20 Faktor Utama Dalam Upaya Mencapai Transformasi Digital

Transformasi digital saat ini sudah bukan menjadi suatu keinginan, akan tetapi sudah menjadi kebutuhan bagi setiap bisnis dan organisasi. Dalam mencapai transformasi digital yang efektif, sangat penting untuk mengetahui langkah dibalik kesuksesan sebuah transformasi digital.

Faktor Utama Untuk Mencapai Transformasi Digital Yang Efektif

Transformasi digital berarti lebih mempersingkat proses, mempermudah layanan dan mempercepat inovasi. Keunggulan daya saing akan terus didasari dari bagaimana bisnis mencapai transformasi digital yang efektif.

Baik untuk bisnis yang sudah dalam proses transformasi digital atau baru berencana melakukan digitalisasi bisnis, berikut 20 faktor utama dalam mencapai transformasi digital yang efektif.

Pada awalnya, transformasi digital dimulai dari pola pikir yang beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin digital. Berikut pola pikir yang sangat mempengaruhi dalam menentukan kesuksesan transformasi digital.
Sangat penting untuk memastikan pihak yang terlibat telah memiliki keyakinan pada transformasi digital. Ini akan berguna untuk mengatasi hambatan dalam mencapai transformasi digital.

Tetapkan Misi Utama

Banyak perusahaan gagal dalam melakukan transformasi digital karena menganggap bahwa teknologi merupakan hal utama yang harus dilakukan. Sebetulnya, teknologi memiliki tujuan untuk membantu bisnis dalam mengatasi tantangan. Oleh karena itu, untuk mencapai transformasi digital yang efektif, anda harus mulai dari pemikiran mengenai nilai yang akan diberikan ke pasar. Setelah itu, pikirkan bagaimana teknologi dapat mendukung hal tersebut.

Berkomitmen Penuh

Transformasi digital berarti juga membutuhkan manajemen perubahan. Transformasi digital yang efektif hanya dapat dicapai dengan komitmen penuh pada seluruh komponen organisasi. Oleh karena itu, akan ada pihak yang bertahan dan keluar dari perusahaan Anda.

Berikan Bukti

Mendiskusikan ide transformasi mungkin terdengar selalu bagus, akan tetapi disini banyak yang terjebak lebih lama dalam berdiskusi ide transformasi. Segera tunjukkan bukti tentang apa yang dapat dikerjakan dan memberikan manfaat bagi bisnis Anda.

Transparansi

Pada praktiknya, transformasi digital adalah kerjasama seluruh elemen di perusahaan Anda. Jika seluruh pihak harus terlibat, ini berarti seluruh informasi mengenai transformasi digital harus sampai ke seluruh bagian. Pastikan seluruh rencana aksi telah di informasikan dan diterima oleh masing-masing pihak di perusahaan Anda.

Berpikir Lebih Luas dari Web dan Sosial

Teknologi digital semakin berkembang. Pastikan Anda telah melihat dan mempertimbangkan seluruh platform teknologi digital yang ada untuk mencapai transformasi digital di perusahaan Anda.

Konsultan Transformasi Digital

Ibarat dalam mendaki sebuah gunung. Untuk mencapai ‘puncak kesuksesan’ tentunya perjalanan Anda akan lebih lancar jika ditemani oleh pihak yang sudah berpengalaman. Mulai dari bisnis retail hingga perbankan dan fintech, Elitery telah berpengalaman dalam menemani mereka untuk mencapai transformasi digital yang sukses. Silahkan lihat testimonial dari client Elitery.

Hindari Pihak Yang Menghambat

Pesimisme dapat muncul, baik dalam tahap rencana maupun pada proses transformasi digital. Anda hanya dapat mempercayai pihak yang memiliki optimisme, karena pada dasarnya, arsitektur teknologi selalu dapat merumuskan infrastruktur IT untuk mengatasi hambatan.

Edukasi Seluruh C-Level

Dewan direksi mungkin beranggotakan orang-orang yang konservatif. Pastikan Anda telah memberikan pemahaman yang tepat mengenai kebutuhan dan manfaat dalam mencapai transformasi digital. Jika ada satu C-Level saja yang masih kurang yakin, maka ini dapat menghambat rencana dan proses transformasi digital Anda.

Tingkatkan Kolaborasi

Transformasi digital memerlukan kolaborasi tinggi untuk mempercepat proses. Hal ini akan memecah pembatas antara bagian bisnis, pengembang, dan operasional. Kerjasama lintas departemen sangat dibutuhkan, ini akan merubah cara bisnis berkomunikasi dan berkolaborasi secara teknis dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Analisis Data

Transformasi digital adalah proses terus menerus dan selalu berkembang. Data dapat berguna untuk menentukan langkah selanjutnya. Dapatkan seseorang yang ahli dalam mengelola dan menerjemahkan data bisnis Anda, mulai dari keuangan, pemasaran, hingga pada kepuasan konsumen.
Saat melakukan proses transformasi digital, pastikan infrastruktur IT terpenting telah tersedia untuk mendukung kelancaran proses. Untuk dapat lancar melakukan transformasi digital, perusahaan harus memiliki ekosistem digital yang mendukung live testing.
Investasi perangkat dapat menguras anggaran besar jika Anda tidak selektif. Dengan membiasakan untuk mengoptimalkan yang ada dan mulai berinvestasi sesuai kebutuhan, Anda dapat terhindar dari anggaran investasi yang besar.

