Mengenal Secara Lengkap Tentang Hosting : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya bersama Elitery

Apakah Anda sedang berencana membuat sebuah website entah itu untuk kebutuhan perusahaan, organisasi atau komunitas Anda, lalu Anda disuruh membeli hosting dan juga domain websitenya? Jika iya, berarti Anda harus memahami kenapa Anda harus memiliki domain dan hosting ketika membuat website. 

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang pengertian hosting hingga cara kerjanya. Ketahui juga jenis hosting apa yang cocok untuk website bisnis Anda. Sudah siap untuk membaca keseluruhan artikel? Yuk, simak pembahasannya!

Apa itu Hosting? Ini Pengertiannya

Dilansir dari Wikipedia, hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan jasa penyewaan sumber daya server sehingga kamu dapat menyimpan data dan mengaksesnya secara online oleh banyak orang melalui internet. File dan data website tersebut bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database. Tanpa adanya hosting, tentu saja Anda tak bisa membuat website.  Itulah kenapa, Anda perlu menyewa hosting terlebih dulu untuk membuat website. 

Hosting bisa diumpamakan seperti hendak membangun rumah. Kalau Anda ingin membangun sebuah rumah yang sangat besar tentu membutuhkan tanah yang luas juga, bukan? Sama seperti website, kalau ingin membangun sebuah website yang berkapasitas dan performa tinggi, Anda membutuhkan hosting yang sumber  dayanya besar juga.

Anda dapat mempercayakan hosting server atau website Anda kepada Elitery. Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan pertanyaan bagaimana cara dan maintenance hostingnya, karena semua itu akan dibantu oleh tim IT Elitery yang berpengalaman dan profesional dalam layanan hosting. Simak juga, fungsi hosting untuk kebutuhan kemajuan bisnis Anda.

Apa Fungsi Hosting?

Hosting memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan yang dapat anda manfaatkan terkait dengan pengembangan website untuk kebutuhan personal maupun company atau perusahaan. Berikut kasus penggunaan dari hosting yang telah banyak digunakan, diantaranya :

1.Membuat Website

Yang pertama, tentu saja digunakan untuk menciptakan sebuah situs yang di dalamnya menyimpan banyak informasi dan dokumen terkait pengguna atau bisnis. Bangun dan sesuaikan blog, perdagangan elektronik, atau situs web pribadi Anda hanya dalam beberapa klik, dengan aplikasi yang telah dikonfigurasi sebelumnya seperti WordPress, Magento, Prestashop, dan Joomla. Dengan web hosting, maka halaman web anda akan ditampilkan di search engine agar dapat diakses oleh banyak pengunjung melalui internet.

2.Meluncurkan aplikasi web sederhana

Meluncurkan sebuah aplikasi berbasis website dibutuhkan juga paket hosting agar memudahkan tayang dan diakses oleh banyak orang. Gunakan tumpukan pengembangan yang telah dikonfigurasi sebelumnya seperti LAMP, Nginx, MEAN, dan Node.js. untuk online dengan cepat dan mudah.

  1. 3.Mengembangkan Situs atau Aplikasi Bisnis Online

Jika kamu ingin membuat toko online untuk memperdagangkan produk sendiri, maka kamu perlu menggunakan layanan hosting. Seperti website pada umumnya, toko online juga harus dapat diakses oleh pengguna lain melalui internet. Selain website, hosting server juga berfungsi untuk meluncurkan perangkat lunak lini bisnis seperti penyimpanan dan berbagi file, pencadangan, perangkat lunak keuangan dan akuntansi, dan banyak lagi dalam hosting yang berbasis cloud. Pengembangan situs atau aplikasi online mampu untuk mendatangkan konsumen secara besar dan situs anda akan lebih dikenal oleh publik.

  1. 4.Membuat Email Profesional

Jika kamu memiliki hosting dan telah membeli domain, kamu juga dapat membuat alamat email dengan domain sendiri. Hal ini tentu sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis. Maka dengan itu, segera daftarkan nama domain usahamu sebelum direbut oleh orang lain.

