back

Menjalankan bisnis di era New Normal ini, membuat para pebisnis harus cepat beradaptasi dan mengadopsi beberapa perkembangan teknologi jika ingin bisnis nya tetap maju dan berkembang. Semenjak pandemi covid-19 berlangsung, banyak perusahaan kesulitan menjaga produktivitas usaha akibat minimnya kehadiran karyawan yang bekerja di kantor. Hal ini membuat bisnis bergerak lambat, seperti memantau kondisi sistem, kondisi barang, memperlambat operasional perusahaan dan mempersulit pemeriksaan hasil kerja karyawan. Akibatnya, para pebisnis tidak hanya menghadapi perubahan kondisi market (pasar), namun kebijakan operasional perusahaan harus berubah demi menjaga keberlangsungan bisnis.

Internet of Things (IoT) tengah menjadi topik pembicaraan yang semakin hangat di era New Normal ini lantaran konsepnya yang tidak hanya memiliki potensi untuk mempengaruhi lifestyle kita tetapi juga bagaimana kita bekerja.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai apa itu Internet of Things (IoT). *Jangan diskip ya! Baca sampai tuntas.

  • Apa Itu Internet of Things?

Secara garis besar, Internet of Things atau IoT adalah teknologi komunikasi antar mesin dengan menggunakan koneksi internet. Bentuk komunikasi pintar ini juga disebut Machine-to-Machine (M2M) dengan manusia sebagai pengelola dan penggunanya. Produk dibangun dengan kemampuan komunikasi M2M yang sering disebut dengan sistem cerdas atau “smart”. Sebagai contoh yaitu smart kabel, smart meter, smart grid sensor. Ketika berbagai aset bisnis Anda terkoneksi dengan internet, Anda bisa mendapatkan informasi mendetail mengenai kondisi bisnis Anda yang terkini atau secara real-time.

“Internet of Things (IoT): Taking all day-to-day physical objects across the world and connecting them to the Internet.”

  • Cara Kerja dan Unsur Pembentuk Internet of Things

    Seperti artinya, Internet of Things bergantung pada Internet sebagai konektivitas antara sensor atau perangkat yang akan saling berkomunikasi di cloud. Cloud memiliki peran penting untuk memudahkan kerja sensor dari aplikasi yang terhubung dengan cloud. Data dari sensor yang dikirim ke cloud untuk menjalankan instruksi selanjutnya. Action ini bisa berbentuk pengiriman alert, notifikasi, perubahan hingga penutupan aplikasi.

Solusi IoT dapat dikontrol oleh user lewat dashboard dari komputer, laptop, atau mobile device lainnya. User yang dapat melakukan perubahan pada sistem atau aplikasi hanya user yang diberikan ijin akses oleh Perusahaan. Perubahan ini akan dikirim lagi ke cloud lalu sensor yang berkaitan akan segera ter-update.

Bagaimana, sudah paham tentang cara kerjanya? akan lebih mudah jika kita membahas satu persatu unsur pembentuk IoT ini, penasaran? Yuk lanjut baca lagi…

  • 1. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)

IoT membuat hampir semua mesin yang ada menjadi “Smart”. Ini berarti IoT bisa meningkatkan segala aspek kehidupan kita dengan pengembangan teknologi yang didasarkan pada AI. Jadi, pengembangan teknologi yang ada dilakukan dengan pengumpulan data, algoritma kecerdasan buatan, dan jaringan yang tersedia. Contoh pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) sudah diterapkan pada sistem CCTV seperti menjaga keamanan lalu lintas. Solusi Smart City Elivision dari Elitery telah dilengkapi oleh Artificial Intelligence (AI) untuk menganalisa lalu lintas, deteksi pelanggaran dan data gathering.

Baca selengkapnya tentang Elivision

  • 2. Perangkat Berukuran Kecil

Perangkat, seperti yang diperkirakan para pakar teknologi, memang menjadi semakin kecil, makin murah, dan lebih kuat dari masa ke masa. IoT memanfaatkan perangkat-perangkat kecil yang dibuat khusus ini agar menghasilkan ketepatan, skalabilitas, dan fleksibilitas yang efisien.

  • 3. Sensor Pintar

Sensor ini menjadi unsur pembeda dari IoT dengan mesin canggih yang lain. Sensor ini mampu mendefinisikan sebuah instrumen dari jaringan standar yang cenderung pasif menjadi sistem aktif yang diintegrasikan ke dunia nyata dalam kehidupan kita sehari – hari.