Fokus

Tetap jaga fokus pada rencana dan strategi transformasi digital Anda. Sebelum melangkah ke fase berikutnya, selalu upayakan yang terbaik untuk mengatasi hambatan dan masalah.

Inovasi

Miliki team penelitian dan pengembangan untuk menentukan layanan atau fitur selanjutnya yang akan di sampaikan pada pelanggan atau untuk keperluan internal. Semakin sering memproduksi inovasi, maka semakin tinggi efisiensi, efektivitas dan tingkat daya saing bisnis Anda.

Dapatkan Umpan Balik

Umpan balik dari pelanggan selain dapat menjaga reputasi bisnis, juga dapat dijadikan dasar untuk inovasi selanjutnya. Miliki sarana komunikasi umpan balik interaktif di seluruh saluran digital.

Kolaborasi dan Bermitra

Ekosistem digital terbentuk saat banyak pihak yang melakukan transformasi digital. Beberapa bisnis tetap akan saling bergantung satu sama lain. Untuk itu, kemampuan melakukan kolaborasi ke pihak lain merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai transformasi digital yang sukses. Anda akan membutuhkan kemampuan untuk ber-integrasi melalui API ke pihak lain.

Seleksi Proses

Untuk pertahankan efisiensi dan efektivitas, hentikan seluruh proses yang tidak berjalan dan tidak mengarah pada misi utama transformasi digital Anda. Namun, jika proses tersebut mengarah pada misi utama, maka jadikan prioritas untuk diselesaikan.

Optimalkan Yang Ada

Hampir seluruh kebutuhan untuk transformasi digital telah ada di pasar. Sebelum berinvestasi untuk perangkat canggih lainnya, pastikan Anda telah mengoptimalkan perangkat yang ada dan dapat digunakan untuk mendukung operasional pada era transformasi digital.

Manfaatkan Cloud

Tingkatkan efisiensi dan skalabilitas dengan menggunakan cloud. Untuk ketahanan operasional, gunakan pencadangan sistem di cloud (DRaaS). Kombinasikan on-premise dengan cloud untuk mendapatkan kinerja dan efisiensi yang optimal. Gunakan otomatisasi dan orkestrasi untuk meningkatkan efisiensi dan kelancaran operasional.

Hindari Vendor Locked-In

Pilih perangkat yang terbaik. Biasanya perangkat seperti ini bersifat independen dan dapat di hubungkan dengan perangkat lainnya. Hal ini lebih dikenal dengan “agnostik”.

Pantau Kinerja

Miliki dashboard yang dapat diakses semua pihak yang terlibat untuk memantau dampak dan kinerja dari apa yang sudah mereka lakukan. Dengan cara ini, proses transformasi digital dapat lebih terukur dan terjaga untuk tetap mengarah pada misi utama bisnis Anda.

Pastikan Keberlanjutan

Banyak bisnis yang sudah “go digital” mengalami downtime, baik karena serangan cyber, maupun karena faktor internal seperti kegagalan daya listrik dan salah konfigurasi. Per 1 jam downtime dapat mencapai biaya puluhan milyar rupiah untuk bisnis skala besar. Oleh karena itu, pastikan anda mengikuti praktik terbaik dalam pencadangan sistem dan data.

Elitery Sebagai Mitra Transformasi Digital Anda

Elitery menyediakan infrastruktur IT, layanan, konsultasi, dan operasional untuk seluruh kebutuhan yang dapat diandalkan untuk transformasi digital bisnis Anda. Mulai dari perencanaan, manajemen proses, hingga keberlanjutan operasional dapat kami sediakan untuk kebutuhan bisnis Anda.

Elitery memiliki data center Tier III yang sudah disertifikasi oleh Uptime Institute, ISO27001 untuk keamanan, dan PCI DSS untuk standar keamanan transaksi keuangan. Didukung dengan para tenaga ahli profesional yang berpengalaman dalam dunia DevOps untuk memberikan efisiensi dan kegesitan pada proses transformasi digital Anda.

Bersama Elitery, Anda dapat banyak menghemat dan mempercepat proses transformasi digital yang pada akhirnya dapat memberikan keunggulan kompetitif untuk bisnis Anda.
Seluruh permasalahan dan kebutuhan transformasi digital Anda bersama team Elitery.

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×