back

Di masa kini, Data center dan cloud adalah teknologi yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan. Meskipun begitu, ternyata masih cukup banyak orang yang salah paham dan mengira bahwa kedua produk ini adalah sama.

Sebab, keduanya digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Padahal, sebenarnya kedua produk ini memiliki perbedaan yang cukup besar. Kurangnya pengetahuan mengenai apa itu cloud dan apa itu data center yang terkadang membuat Anda sebagai orang awam menjadi salah paham.

Elitery sebagai perusahaan penyedia layanan IT Infra memiliki kedua layanan tersebut. Supaya lebih jelas, pada artikel ini terlebih dahulu kami akan membahas mengenai Data center .

Apa itu Data center? Data Center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Fasilitas ini biasanya mencakup juga daya cadangan , koneksi komunikasi data redundan,arsitektur penempatan seperti sirkulasi udara dan pendingin, pencegah bahaya kebakaran, serta fungsi keamanan dari perangkat .

Berikut beberapa jenis layanan utama yang Elitery miliki sebagai perusahaan penyedia Data Center;

Colocation Data Center. Penyewaan ruang server beserta infrastrukturnya, baik untuk operator telekomunikasi, perusahaan jasa aplikasi online, perusahaan teknologi informasi, content provider, perusahaan besar dengan cabang tersebar, UKM yang sedang berkembang ke arah perusahaan besar. Layanan colocation ini dapat menghemat modal dan biaya operasional anda.

Disaster Recovery as a Services

Layanan ini menyediakan solusi persiapan menghadapi gangguan aktivitas operasional IT perusahaan seperti banjir, demo kerusuhan anarkis, teror bom, gempa bumi, longsor dan bencana alam lainnya. Mulai dari penempatan perangkat IT perusahaan, ruang penyimpanan backup data yang selalu dapat diakses setiap saat , bahkan sampai kantor sementara pun disediakan oleh Elitery.

Managed Services. Kami memberikan layanan manajemen perangkat jaringan, monitoring jaringan, load balance jaringan, penyimpanan cadangan terjadwal, instalasi virtual server, konfigurasi cloud server, sampai keamanan server dan jaringan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Data center ,Selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan utama yaitu dengan perkembangan teknologi maka terjadi perkembangan yang dinamakan Cloud Computing atau komputasi awan. Di Indonesia sendiri pengguna layanan cloud semakin meningkat. Di Indonesia sendiri pengguna layanan cloud semakin meningkat. Menurut data IDC (International Data Corporation) rata-rata pertumbuhan industri pasar cloud di Indonesia berada di kisaran 22-36 % per tahun.

Kemudian, Apa itu teknologi cloud computing? Cloud computing atau komputasi awan adalah sistem komputasi yang berfungsi sebagai penyimpanan, pengelolaan, pemrosesan data pada server melalui internet sebagai medianya. Elitery menyediakan IaaS atau Infrastructure as a Service sebagai layanan berbasis cloud.

Infrastructure as a Service (IaaS), merupakan bentuk dari cloud computing yang menyediakan sumber daya komputasi melalui internet. Beberapa contoh IaaS seperti Internal Business Networks, Cloud Hosting dan Virtual Data Centre. Perusahaan penyedianya seperti Amazon Web Services, Rackspace, Windows Azure, Google Compute Engine, dan lainnya.

Perbedaan mendasar antara layanan Data Center dan Cloud computing adalah pada bentuk fisik dan non fisik. Cloud merupakan bentuk non fisik dari penyimpanan data melalui internet. Sedangkan data center adalah bentuk fisik penyimpanan data pada perangkat keras.

Dari informasi di atas, Anda dapat mulai menyimpulkan layanan mana yang dibutuhkan oleh bisnis yang sedang Anda jalani sekarang, serta apakah layanan tersebut dapat menjadi investasi di masa depan terhadap bisnis Anda.

Apapun layanan yang Anda pilih, Elitery siap memberikan service terbaik dengan jaminan SLA 99%. Segera kunjungi website kami di www.elitery.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai seluruh produk kami.

Elitery

Safeguarding, Accelerating