  1. 5.Mampu Melindungi Website dengan SSL

Untuk melakukan hosting server harus memperhatikan tingkat keamanan hostingnya. Semakin tinggi keamanan sebuah hosting, semakin kebal pula website atau server terhadap serangan siber atau hacker. Anda perlu bijak dalam memilih layanan hosting yang juga menyediakan keamanan tingkat tinggi. 

Elitery adalah penyedia layanan hosting server dengan keamanan tingkat tinggi yang menggunakan layanan handal dari AWS yaitu Amazon Lightsail. Amazon Lightsail adalah layanan private hosting server (VPS) dari AWS yang mudah digunakan, dan menawarkan semua keperluan untuk membangun aplikasi atau situs berbasis web yang aman dan handal.

Amazon Lightsail didesain sebagai cara paling mudah bagi pengguna untuk mulai menggunakan layanan cloud AWS. Manfaat lain menggunakan Amazon Lightsail adalah aplikasi siap dalam hitungan menit, dashboard intuitif, harga terjangkau, fitur keamanan yang komprehensif dan Infrastructure handal standard AWS.

Fitur – fitur dalam Amazon Lightsail yang bisa Anda rasakan manfaatnya untuk bisnis Anda diantaranya :

1.Click-to-launch instance Virtual Private Server (VPS) beserta aplikasi yang diinginkan (Contoh : WordPress,  Magento, LAMP)
2.Layanan Managed Database dan Container
3.Pilihan spesifikasi server yang fleksibel sesuai kebutuhan
4.Layanan jaringan dan keamanan yang lengkap (Firewall, Load Balancer, Content Delivery Network, Proteksi DDoS, SSL)
5.Monitoring yang komprehensif, termasuk alarm dan notifikasi
6.Akses ke 200+ layanan cloud AWS lainnya (big data, machine learning, dan lain-lain)

Jenis-Jenis Hosting

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari hosting. Sekarang mari kita bahas lebih lanjut mengenai masing-masing jenis layanan hosting.

1.Shared Hosting

Mengenal Secara Lengkap Tentang Hosting : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya bersama Elitery
Source : freepik.com

Shared hosting adalah jenis paket hosting tradisional yang membagi satu server untuk beberapa user berbeda, sesuai dengan kebutuhan server. Artinya, kamu harus berbagi fasilitas server dengan banyak pengguna lain. Gambarannya, seperti kita sedang mengantri menggunakan fasilitas rumah kost seperti kamar mandi atau dapur, tentu kita harus mengantri untuk menggunakannya. 

Sama halnya dengan shared hosting. Jika Anda membutuhkan website dengan traffic dan sumber daya yang cukup tinggi maka paket hosting ini tidak disarankan karena akses dalam hosting ini ada batas jika pengguna lain sudah menggunakan sumber daya server. mber daya yang cukup tinggi.

Kelebihan: harganya yang sangat terjangkau dan sangat cocok untuk menjalankan website sederhana atau situs blog untuk pemula. Fully-managed, artinya seluruh pengelolaan dan perawatan ditanggung penyedia. 

2.Dedicated Hosting

Mengenal Secara Lengkap Tentang Hosting : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya bersama Elitery
Source : freepik.com

Dedicated hosting merupakan paket server yang menawarkan kontrol maksimal atas layanan hosting yang digunakan pada website Anda. Untuk penggunaannya sendiri cukup fleksibel, selain juga mampu mengoperasikan antara sistem operasi dengan software yang akan digunakan.

Kelebihan: Sumber daya yang sangat besar, mampu menampung banyak pengunjung, memiliki kendali penuh atas server, dan akses kustomisasi tak terbatas.

