Layanan Perbankan Digital Membutuhkan Solusi Pencadangan

Hilangnya informasi sensitif dan rahasia, baik karena pencurian, kesalahan atau bencana alam, bisa sangat merugikan bisnis layanan perbankan digital. Oleh karena itu, sebuah layanan perbankan digital sebaiknya mulai menggunakan solusi pencadangan yang tepat.

Cloud merupakan topik hangat yang terus dibicarakan hingga saat ini. Dengan kemampuan berintegrasi pada data center fisik di perbankan, solusi cloud hybrid menjadi semakin populer. Layanan perbankan digital membutuhkan keamanan yang berlapis untuk menghindari penyalah gunaan hak akses. Dengan demikian, solusi pencadangan yang tepat untuk layanan perbankan digital adalah yang berada pada lingkungan cloud dan memiliki fitur keamanan canggih.

Perbankan yang semakin bergerak ke arah digital sangat membutuhkan pencadangan sistem perbankan yang dapat di andalkan.

Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pencadangan untuk layanan perbankan digital.

  • Lokasi Data Center

    Jika terjadi downtime atau serangan DDoS pada aplikasi, kecepatan dalam mengalihkan operasional layanan ke situs sekunder merupakan faktor utama. Demikian halnya pada saat melakukan migrasi data, baik karena ada pembaruan maupun setelah terkena serangan malware. Lokasi data center akan sangat mempengaruhi kelancaran dan kesuksesan dalam fail over dan fail back. Network latency dapat mengakibatkan data menjadi korup bahkan hilang.

  • Kemampuan Otomatisasi dan Orkestrasi

    Beberapa sistem di data center fisik di masing-masing perusahaan mungkin akan ditemui perbedaan versi. Pencadangan yang memiliki kemampuan orkestrasi secara agnostik akan lebih mudah untuk setting awal pencadangan.

    Kemampuan otomasi seperti menghentikan proses backup saat terdeteksi adanya data yang terinfeksi malware merupakan hal penting. Jika cadangan berisi malware, maka setelah proses restore layanan digital perbankan anda dapat mengalami gangguan yang sama.

  • Fitur Keamanan

    Para manajer IT dapat melihat fitur keamanan apa saja yang ditawarkan oleh penyedia Backup as a Service (BaaS). Pertimbangan berdasar kasus ransomware yang dapat merubah digital signature setiap beberapa detik, dan juga phishing. Fitur keamanan yang memiliki pengenalan pola prilaku lebih dapat diandalkan sebagai solusi pencadangan bagi layanan perbankan digital anda.

  • Ketersediaan

    Ini merupakan faktor penting dari pencadangan. Untuk misi kritis perbankan, penyedia pencadangan yang memiliki infrastruktur TIER III Data center dapat diandalkan. Ketersediaan akses terus menerus dapat lebih menjamin efektivitas pencadangan.

  • Skalabilitas

    Fleksibilitas dapat menjadikan biaya pencadangan lebih efisien dan efektif. Dengan memiliki skalabilitas, bisnis anda hanya akan membayar sesuai penggunaan.

  • Dukungan Teknis

    Tersedianya dukungan teknis merupakan hal paling utama setelah pencadangan dilakukan. Pertimbangkan untuk memakai layanan backup yang menyediakan dukungan penuh untuk bisnis anda. Dan lokasi penyedia juga akan sangat berpengaruh, baik pada biaya komunikasi maupun efektivitas komunikasi.

Sekilas Mengenai Solusi Pencadangan Elitery Untuk Layanan Perbankan Digital

Elitery menyediakan solusi Backup as a Service (BaaS), selain menyediakan solusi pencadangan infrastruktur IT berbasis cloud dan on-premise. Solusi ini telah di percaya oleh puluhan institusi keuangan di Indonesia, baik di industri perbankan, fintech, asuransi dan pasar modal.

Untuk mendukung kecepatan dan efektifitas fail-over dan fail-back, Elitery menggunakan infrastruktur data center Tier III yang berlokasi di Indonesia.

Sistem backup menggunakan keamanan berlapis dan pola pengenalan prilaku, sehingga dapat diandalkan untuk menghadapi serangan cyber yang semakin canggih.

Solusi BaaS Elitery di dukung oleh profesional berpengalaman dan sudah tersertifikasi secara internasional.

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×