Segera Siapkan Elicovery DRaaS Terhadap Data Penting Anda Dari Kemungkinan Terburuk

Saat ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan terutama untuk perusahaan yang melakukan transaksi elektronik wajib untuk melakukan pencadangan pada data center yang lokasinya minimal 35 KM dari main site atau data center internal perusahaan. Peraturan tersebut tertulis dalam Peraturan Presiden 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tertuang pada Pasal 40 ayat (1) menjelaskan tentang keamanan SPBE mencakup penjaminan kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian, dan kenirsangkalan (non-repudiation) sumber daya terkait data dan informasi, Infrastruktur SPBE, dan Aplikasi SPBE. Kemudian pada Pasal 40 ayat (2) menjelaskan tentang penjaminan ketersediaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui penyediaan cadangan (backup) dan pemulihan (recovery).

Keberlanjutan aktivitas usaha merupakan alasan utama bagi setiap perusahaan dan pemerintah. Terutama untuk perusahaan yang memiliki cakupan layanan yang luas secara demografi dengan kantor pusat yang digunakan sebagai pusat operasional sistem informasi, tentu sangat riskan jika tidak memiliki rencana pemulihan bencana sebagai kebijakan strategis kelangsungan usaha (Business Contingency Plan dan Business Continuity Plan).

Sehingga jika terjadi suatu bencana seperti kebakaran, kebanjiran, korsleting listrik di data center internal (main site) atau kesalahan manusia (human error) maka team IT perusahaan dapat mengalihkan seluruh aktivitas operasi ke colocation data center di luar lokasi perusahaan untuk sementara waktu. Disinilah pentingnya sebuah data center di luar lingkungan perusahaan untuk persiapan menghadapi bencana yang tidak dapat diprediksi.

Anda sebagai pelaku bisnis setidaknya harus mengetahui empat alasan mendasar mengapa DRC sangat dibutuhkan, yaitu:

1. Kegagalan mesin dan hardware

Meskipun perusahaan telah berinvestasi dengan membeli mesin dan hardware kelas tinggi, bukan berarti tidak perlu membangun DRC. Mesin canggih dengan hardware tinggi dan DRC, akan membuat perusahaan tidak menemukan kegagalan layanan dikarenakan fungsi hardware.

2. Faktor kesalahan manusia

Pencegahan human error dengan DRC adalah langkah bijak. Perusahaan bisa mencadangkan data dan mengembalikannya lagi seperti sebelum dilakukan kesalahan.

3. Faktor alam yang tak bisa diprediksi

Bencana tidak bisa dihindari dan diprediksi, untuk itu, memiliki DRC yang berada di beberapa tempat yang secara teori aman terhadap bencana besar.

4. Layanan 24/7/365

Memiliki DRC berarti memberikan layanan pelanggan yang baik. Saat ini para pelaku bisnis ingin mendapatkan layanan cepat, dan itu bisa terjadi jika infrastruktur bisa diakses kapan saja.

Lalu mungkin Anda bingung, harus kemana untuk mulai menyiapkan DRC bisnis Anda? Pilihan yang sangat tepat jika Anda mempercayakan DRC bisnis Anda dengan Elitery. Elitery adalah perusahaan yang pertama kali menghadirkan layanan Disaster Recovery as a Service di Indonesia, yaitu pada bulan februari tahun 2017. Dan langsung mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari industri keuangan di Indonesia. Dan saat ini Elitery semakin giat melakukan sosialisasi ke berbagai sektor industri khususnya Non Bank, untuk mulai menyiapkan DRC Bisnis mereka bersama Elitery.

Sebagai tambahan informasi, kenapa harus Elitery? saat ini kami telah memiliki banyak klien dari perusahaan keuangan seperti; Asset Management, Anggota Bursa, Fintech dan Asuransi yang mencari solusi penanganan terhadap disaster yang bersifat flexible dan scalable, dan akhirnya menjatuhkan pilihannya pada Elicovery merupakan Disaster Recovery as a Service berbasis cloud.

Tech Target mendefinisikan DRaaS adalah replicas dan hosting dari server-server fisik atau virtual yang dilakukan oleh pihak ketiga. untuk memastikan terjadinya failover yang menyeluruh di cloud environment dalam kondisi bencana.

Berikut 10 Manfaat yang dapat Anda rasakan jika menggunakan Elicovery DRaaS pada bisnis Anda :

1. Tim IT Anda bisa fokus ke pengembangan bisnis utama

Ketika Anda harus memiliki banyak tim IT-house mengerjakan tugas-tugas seperti; maintenance, upgrading operating system, patching security, testing dan melakukan IT support untuk pekerjaan yang terkait dengan disaster recovery planning, tentu saja akan membuat mereka tidak bisa fokus untuk mengerjakan ke fungsi-fungsi IT yang utama. Dengan solusi Elicovery DRaaS akan menyederhanakan IT management dan membuat team IT Anda fokus mengembangkan fungsi-fungsi IT utama di perusahaan Anda.