3.Cloud Hosting

Mengenal Secara Lengkap Tentang Hosting : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya bersama Elitery
Source : freepik.com

Cloud based hosting merupakan paket yang saat ini paling banyak diminati karena tidak memiliki downtime. Cloud hosting menggunakan sekelompok server dengan file dan resource yang direplikasi pada setiap server. Jadi, ketika salah satu server tersebut tidak dapat diakses karena gangguan teknis atau proses maintenance, website kamu tetap dapat menerima pengunjung.

Baca Juga : Inilah Implementasi Teknologi Cloud Computing Dalam Perusahaan

Kelebihan: Hardware yang lebih memadai, ketersediaan yang tinggi, fully managed, fitur keamanan lebih baik dibanding shared hosting, dan tidak memerlukan kemampuan teknis mendalam

  1. 4.VPS Hosting
Mengenal Secara Lengkap Tentang Hosting : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya bersama Elitery
Source : freepik.com

Virtual Private Server atau VPS hosting adalah perpaduan atau titik tengah antara dedicated dan Cloud hosting. Dimana, pengguna dapat menggunakan fungsi yang mirip dengan dedicated server dengan harga sama dengan paket cloud hosting. VPS hosting sangat cocok digunakan untuk kebutuhan website yang mempunyai traffic yang tinggi. 

Dalam hal ini, Amazon Lightsail menawarkan instans server pribadi virtual (VPS), kontainer, penyimpanan, basis data, dan lainnya yang mudah digunakan dengan harga bulanan yang hemat biaya. Segera percayakan VPS Hosting Anda kepada Elitery sebagai partner AWS yang telah berstatus advanced consulting partner dengan tim IT yang berpengalaman dan bersertifikasi Internasional dalam membantu bisnis Anda semakin berkembang pesat.

Kelebihan: Sumber daya tidak terpengaruh pengguna lain, sumber daya yang sangat memadai, mampu menampung traffic tinggi dan kustomisasi fitur server.

5.WordPress Hosting

Mengenal Secara Lengkap Tentang Hosting : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya bersama Elitery
Source : freepik.com

Jenis hosting yang terakhir adalah WordPress hosting, merupakan bentuk lain dari paket shared hosting yang dirancang khusus untuk pengguna WordPress. Server ini telah dilengkapi dengan fitur pre-installed plugin dengan konfigurasi yang cukup optimal. Paket ini juga biasanya menyediakan fitur tambahan seperti tema, pre-designed, drag-and-drop page builder, serta tool developer yang lebih spesifik.

Kelebihan: Solusi cepat untuk membuat situs WordPress, pengelolaan mudah, cocok untuk pemula, dan plugin dan pengaturan telah teroptimasi.

Baca juga tentang : Mengenal Secara Lengkap Tentang Cloud Computing: Pengertian, Tipe, dan Fungsinya Bersama Elitery

Hosting Apa yang Cocok untuk Website atau Bisnis Anda?

Penjelasan yang sangat lengkap untuk membantu Anda memahami apa itu hosting, fungsi dan jenis – jenisnya. Nah, sekarang Anda pasti dapat menentukan mana yang paling cocok dengan kebutuhan bisnis atau organisasi Anda, ‘kan?

Untuk menghindari hosting server atau website Anda dari serangan siber atau hacker, tentu harus bijak dan teliti dalam memilih penyedia hosting. Percayakan hosting server atau website Anda kepada Elitery yang :

1.Memiliki sertifikasi keamanan Internasional ISO 27001
2.Memberikan garansi uptime 100%
3.Menyediakan solusi hosting berbasis cloud
4.Menjadi mitra terpercaya AWS dan berstatus Advanced consulting partner
5.Tim IT yang support dan berpengalaman selama 24/7/365
6.Harga yang terjangk
7.Memberikan keamanan tingkat tinggi dalam melakukan hosting server

Tunggu apalagi? Segera konsultasikan kebutuhan hosting server atau website Anda kepada Elitery melalui email [email protected] dan kunjungi www.elitery.com untuk mempelajari layanan dan produk  Elitery lainnya. 

 

Elitery

Safeguarding, Accelerating

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×