Elitery Bersama AWS Sukses Gelar Webinar  Disaster Recovery : Sebagai Solusi Menjaga Keberlangsungan Bisnis di Era Transformasi Digital 

Elitery bersama AWS  telah menggelar Webinar bertajuk “ Disaster Recovery: Solusi Komprehensif Dalam Menjaga Keberlangsungan Bisnis di Era Transformasi Digital Mengacu Pada Regulasi dan Kepatuhan Terhadap Peraturan Pemerintah” pada hari Rabu tanggal 8 Juni 2022.

Webinar diawali dengan sambutan dari Bapak Sarwoto selaku Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia. Beliau menyampaikan pentingnya Disaster Recovery di Indonesia, karena kita tahu bahwa bencana bisa datang kapan saja baik secara sistem atau human error. Terlebih lagi bahasa Indonesia secara geografi memiliki resiko terhadap bencana lebih tinggi.

Acara webinar ini dipandu oleh Bapak Fanky Christian sebagai Ketua DPD APTIKNAS Jakarta serta diselenggarakan oleh PT Adhouse Clarion Events dalam rangkaian acara Digital Transformation Indonesia Conference and Expo (DTI-CX).  Yuk simak ringkasan pembahasan setiap pembicara.

Aplikasi SPBE dan Pembangunan Pusat Data Nasional

Webinar Disaster Recovery

Pembicara pertama dalam webinar ini adalah Bapak Aris Kurniawan sebagai Ketua Inovasi Pengembangan dan Harmonisasi Aplikasi SPBE mewakili bapak Dirjen APTIKA dari Kementerian Republik Indonesia menyampaikan transformasi digital pemerintahan, SPBE serta Pusat Data Nasional. Nantinya Pusat Data Nasional ini akan memenuhi kebutuhan SPBE dari setiap kota dan provinsi dengan memunculkan redudancy data agar menghadirkan sistem yang resilient dengan sistem hybrid cloud.

Manfaat dari Cloud Computing Untuk Sektor PublikWebinar Disaster Recovery

Pembicara kedua adalah Bapak Dr. Muhammad Yopan selaku perwakilan dari AWS Indonesia. Ia menjelaskan beberapa manfaat dan keuntungan dari teknologi cloud computing untuk sektor publik di Indonesia seperti:

  1. 1. Efisien dan cost-savings
  2. 2. Handal
  3. 3. Pekerjaan lebih fokus karena tidak concern dengan server on premise
  4. 4. Memiliki banyak inovasi
  5. 5. Eksekusi cepat karena semuanya on demand
  6. 6. Keamanan Data
  7. 7. Meningkatkan kepercayaan publik

Tidak lupa juga beliau menjelaskan penerapan teknologi cloud computing ke beberapa sektor publik seperti Diskominfos Bali, dan Diskominfo Jabar.

Pentingnya Disaster Recovery Mengacu Terhadap Regulasi PemerintahWebinar Disaster Recovery

Untuk pembicara ketiga adalah Bapak Kresna Adiprawira sebagai presiden direktur dari Elitery. Beliau membahas mengenai pentingnya Disaster Recovery terhadap regulasi pemerintah. 

  1. Pasal 40 ayat (1) dan (4) Perpres 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Membahas pentingnya keamanan dan penyediaan cadangan untuk aplikasi SPBE.

  1. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 4/POJK.05/2021

Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Lembaga Jasa Keuangan Non Bank.

Sesuai dengan 2 regulasi diatas, Elitery menawarkan layanan Elicovery Disaster Recovery as a Service (DRaaS). Elitery memastikan setiap bisnis dapat  memenuhi persyaratan kepatuhan regulasi.

Kebutuhan DRC Untuk Menunjang Aplikasi di Lingkup Diskominfo Jateng

Jateng-bapak-iswahyudi

Selanjutnya pembicara keempat adalah Bapak Iswahyudi dari Diskominfo Jawa Tengah yang membawakan tentang perkembangan aplikasi di lingkup pemerintahan Jawa Tengah. Ada beberapa kendala dalam pengembangan ini salah satunya adalah setiap sistem dan aplikasi harus terintegrasi satu sama lain. Dengan kondisi server yang banyak dan human resource yang tidak memadai, maka dibutuhkanlah untuk solusi Disaster Recovery Center. Jadinya setiap sistem utama di lingkup pemerintahan Jawa Tengah nantinya akan menggunakan Disas.

Testimoni dari Dapen BI Mengenai Layanan Elicovery Disaster Recovery as a Service Elitery

Webinar Disaster Recovery

Sesi selanjutnya adalah diskusi antara Bapak Dhemil Hikmi selaku Solution Architect Elitery dengan Bapak Muhammad Bahesti sebagai ketua tim Teknologi Informasi Dapen BI. Disini Bapak Bahesti menjelaskan alasan atau pemicu mengapa Dapen BI membutuhkan solusi Disaster Recovery as a Service.

Salah satu alasannya adalah regulasi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 4/POJK.05/2021 yang mengharuskan adanya implementasi DRC di lembaga keuangan. Dapen BI pun resmi memilih solusi dan layanan DRC Elicovery karena sudah sesuai dengan beberapa persyaratan seperti SLA disekitar 99%, infrastruktur yang memadai, jenis replication tools, keamanan data serta komunikasi proaktif dan dukungan layanan 24×7/365 untuk menghindari resiko downtime.

Mulai Terapkan Layanan Disaster Recovery as a Service Bersama Elitery

Dengan adanya webinar ini diharapkan dapat menambahkan pengetahuan mengenai pentingnya Disaster Recovery Plan dimiliki oleh perusahaan sebagai langkah antisipasi untuk meminimalisir dampak terburuk yang bisa terjadi akibat terjadinya bencana atau hal-hal diluar dugaan

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang solusi Disaster Recovery Center (DRC) Elitery untuk keberlangsungan bisnis Anda, segera konsultasikan semua kebutuhan teknologi Cloud dan Disaster Recovery Plan untuk bisnis Anda bersama kami di www.elitery.com, email [email protected], WhatsApp dan https://linktr.ee/Elitery.

 

Elitery

Safeguarding, Accelerating

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×