Tantangan Operasional Pada Perusahaan Oil and Gas

Perusahaan Oil and Gas beroperasi dalam kerangka kerja global dan nasional yang kompleks. Ekspansi ke wilayah geografis baru dan lingkungan – seperti pengeboran lepas pantai- menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan pendapatan. Tetapi hal tersebut juga meningkatkan kompleksitas dan risiko operasi bisnis itu sendiri.

Selain itu, kerangka kerja peraturan yang terus berubah yang diberlakukan oleh pemerintah nasional yang berbeda – seperti yang dirancang untuk membatasi emisi karbon dan yang dikenakan setelah bencana Macondo 2010 – menambah kompleksitas yang semakin meningkat dan pengawasan yang cermat terhadap perusahaan oil and gas yang beroperasi di dalamnya.

Faktor-faktor ini, ditambah dengan pasar yang semakin kompetitif mendorong fokus baru pada keunggulan operasional dalam operator minyak dan gas.

Tantangan operasional yang dihadapi perusahaan oil and gas

Sebagai perusahaan teknologi informasi, Elitery terus mempelajari apa yang dapat diberikan pada beberapa sektor industri untuk menjadi kontribusi yang bermanfaat.

Berikut beberapa tantangan operasional yang dapat dirubah menjadi keunggulan pada operasional perusahaan oil and gas.

Meningkatkan visibilitas ke dalam operasi kompleks untuk mengendalikan biaya dan mengoptimalkan kinerja karyawan, fasilitas, dan aset

Perusahaan oil and gas beroperasi di beberapa lingkungan yang secara fisik dan politis paling menantang di muka bumi. Ditambah faktor-faktor seperti harga pasar yang fluktuatif, permintaan yang berfluktuasi, kepatuhan yang kompleks dan rezim peraturan, proyek yang melibatkan banyak pemasok pihak ketiga, dan tenaga kerja yang memiliki tingkat pendidikan dan keterampilan yang sangat beragam – jelas bahwa perusahaan oil and gas memiliki beberapa operasi paling kompleks di dunia.

Untuk mengelola risiko, mengendalikan biaya, dan mengoptimalkan kinerja karyawan, fasilitas, dan aset, perusahaan perlu meningkatkan visibilitas dalam operasional mereka.

Salah satu strategi untuk mencapai hal ini adalah penerapan ‘ladang minyak digital’ atau ‘operasi terintegrasi’ untuk meningkatkan pemulihan reservoir, mengoptimalkan produksi, dan mengurangi risiko ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan keselamatan. Awalnya strategi ini hanya dikaitkan dengan hulu, tetapi perusahaan semakin fokus pada mengakses dan mengelola data terkait aset utama untuk meningkatkan pengambilan keputusan di seluruh lapisan dari lapangan ke kilang.

Meningkatkan kolaborasi dengan layanan ladang minyak untuk meningkatkan logistik

Bahkan raksasa minyak yang terintegrasi secara vertikal seperti Chevron dan ExxonMobil harus mengandalkan pemasok pihak ketiga untuk menyediakan peralatan dan keahlian khusus untuk berbagai bagian rantai pasokan.

Kompleksitas pengaturan ini menjadi bagian dari kesadaran publik setelah bencana rig Deepwater Horizon BP ketika para penyelidik berdebat tanggung jawab dalam bencana tersebut mengingat peran beberapa perusahaan – termasuk BP, Anadarko, dan Halliburton – dalam pengoperasian rig.

Untuk perusahaan oil and gas, layanan ladang minyak melakukan fungsi bisnis yang kritis. Dengan demikian kesalahan atau ketidakefisienan yang disebabkan oleh satu perusahaan dapat berdampak buruk. Selain itu, kolaborasi dan komunikasi yang buruk dapat memperlambat proyek dan meningkatkan inefisiensi.

Jika kita amati dari sebuah whitepaper (dari Accenture), perusahaan-perusahaan E&P berharap banyak dari penyedia layanan mereka dan perusahaan OFS ingin memberikannya. Namun, perencanaan yang buruk dan bertambah buruk oleh volatilitas pasar dan keterbatasan pasokan – seringkali menghambat kecepatan dan produktivitas.

