Tips memilih Layanan Cloud Computing Untuk Bisnis Anda

Di masa memasuki New Normal ini, layanan Cloud computing merupakan salah satu sistem yang sangat penting untuk kemajuan bisnis Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa memilih cloud computing bukanlah perkara yang mudah. Jika Anda hendak mencari layanan cloud computing, Anda akan mendapatkan beberapa referensi yang mungkin akan membuat Anda bingung. Anda akan dihadapkan kepada banyak pilihan providers data center Indonesia maupun secara global.

Tentunya sekarang ini banyak perusahaan IT yang menyediakan data center serta layanan cloud computing, namun Anda harus cermat dan jeli memilih partner bisnis yang menyediakan layanan cloud computing untuk bisnis Anda.

Elitery memiliki beberapa tips untuk Anda agar dapat memilih provider Data Center dan layanan cloud yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda:

Performa Layanan

Hal yang pertama yang patut menjadi pertimbangan Anda adalah performa layanan. Anda harus memastikan bahwa aplikasi dan layanan yang Anda punya mampu bekerja dengan baik dengan teknologo cloud computing. Biasanya provider data center atau penyedia layanan akan terlebih dulu memberikan masa percobaan atau trial kepada Anda. Anda harus memanfaatkan masa trial ini dengan baik untuk mengetahui seluk beluk mengenai performa komputasi Anda dengan cloud computing yang akan Anda terapkan.

Biaya

Biaya layanan merupakan hal kedua yang sepertinya harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih provider data center untuk cloud computing Anda. Anda bisa mempertimbangkan masalah biaya dengan membandingkan antara layanan yang satu dengan yang lainnya. Namun Anda tetap harus ingat dan tetap menggunakan logika jika layanan yang memiliki spesifikasi lebih baik pasti akan memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Dengan kata lain Anda harus membandingkan layanan berdasarkan tingkat kualitas yang sama.

Keamanan Data

Keamanan data pastinya menjadi hal yang paling penting dalam memilih data providers. Anda harus teliti dan memastikan bahwa perusahaan penyedia jasa atau layanan memiliki mekanisme serta aturan yang baik dalam hal keamanan data anda yang disimpan. Keamanan ini harus dijamin dalam segala lapisan seperti lapisan fisik, virtual sampai dengan individu yang mengoperasikannya.

Lokasi Data

Dalam hal lokasi data, kebijakan dari organisasi andalah yang akan berperan. Sebagai contoh, jika anda memiliki organisasi yang bergerak dalam hal financial, maka mungkin anda harus memilih providers data center yang ada di Indonesia. Biasanya anda akan ditawari layanan yang bernama private cloud.

Pemindahan Data

Pemindahan data terkadang menjadi sesuatu yang penting. Oleh karena itu, pilihlah providers data center yang memberikan kemungkinan bagi data anda untuk dipindahkan dari satu penyedia ke penyedia lain atau ke data center yang anda miliki sendiri. Dalam hal ini, biasanya penyedia akan memberikan sebuah format standar yang bisa digunakan untuk memindahkan data anda kepada platform yang berbeda.

Backup Data

Anda harus menerapkan pemikiran bahwa tidak ada provider data center dan juga cloud computing yang sempurna, walaupun sekelas cloud computing global sekalipun. Terkadang akan ada bencana maupun beberapa gangguan pada layanan. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih provider data center, tanyakanlah kepada mereka apakah mereka memiliki sistem backup data atau pemulihan bencana pada data anda dalam kurun waktu yang diinginkan. Hal ini penting sekali untuk anda tanyakan.

Dari berbagai tips yang telah disampaikan, Elitery merupakan perusahaan IT yang dapat menjamin dapat memberikan layanan cloud computing sesuai dengan keperluan serta menjamin kemanan data dan kemudahan migrasi data Anda.

Segera kunjungi website kami di www.elitery.com untuk menjadi client kami serta Percayakan keamanan data Anda bersama Elitery. Mari terus terapkan social distancing untuk meminimalisir penyebaran virus dan penyakit lainnya.

Elitery
Safeguarding, Accelerating

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×