back

 

Ketahui Disaster Recovery Center dan Manfaatnya Untuk Perusahaan

Di era digital saat ini, Perusahaan harus menyiapkan langkah strategi untuk menjaga keberlangsungan bisnis dari bencana (disaster) yang tidak terduga dengan menggunakan Disaster Recovery Center. Tahukan Anda apa itu disaster dan recovery? Disaster (bencana) adalah suatu gangguan serius terhadap keberfungsiaan suatu komunitas atau masyarakat yang mengakibatkan kerugian manusia, materi, ekonomi, atau lingkungan yang luas dan melampaui kemampuan komunitas atau masyarakat yang terkena dampak untuk mengatasi dengan sumber daya mereka sendiri. (ISDR 2004). Sedangkan Recovery adalah suatu kegiatan pemulihan atau mengembalikan system yang bermasalah ke kondisi sebelumnya.

Apa Itu Disaster Recovery Center (DRC)?

Ketahui Disaster Recovery Center dan Manfaatnya Untuk Perusahaan

Source : freepik.com

Secara sederhana, Disaster Recovery Center (DRC) adalah perencanaan kontingensi dalam menghadapi situasi bencana dan kejadian luar biasa lainnya, dengan penempatan perangkat TI, sistem, aplikasi dan data – data cadangan perusahaan pada suatu tempat atau lokasi yang terpisah untuk mengantisipasi kerusakan atau kehilangan data.

Alasan DRC Penting bagi Perusahaan Anda

Source : freepik.com

Pernahkah Anda membayangkan jika bisnis Anda terhenti karena bencana yang terjadi seperti kebakaran gedung, bencana alam, banjir, gempa bumi atau human error? Sebelum semua terjadi, perusahaan Anda perlu menyiapkan DRC untuk menjaga keberlangsungan bisnis Anda. Jika tidak, bisnis Anda bisa mengalami dampak kerugian bisnis yang besar diantaranya kerusakan reputasi dan nama baik, hilang keuntungan kompetitif, kerugian keuntungan, tidak memenuhi regulasi Pemerintah atau aturan yang diberlakukan, dan SLA tidak terpenuhi. Apakah Anda ingin mengalami hal itu? Tentu tidak, sehingga Anda harus mulai menyiapkan DRC agar bisnis terus berjalan. 

Elitery adalah perusahaan IT Managed Services yang menyediakan produk dan layanan Disaster Recovery as a Services yang diberi nama Elicovery. Saat ini, Elitery telah memiliki lebih dari 100 Enterprises yang sudah menggunakan layanan DRaaS terbaik kami. Salah satu pelanggan setia dan luar biasa kami berasal dari Member of Indonesia Stock Exchange dan telah membuktikan bahwa DRaaS berjalan saat terjadi bencana. Elitery didukung oleh tenaga kerja bersertifikasi dan berpengalaman dalam menangani lebih dari 2000 DR drill bahkan DR real.

Manfaat DRC Untuk Perusahaan Anda

Source : freepik.com

Data merupakan aset terpenting perusahaan. Jika data perusahaan rusak dan hilang dapat menimbulkan kerugian bagi bisnis. Pemulihan sistem IT dan pemulihan data merupakan bagian penting dari proses Disaster Recovery dari suatu perusahaan. Meskipun perusahaan Anda memiliki sistem atau aset termahal namun tidak memiliki sistem backup dan disaster recovery bisnis tentunya akan membuat bisnis berhenti beroperasional. Untuk itulah, Anda perlu menyiapkan dan merasakan manfaat Elicovery DRaaS untuk menjaga keberlangsungan bisnis.

Nikmati kemudahan dan keuntungan menggunakan Elicovery DRaaS untuk bisnis Anda

1.Waktu implementasi yang cukup singkat
2.Penganggaran yang sangat mudah
3.Perlindungan data secara kontinyu
4.Penghematan biaya
5.Total Cost of Ownership (TCO) < 25% (minimum)
6.Dukungan optimal  24 x 7 x 365
7.Operasional harian yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab penyedia jasa
8Lokasi data center di Indonesia dan sudah Tier III
9Meningkatkan skalabilitas
10.Tim IT Engineer yang berpengalaman dan bersertifikat Internasional

Nah, kini Anda sudah tidak bingung lagi kenapa harus menyiapkan Disaster Recovery Center (DRC) untuk bisnis Anda karena Elicovery DRaaS memberikan solusi yang handal, aman dan terpercaya untuk pemulihan bencana.

Memilih fasilitas DRC yang Tepat

Source : freepik.com

Disaster Recovery Center (DRC) adalah infrastruktur yang berfungsi menyelamatkan dan menduplikasi data dari main site ke data center penyedia layanan DRaaS. Dengan demikian, bila terjadi bencana di main site, semua data dan aplikasi masih bisa diakses dari data center provider sehingga lebih mudah juga memulihkan kembali data main site. 

Jarak DRC dengan data center utama perusahaan minimal 35 KM. Pemilihan lokasi yang tidak terlalu jauh ini berguna untuk memastikan agar latensi jaringan tidak terlalu tinggi sehingga proses backup dan restore data dapat berlangsung tanpa halangan.

Baca juga tentang : Simak, Berikut Ini Perbedaan Backup, Restore dan Recovery Data Secara Lengkap

Jika Anda sedang menyiapkan DRC dengan fasilitas yang aman, fasilitas dan layanan yang ditawarkan oleh Elitery adalah pilihan yang terbaik. Keberadaan data center Elitery berada di daerah yang aman dari gempa bumi karena keberadaan di daerah tinggi sehingga bebas dari banjir. Tersedia juga ruang kerja yang nyaman dan parkir yang luas bagi Anda yang ingin berkunjung ke data center. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang solusi Disaster Recovery Center (DRC) Elitery untuk keberlangsungan bisnis Anda, silakan hubungi kami dan kunjungi website kami di www.elitery.com untuk mempelajari setiap produk dan layanan Elitery. 

Elitery
Safeguarding, Accelerating