Para penulis whitepaper mengusulkan agar perusahaan-perusahaan Eksplorasi & Produksi (E&P) dan layanan ladang minyak dapat bekerja bersama secara lebih efektif dengan mengambil keuntungan dari solusi seperti platform kolaborasi berbasis cloud yang memungkinkan mereka dapat berbagi informasi perencanaan dan perkiraan secara terperinci dan standarisasi proses pengukuran inventaris untuk pekerja di lapangan.

Mengembangkan budaya berkinerja tinggi melalui pelatihan, sistem baru dan manajemen berkelanjutan

Karyawan, retensi, dan pelatihan karyawan telah menjadi masalah kritis dalam industri perminyakan terutama saat kompetisi untuk bakat semakin memanas. Pasar negara berkembang seperti India dan Cina mulai terbuka – tidak hanya meningkatkan permintaan global untuk minyak dan gas tetapi juga bersaing untuk mendapatkan talenta. Energy Outlook 2035 BP, misalnya, mengharapkan permintaan energi global akan naik sebesar 41 persen dari 2012 hingga 2035 dengan sebagian besar (95%) berasal dari negara-negara berkembang.

Kita dapat melihat peningkatan jumlah proyek di seluruh dunia, tidak hanya di pasar negara berkembang, tetapi proyek modal secara keseluruhan dan jenis proyek, kompleksitas proyek benar-benar menempatkan sistem di bawah tekanan.

Kekurangan tenaga berbakat tidak akan terbantu dengan pensiunnya pekerja yang paling berpengalaman di industri ini. Society of Petroleum Engineers memperkirakan bahwa hingga 50% pekerja terampil dapat pensiun dari industri minyak dan gas dalam lima hingga tujuh tahun ke depan.

Itu mengarah pada karyawan yang terampil bergerak dari perusahaan ke perusahaan dalam mencari penawaran terbaik. Otomatis hal ini menciptakan tantangan baru bagi perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang ada tetapi juga mengembangkan pelatihan yang kuat dan proses orientasi, untuk mendapatkan yang baru dengan cepat dengan cepat.

Tidaklah cukup untuk hanya mempertimbangkan terus meningkatkan gaji dan tunjangan sebagai reaksi terhadap masalah perekrutan dan retensi. Tidak dapat dikatakan cukup, bahwa perusahaan harus mencari untuk mempertahankan staf terampil mereka melalui kesempatan belajar dan pengembangan yang kuat dan perencanaan suksesi.

Dengan sistem pembelajaran dan kelas online, perusahaan dapat meningkatkan transfer ilmu dan pengalaman dari senior ke junior. Cara ini dapat diterapkan diseluruh perusahaan.

Konektivitas antara manajemen aset yang ditingkatkan dan keunggulan operasional

Jika Anda tidak memiliki peralatan yang baik, sulit untuk menjadi sangat baik secara operasional. Itulah premis mendasar di balik bagaimana Manajemen Integritas Aset menghubungkan ke keunggulan operasional: aset yang dirancang dengan baik, dikelola, dan dikelola memastikan operasi yang lancar dan efisien.

Program Manajemen Integritas Aset hulu yang berhasil adalah yang menggabungkan konsep desain, pemeliharaan, inspeksi, proses, operasi, dan manajemen. Disiplin ini berdampak pada integritas infrastruktur dan peralatan.Fasilitas praktik terbaik memiliki sistem yang komprehensif, terintegrasi penuh dan budaya yang diarahkan untuk mendapatkan efektivitas, nilai, keamanan, ketersediaan, keuntungan, dan pengembalian seumur hidup yang lebih besar dari produksi dan aset manufaktur.

Gunakan metrik sebagai “tanda vital” dari efektivitas dan efisiensi sebagai dasar upaya peningkatan operasional

Ini adalah pepatah manajemen lama bahwa “Anda mendapatkan apa yang Anda ukur.” Datang dengan metrik yang tepat sangat penting untuk mendapatkan wawasan dan visibilitas yang tepat ke dalam operasi bisnis dan mengarahkan perilaku yang tepat dan mendukung pengambilan keputusan.

