Manfaat Cloud Computing Dalam Sektor Publik 

Untuk memenuhi semua kebutuhan dan pelayanan maskarakat, pemerintah atau sektor publik membutuhkan ruang penyimpanan data yang besar sekaligus dilengkapi dengan sistem keamanan canggih di dalamnya bukan? salah satu teknologi dimana wajib anda gunakan adalah cloud computing. Ini adalah salah satu layanan teknologi informatika dimana sangat fleksibel dan dilengkapi oleh server virtual berskala besar.

Tidak hanya itu saja, kehadiran teknologi inipun dapat menjadi pilihan bagi perusahaan yang tidak mempunyai modal besar buat membeli perangkat sistem IT raksasa. Selain itu juga sangat cocok bagi para pemilik bisnis dimana enggan mengeluarkan biaya pemeliharaan alias maintenance. Dalam sebuah perusahaan, kehadiran cloud inipun akan memberikan banyak keuntungan.

Pengertian Cloud Technology

Walaupun kehadiran dari teknologi satu ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan, tetapi tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengetahui dengan baik pengertiannya. Jika disederhanakan maka cloud computing merupakan metode buat menyampaikan informasi dan layanan via internet. Sumber daya tersebut meliputi aplikasi mulai dari server, penyimpanan data, database hingga perangkat lunak.

Disebut dengan istilah diatas ternyata karena informasi yang ada didalamnya dapat diakses secara remote di awan alias virtual. Sebuah perusahaan yang menyediakan layanan satu ini akan memungkinkan para user buat menyimpan file ataupun aplikasi secara jarak jauh.

Anda akan diberikan kebebasan dalam mengakses cloud tersebut asalkan terhubung dengan jaringan internet. Tidak hanya itu saja, ruang penyimpanan inipun ternyata bersifat publik dan private sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Manfaat Cloud Computing dalam Sektor Publik

Sudah memahami dengan baik bagaimanakah pengertian dari teknologi satu ini bukan? Layanan cloud inipun ternyata mempunyai berbagai macam fungsi untuk penggunanya seperti email, penyimpanan, pengambilan data, membuat ataupun mengetes aplikasi hingga melakukan streaming audio serta video. Disisi lain Cloud Computing juga memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan teknologi di sektor publik, yuk simak apa saja manfaatnya.

1. Pekerjaan Lebih Fokus karena Tidak Concern dengan Server On Premise

Pengguna Cloud di sektor publik akan lebih fokus dalam bekerja dan menjalankan fungsinya. Hal ini terjadi karena menggunakan teknologi ini adalah tidak perlu melakukan maintenance untuk perangkat sistem IT atau server On Premise. Sehingga mereka bisa lebih fokus ke pelayanan publik.

2. Lebih Hemat Sesuai Dengan Kebutuhan

Menariknya lagi, layanan ini pun benar-benar sangat fleksibel. Dimana user dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut berbanding terbalik apabila sebuah perusahaan membangun sistem IT sendiri tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit bukan. Terlebih lagi kapasitasnya juga dapat disesuaikan dengan pengguna. 

3. Handal

Cloud menggunakan beberapa Data Center di setiap region dan negara.Semua data disimpan dapat dengan mudah mengaksesnya, kapanpun dan dimanapun asalkan terhubung dengan jaringan internet.

4. Memiliki Banyak Inovasi

Setiap Cloud Provider memiliki beragam fitur dan layanan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Diantaranya ada VPS, Storage, Database, Compute Engine, Virtual Machine, Machine Learning, dan CDN.

5. Eksekusi cepat karena semuanya On Demand

Untuk melakukan beberapa fitur seperti restore dan backup dapat dilakukan dengan cepat On Demand. Cloud computing membuat Anda bisa mengakses data atau aplikasi di mana dan kapan pun tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang untuk instalasi.

6. Keamanan Data terjamin 

Penyimpanan data pada komputasi awan (cloud computing) memiliki beberapa fungsi dan keunggulan. Beberapa diantaranya adalah aksesibilitas yang mudah ke berbagai platform cloud melalui jaringan internet. Sehingga akan lebih mudah mengerjakan berbagai hal sekaligus dalam satu waktu

Implementasikan Cloud Computing di Instansi Anda Bersama Elitery

Jika instansi  Anda belum beralih menggunakan cloud computing karena kurangnya Tim IT untuk mengelolanya atau kurangnya SDM yang mengerti semua fasilitas, layanan dan tools dalam cloud. Jangan khawatir, segera percayakan Managed Cloud bisnis Anda kepada Elitery yang sebagai Cloud Managed Services terbaik dengan tim yang profesional dan bersertifikat Internasional.

Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang juga dan mulai konsultasikan secara gratis tentang kebutuhan cloud bagi kemajuan bisnis Anda melalui www.elitery.com, email [email protected],  WhatsApp dan https://linktr.ee/Elitery. Rasakan banyak manfaat dari teknologi cloud bersama Elitery sebagai partner IT bisnis Anda.

 

Elitery

Safeguarding, Accelerating

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×