2. Sistem perusahaan Anda bisa siap dan berjalan dalam waktu yang cepat

Dengan Elicovery DRaaS mampu memulihkan data Anda sesegera mungkin sehabis bencana tidak sampai 0 menit. Dalam kaitan dengan disaster recovery planning, tentu saja kita tidak bisa membiarkan penundaan terjadi karena dampaknya yang sangat berbahaya untuk perusahaan. Apalagi recovery data secara manual tentu membuat bisnis dapat terhenti dan pelanggan akan kecewa atas pelayanan bisnis kita.

3. Penghematan biaya yang signifikan

Pengadaan system disaster recovery secara mandiri akan menimbulkan biaya yang sangat tinggi, hal ini terutama disebakan biaya bulanan yang besar untuk; listrik data centre, maintenance dan IT support. Tentu saja dengan menggunakan Elicovery solusi DRaaS perusahaan Anda akan menghemat biaya yang besar. Minimum penghematan yang bisa terjadi dari sisi total cost of ownership adalah di 30%.

4. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sistem yang Anda tidak pakai

Apabila Anda membuat sistem DRC sendiri besar kemungkinan Anda membeli storage yang kapasitasnya tidak pernah Anda pakai. Dengan Elicovery solusi DRaaS yang berbasis cloud, Anda hanya membayar yang memang perusahaan Anda pergunakan (Pay as you go). Apabila kebutuhan perusahaan Anda bertambah akan dengan sangat cepat dan efisien bisa disediakan di sistem cloud.

5. Waktu recovery yang lebih cepat

Semakin lama waktu yang Anda perlukan untuk me recover setelah terjadi bencana, maka akan semakin besar kerugian yang ditanggung perusahaan. Dengan Elicovery solusi DRaaS waktu recovery cukup dengan satu tombol maka recovery akan terjadi dengan cepat tergantung dengan Service Level Agreement yang ingin Anda tentukan.

6. Akses yang lebih luas ke sistem

Karena Elicovery solusi DRaaS ini berbasis cloud, maka Anda dapat mengakses sistem dari lokasi di manapun dengan menggunakan akses internet. Apabila terjadi bencana yang menyebabkan kantor Anda lumpuh, perusahaan tetap bisa menjalankan bisnisnya dari tempat lainnya.

7. Anda tetap bisa mengendalikan secara in house

Bukan berarti dengan memanfaatkan Elicovery solusi DRaaS Anda kehilangan control terhadap IT environment Anda. Team in-house Anda akan tetap bisa memanage; data storage, membuat reports, dan me recover data yang hilang dengan mudah.

8. Anda tidak perlu bertanggung jawab terhadap perlindungan hardware

Salah satu biaya terbesar dalam perencanaan data recovery adalah pengadaan, perawatan dan perlindungan hardware. Ketika Anda menggunakan Elicovery solusi DRaaS maka perusahaan penyedia jasa tersebutlah yang bertanggung jawab penuh terhadap perawatan dan perlindungan hardware.

9. Data centre Anda akan terlindungi

Sangatlah penting untuk memilih provider yang bisa secara komprehensif menjaga data Anda. Dari sisi keamanan fisik penyedia DRaaS terbaik bisa dipastikan akan menjaga data center mereka dengan teknologi terkini baik dari sisi Internet of things maupun camera beralgoritma sampai teknologi mantrap nya. Ditambah lagi dengan tools seperti; Identity Access Management dan Privilege Access Management di sisi logical.

10. Dukungan dan bimbingan dari engineers yang bersertifikasi dan berpengalaman

Saat ini sudah ada lebih dari 100 perusahaan yang menggunakan Elicovery solusi DRaaS dari Elitery. Hal ini tentu saja menunjukkan Elitery adalah sebuah perusahaan yang memiliki reputasi baik, dan memiliki pengalaman yang luas dan mendalam terkait dengan pengelolaan keamanan data dan perencanaan disaster recovery dibandingkan team in-house perusahaan. Hal ini lebih dikarenakan team engineers Elitery memiliki jam terbang yang tinggi dan studi kasus di berbagai perusahaan yang pernah di handle. Ketika terjadi masalah, pihak Elitery dengan pengalamannya bisa mengatasinya dengan cepat dan efisien.

Elitery siap membantu Anda dalam menyiapkan DRC untuk menjalankan peraturan pemerintah terkait SPBE. Segera konsultasi kepada Elitery kebutuhan DRC Perusahaan Anda dan rasakan banyak manfaat dan kemudahan dari Elicovery DRaaS untuk bisnis Anda.

Segera kunjungi website kami di www.elitery.com untuk mempelajari setiap produk dan layanan Elitery. Anda juga dapat melakukan penawaran melalui email [email protected]

 

Elitery

Safeguarding, Accelerating

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×