Seberapa Pentingnya Data Security Bagi Keberlangsungan Bisnis Anda?

Untuk mengawali artikel ini, mari kita samakan pengertian terlebih dahulu mengenai apa itu data dan seberapa berpengaruhnya data tersebut terhadap keberlangsungan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Apa Itu Data Security?

Apa Itu Data Security?

Data bagi perusahaan merupakan kumpulan berbagai informasi mengenai perusahaan dan kepentingan perusahaan tersebut. Data tersebut dapat dihimpun menjadi database sehingga menjadi sebuah kumpulan data yang terorganisasi dan dihubungkan satu sama lain untuk memudahkan pencarian informasi.

Data tersebut dapat diperiksa, diolah, ataupun dimanipulasi menggunakan program komputer untuk kepentingan perusahaan.Kemudian, bagaimana sekumpulan informasi tersebut dapat mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda?

Sebelumnya Anda perlu memahami mengenai apa itu data security. Data security adalah sebuah prosedur dengan dukungan dari regulasi dan teknologi untuk melindungi data dari perusakan data, modifikasi data, serta penyebaran data baik yang disengaja maupun tidak. Upaya tersebut dengan kata lain merupakan perlindungan terhadap data digital yang bersifat privat untuk mencegah akses yang tidak diinginkan terhadap komputer, database, maupun website.

Baca juga tentang : 10 Alasan Kenapa ELICLOUD Menjadi Sangat Dibutuhkan UKM Indonesia Saat ini

Data tersebut dapat mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda karena tidak jarang data yang Anda miliki merupakan informasi yang bersifat rahasia untuk umum. Jika nantinya data atau informasi tersebut bocor ke tangan yang salah, dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan tentu saja dapat mengancam keberlangsungan bisnis Anda.

Jenis Keamanan Data yang Bisa Anda Terapkan

  1. 1. Enkripsi Data
    Suatu proses teknis untuk mengubah informasi menjadi kode rahasia, sehingga mengaburkan data mentah yang Anda akan kirim, terima, atau disimpan. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan sebuah algoritma yang berfungsi untuk mengacak data, sebelum pihak penerima memulihkan kembali data yang diacak tersebut menggunakan kunci dekripsi.

    2. Kontrol Akses

    Jenis tindakan data security ini bekerja dengan membatasi pengguna untuk mengakses suatu sistem, jaringan ataupun data penting. Sistem akses kontrol sama dengan pintu biasa yang menggunakan gembok untuk mengunci dan kunci untuk membukanya. Akses ini harus diatur berdasarkan kewenangan karyawan.

    3. Autentikasi

    Untuk menunjang kontrol akses, autentikasi adalah suatu proses identifikasi pengguna secara akurat sebelum mereka memiliki akses ke dalam sebuah sistem, jaringan, atau data. Praktik dari jenis keamanan data ini biasanya mencakup hal-hal seperti wajib memasukkan kata sandi, nomor PIN, token keamanan, kartu gesek, atau biometrik.

4. Cloud Backup and Recovery

Cloud backup atau pencadangan cloud adalah layanan dimana data dan aplikasi di server bisnis dicadangkan dan disimpan di server jarak jauh. Server yang jauh itu dapat diakses lewat internet, sehingga tidak perlu repot melakukan kunjungan atau hal repot seperti yang kamu bayangkan.

Elitery sebagai penyedia layanan IT Infrastruktur di Indonesia tentu akan mengambil peranan penting dalam tindakan data security. Kami menawarkan solusi Cloud Infrastructure untuk menjamin keamanan data yang Anda miliki. Dengan layanan cloud kami, Anda mendapatkan banyak benefit di antaranya adalah layanan yang reliability, security, visibility, serta continuous improvement yang terus kami lakukan dalam menjalankan data security.

Hubungi kami sekarang juga melalui www.elitery.com dan email [email protected] untuk membantu Anda menemukan solusi IT terbaik bagi bisnis Anda.

 

#mulaibersamaElitery

Your Elite DR Solution Partner

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×