  • 4. Konektivitas

Konektivitas atau biasa disebut dengan hubungan koneksi antar jaringan. Di dalam sebuah sistem IoT yang terdiri dari perangkat kecil, setiap sistem akan saling terhubung dengan jaringan. Sehingga dapat menciptakan kinerja yang lebih efektif dan efisien. Pemanfaat dalam kehidupan sehari – hari saat kita melakukan transmisi data menggunakan WiFi, Bluetooth atau koneksi lain.

  • 5. Keterlibatan Aktif (Active Engagement)

Banyak mesin modern yang masih menggunakan keterlibatan (engagement) secara pasif. IoT ini mengenalkan paradigma yang baru bagi konten aktif, produk, maupun keterlibatan layanan.

  • Pengaplikasian Internet of Things dalam berbagai Bidang

Internet of things adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari – hari kita. Penasaran? Di bidang apa saja pengaplikasian IoT ini? Yuk, baca lebih lanjut ya.

  • 1. Pertanian

Pengaplikasian internet of things untuk dunia pertanian mencangkup pengumpulan data seputar kelembaban, suhu, cuaca, hujan hingga serangan hama. Data tersebut digunakan untuk mengotomatisasi teknik guna menemukan bibit unggul. Bukan hanya itu, data tersebut dipakai juga pengambilan keputusan seperti kualitas dan kuantitas tanaman.

  • 2. Energi

Sebagian besar perangkat yang memakan energi sudah diintegrasikan dengan internet. Contoh perangkat yang dimaksud adalah kulkas, televisi, lampu, switch dan masih banyak lainnya. lantas, bagaimana dampaknya? Dampak utamanya adalah memungkinkan mesin atau jaringan untuk berkomunikasi dengan baik di dalam pembangkitan listrik yang hemat dan juga efektif.

3. Lingkungan

Penerapannya adalah untuk memantau kualitas air dan udara suatu wilayah. Bukan hanya itu, internet of things juga menciptakan mesin yang digunakan untuk memantau kondisi atmosfer hingga pemantauan satwa liar di lingkungannya.

  • 4. Otomatisasi hunian

Perangkat IoT juga bisa dipakai untuk memantau dan mengontrol sistem mekanis, elektrik, dan elektronik yang digunakan di berbagai jenis bangunan (misalnya, industri atau juga rumah Anda sebagai tempat tinggal). Alat atau pengembangan IoT ini juga bisa memantau penggunaan energi secara real-time untuk mengurangi konsumsi energi. Contohnya? Penerapan yang kerap kita temui lampu tidur saat menyala waktu di malam hari dan mati otomatis saat pagi hari. ini semua adalah sistem kerja IoT.

  • 5. Kesehatan

Di Dalam dunia kesehatan, penerapan internet of things sudah sangat banyak contohnya. Data atau informasi rekaman kesehatan pasien bisa ditransfer ke semua rumah sakit dan terpusat. Data tersebut bisa dikirimkan dengan mudah tanpa pasien harus melakukan pengecekan lagi sehingga mempermudah pasien dan mengurangi biaya.

  • 6. Transportasi

IoT bisa membantu manusia dalam integrasi komunikasi, kontrol, dan pemrosesan informasi pada berbagai sistem transportasi yang ada. Penerapan IoT memang terus-menerus meluas ke berbagai aspek sistem transportasi. Tak hanya teknologi mesinnya yaitu kendaraan, tetapi juga infrastruktur, serta menyinggung fungsi pengemudi/penggunanya.

Contoh penerapan IoT pada bidang transformasi sudah kita rasakan dengan kemudahan akses melalui aplikasi saat melakukan pemesanan antar-jemput.  Interaksi dinamis yang terjadi antara komponen-komponen itu berasal dari sebuah sistem transportasi. Sistem tersebut memungkinkan komunikasi antar dan intra kendaraan, kontrol lalu lintas yang lebih efektif karena tergolong cerdas, parkir yang lebih cerdas, manajemen logistik dan armada, kontrol kendaraan, dan juga terkait faktor keselamatan maupun bantuan di jalan.

Baca tentang Elivision sebagai All in Solution untuk CCTV monitoring system

Demikian artikel penjelasan lengkap tentang Internet of Things (IoT) merupakan bentuk komitmen kami sebagai partner IT bisnis Anda yang siap membantu mengembangkan bisnis Anda di era digital ini. Kami akan memberikan info – info terupdate tentang dunia teknologi, khususnya yang berhubungan dengan service dan product Elitery yang siap jadi Partner IT Anda.

Jangan lupa subscribe agar Anda tidak melewatkan setiap artikel terbaru dari Elitery. Jika Anda ingin berkonsultasi seputar kebutuhan IT untuk bisnis Anda, segera hubungi kami dengan mengunjungi website kami di www.elitery.com

 

  • Elitery
  • Safeguarding, Accelerating