back

Apakah anda sering mendengar istilah Cloud computing service? Jika anda pernah sepintas mendengar atau bahkan belum pernah mengetahui istilah itu, maka secara garis besar Cloud computing service adalah sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi dari pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer kapan dan di manapun dengan akses internet.

Tentunya dari penjelasan singkat tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi cloud service dapat memudahkan segala bentuk kegiatan dan kebutuhan bisnis yang sedang kita jalani. Namun apakah anda tahu bahwa teknologi cloud ini dapat digunakan di berbagai sektor bisnis? Berikut ini beberapa sektor dan segmen layanan yang telah menggunakan cloud computing service untuk menyimpan data dan operasional perusahaan:

Perbankan, Layanan Keuangan, dan Asuransi
Inovasi merupakan salah satu alasan mengapa cloud semakin diminati oleh bank. Bank selalu mencari cara untuk dapat menawarkan nasabah mereka berbagai inovasi layanan dan fitur terbaru di berbagai platform dengan cepat, guna meningkatkan keunggulannya. Cloud menjadi jawaban karena menawarkan sebuah kemampuan yang optimal untuk pengiriman layanan ke berbagai platform tersebut. Hal ini memicu meningkatnya ketertarikan bank terhadap teknologi ini, terutama pada solusi orkestrasi cloud untuk mengelola banyak aplikasi yang tersebar di lintas data center.

Cloud menawarkan kesempatan bagi bank untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan dalam menguji dan menerapkan layanan baru, yang dibutuhkan oleh nasabah serta karyawan mereka sendiri. Dengan siklus pengembangan layanan yang lebih singkat, meningkatnya permintaan akan layanan-layanan baru semakin meningkat serta penolakan terhadap software yang belum sepenuhnya siap, semakin banyak bank menggunakan cloud sebagai platform untuk uji coba layanan.

TI dan Telekomunikasi
Bagi pelaku bisnis yang bergerak di bidang telekomunikasi, memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggan adalah hal yang utama. Keluhan pelanggan harus segera ditindaklanjuti agar mereka merasa puas dengan layanan yang diberikan. Untuk memberikan solusi bagi pelanggan Anda yang sedang mengalami masalah, tentu saja ketersediaan informasi memainkan peranan yang cukup penting.

Akses informasi yang praktis dari cloud backup memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi identitas pelanggan, alamat, layanan yang digunakan, dan hal lainnya seputar keluhan yang disampaikan sehingga bisa segera memberikan solusi yang tepat untuk pelanggan anda. Bandingkan jika Anda perlu mengakses informasi tersebut hanya dari satu hardware khusus dan harus bergantian untuk bisa memakainya. Tentunya hal ini sangat tidak efisien dalam menangani permasalahan tersebut.

Barang Ritel dan Konsumen.

Banyak pelaku bisnis di bidang retaill dari seluruh dunia memilih menggunakan Cloud computing karena disertai dengan kemampuan Internet of Thing (IoT) yang sangat mumpuni . Penggunaan cloud computing memungkinkan perusahaan retail mengontrol apapun terkait perawatan dan juga pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan. IoT membantu retail untuk mengetahui lalu lintas input dan output dengan mengidentifikasi produk yang paling laris dan menganalisa trend yang berkaitan dengan perilaku konsumen. Stock Opname sebuah toko retail dapat dilakukan secara otomatis, jadi sistem dapat dijadwalkan secara otomatis dengan reliabilitas yang tinggi sehingga anda bisa tahu kapan harus membeli lagi. Di sisi yang lain, IoT dapat mengontrol produk -produk makanan sehingga bisa dipastikan bahwa produk -produk tersebut tidak ada yang busuk saat dipajang di rak toko anda.

Sektor Pemerintah
Badan Pusat Statistik (BPS) telah membuktikan sendiri betapa pentingnya teknologi cloud dalam membantu mereka mengirim data. Kegiatan pengumpulan data melalui survei yang dilaksanakan BPS mencakup seluruh geografis di Indonesia, baru setelah itu diolah untuk didistribusikan. Dulu, pengolahan data dilakukan secara berjenjang dan seluruh proses tersebut dilakukan secara manual, yang tentu saja memakan waktu. Terlebih, pengolahan datanya tidak real-time karena masih terpisah-pisah. Nah, melalui teknologi cloud, setiap kantor BPS baik di tingkat pusat, provinsi, hingga kota/kabupaten dapat terhubung dengan internet. BPS tak perlu lagi mengirim data secara manual ke bagian pusat karena semua data tersimpan dalam cloud dan bisa diakses oleh semua kantor BPS sesuai dengan hak akses yang diatur.

Dari beberapa segmen industri yang ada, tentu industri anda menjadi salah satu sektor yang dapat menggunakan cloud computing service untuk menyimpan data dan mempermudah kegiatan bisnis yang anda miliki. Bersama dengan Elitery sebagai partner IT terpercaya anda, kami menyediakan ELICLOUD sebagai cloud computing service untuk membantu anda menyimpan data perusahaan secara aman dan mempermudah operasional bisnis anda sehingga dapat berjalan dengan lancar, sehingga margin revenue semakin menigkat. Segera kunjungi website Elitery untuk informasi lebih lanjut mengenai ELICLOUD dan persiapkan perusahaan anda untuk mulai merasakan manfaat dan kemudahan dari cloud computing service yang Elitery sediakan.

Elitery

Safeguarding, Accelerating