Tahap berikutnya datang dengan tidak hanya wawasan waktu nyata ke dalam operasi tetapi juga mengembangkan metrik dan analitik yang dapat mengantisipasi dan membantu staf menanggapi masalah sebelum menjadi masalah.

Generasi berikutnya dari alat manajemen aset, yang dikenal sebagai Advanced Condition Monitoring (ACM), menyediakan seperangkat kemampuan prediktif baru dengan memantau informasi real-time tentang peralatan dan operasi dan menerapkan analitik untuk mendeteksi masalah sebelum benar-benar terjad.

ACM dapat mengurangi waktu untuk mendeteksi kegagalan peralatan melalui manajemen peringatan waktu-nyata berdasarkan penginderaan yang abnormal, dan mengurangi waktu untuk menyelesaikan masalah melalui berbagi data otomatis dan kolaboratif di seluruh perusahaan yang diperluas.

Dapatkan eksekutif senior untuk terlibat dengan peluang proses – dan pindahkan OPEX dari biaya ke kinerja yang digerakkan oleh nilai

Mendapatkan dukungan manajemen senior dan komitmen untuk keunggulan proses secara konsisten disebut sebagai salah satu tantangan terbesar bagi para profesional keunggulan operasional.

Sebagian dari tantangannya adalah bahwa, di masa lalu, keunggulan operasional terlalu sering dikaitkan dengan pengurangan biaya, pengurangan pekerjaan dan / atau kualitas. Pandangan keunggulan operasional ini telah berubah dalam beberapa tahun terakhir menjadi pandangan di mana keunggulan operasional dipandang sebagai pendukung penting strategi bisnis. Alih-alih mengusir biaya, keunggulan operasional adalah tentang nilai.

Meskipun ini adalah pergeseran yang halus, tapi penting untuk menemukan eksekutif senior yang ditugaskan oleh pemegang saham yang puas yang menginginkan pengembalian yang andal di lingkungan di mana sumber bahan bakar dengan cepat bergeser ke alternatif baru seperti shale gas.

Membuat jaringan keunggulan dan memungkinkan transfer pengetahuan untuk memaksimalkan keunggulan operasional

Ada banyak bagian operasi minyak dan gas yang berbeda, misal: hulu, hilir, produksi, penyulingan, dan sebaginya- dan secara tradisional perusahaan oil and gas telah mengoperasikan masing-masing area secara berbeda. Tetapi ada manfaat untuk meningkatkan praktik terbaik di berbagai bidang bisnis dan mencoba untuk membakukan proses yang praktis untuk mencapai efisiensi.

Beberapa pakar di industri ini merekomendasikan agar perusahaan oil and gas memanfaatkan keahlian dari berbagai bagian bisnis untuk merancang strategi yang efektif:

Para ahli dari masing-masing bidang inti – ahli operasi, eksekutif keselamatan, direktur perawatan dan keandalan, dan manajemen – harus berkumpul dan berpartisipasi dalam merancang model yang cukup luas untuk dapat diterapkan pada semua aset.

Beberapa perusahaan oil and gas juga telah mengambil jalan mendirikan Center of Excellence – sebuah kelompok pusat yang dikhususkan untuk mendukung dan menyebarkan praktik terbaik dan mendukung peningkatan berkelanjutan. Seperti yang dilakukan di ConocoPhilips.

Tentu Anda ingin mendapat fokus keunggulan fungsional yang kuat di seluruh perusahaan. Itu berarti Anda punya keinginan untuk membawa beberapa pakar ke pusat organisasi dan menggunakan orang-orang itu untuk membantu fungsi-fungsi lain dalam benar-benar memahami bagaimana menjadi sangat baik secara fungsional.

Peran Elitery Dalam Industri Oil and Gas

Elitery dapat mendukung operasional Anda agar tetap lancar dan semakin efisien. Terutama untuk misi kritis, Elitery selain memiliki Data Center Tier III yang tersertifikasi oleh The Uptime Institute, juga didukung oleh tenaga profesional berpengalaman yang dapat Anda andalkan untuk menjaga kelancaran operasional sekaligus untuk mendapatkan solusi dan inovasi terbaru agar operasional perusahaan Anda semakin bernilai dan efisien.

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×