dengan melakukan IT outsourcing ini maka anda bisa fokus ke bisnis utama Anda dan tidak terganggu fokusnya dengan pengambilan keputusan IT yang rumit.

  1. 8. Mengurangi resiko

Setiap keputusan bisnis yang diambil memiliki resiko di dalamnya. Perubahan di sisi, target market, pesaing, peraturan pemerintah, kondisi keuangan dan perkembangan teknologi terjadi dengan sangat dinamis. Dengan berpartner dengan Elitery, dengan pengetahuan yang mendalam di industri terutama di bidang security dan compliance maka akan membantu perusahaan Anda untuk menghindari resiko yang tidak perlu.

  1. 9. Menyamakan level persaingan 

Banyak pemilik UMKM yang belum memiliki kemampuan untuk bisa melaksanakan transformasi digital seperti yang perusahaan besar bisa lakukan. Dengan melakukan IT outsourcing maka para pelaku bisnis bisa memiliki akses yang sama untuk mendapatkan teknologi terkini.

10. Compliance dan Security

Apakah firewall up to date? Apakah Anda sudah menginstall DMZ installed? Apakah Anda pernah meng audit Workstations dan Server Anda? Apakah perusahaan Anda sudah mengimplementasikan standar PCI DSS di sistem Anda? Diperlukan kemampuan dan pengalaman yang tinggi agar hal-hal tersebut diatas bisa dijalankan dengan baik.

Percayakanlah Elitery untuk men support infrastruktur IT/cloud Anda, dan kembangkanlah bisnis Anda dengan lebih cepat!

 

 

 

  • Elitery
  • Safeguarding and Accelerating