Apa Itu Google Jamboard? Ini Penerapannya Dalam Bidang Edukasi

Saat ini, hampir semua bidang didukung oleh teknologi digital, termasuk bidang edukasi. Dengan komitmen Google untuk mendukung kemajuan dunia pendidikan di dunia, perusahaan ini meluncurkan Google Jamboard. Lalu, apa itu Google Jamboard? Apa manfaatnya di bidang edukasi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Google Jamboard?

Apa Itu Google Jamboard

Secara sederhana, Google Jamboard adalah papan tulis namun jauh lebih canggih dari papan tulis biasanya. Google memadukan antara papan tulis dengan fitur canggih yang akan sangat membantu penggunaannya. Misalnya, pengguna bisa mengambil gambar dari penelusuran Google hanya menggunakan Jamboard.

Baca Juga : Apa Kegunaan Google Meet? Inilah Manfaatnya

Selain itu, pengguna juga bisa menyimpan pekerjaan ke cloud secara otomatis. Uniknya, pengguna tetap bisa menggunakan tulisan tangan ataupun menggambar di papan tersebut dengan Stilus bahkan menghapus dengan jari. Dengan begitu, sensasi menggunakan papan tulis pun masih sangat terasa.

Dimasa awal pandemi, Google Jamboard berperan sangat penting di bidang pendidikan khususnya untuk menunjang proses belajar mengajar antara siswa dan guru. Simak beberapa penerapan Google Jamboard dalam bidang edukasi berikut ini.

Penggunaan Google Jamboard di Bidang Edukasi

Setelah tahu apa itu Google Jamboard, Anda juga perlu tahu penggunaan aplikasi ini dalam bidang edukasi. Dengan mengetahui penggunaannya, Anda pun bisa menggunakan Jamboard dengan maksimal.

Pengguna Bisa Mengakses Pelajaran

Walaupun sebuah papan tulis, tapi Jamboard menggunakan teknologi tinggi. Sehingga, Jamboard tidak hanya bisa digunakan untuk menulis atau menggambar menggunakan Stilus saja tetap juga untuk mengakses pelajaran selama sesi jam pelajaran berlangsung.
Jadi, semua murid bisa tetap fokus belajar tanpa berganti-ganti alat. Cukup menggunakan Jamboard dan mengakses materi yang akan dipelajari, mereka sudah bisa mulai belajar.

Presentasi Secara Langsung

Jamboard tidak hanya sebatas digunakan untuk mengakses materi, menulis, ataupun menggambar. Lebih dari itu, aplikasi ini juga akan membantu Anda untuk mempresentasikan materi secara langsung. Bahkan, aplikasi ini terintegrasi dengan Google Meet sehingga Anda bisa memadukan antara video conference dan pembelajaran secara tertulis. Proses belajar dan mengajar jauh lebih praktis dan efisien.

Akses Pelajaran Di Mana Saja

Setelah pengajar membagikan materi pelajaran, murid bisa mengakses material pelajaran itu di mana saja. Karena itu, Jamboard sangat cocok untuk proses belajar mengajar, seperti kerja kelompok secara langsung, seminar grup, ataupun belajar mengajar jarak jauh. Jamboard tersedia untuk Android dan iOS sehingga siswa dan pengajar bisa langsung mengakses aplikasi ini dari perangkat mereka masing-masing.

Menyimpan Materi Belajar Secara Otomatis

Tidak seperti papan tulis biasa yang harus dihapus ketika penuh, Jamboard bisa menyimpan materi belajar secara otomatis sebelum berganti ke materi baru. Dengan begitu, siswa dapat membuka kembali materi untuk dipelajari kembali.
Hasil belajar akan tersimpan di Google Drive akun pengajar. Hal ini ahan memudahkan pengajar untuk mendokumentasikan hasil belajar. Nantinya, pengajar bisa membagikan link hasil belajar tersebut melalui Google Classroom.

Mulai Uji Coba Google Jamboard Bersama Elitery

google workspace

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa Google Jamboard memiliki banyak manfaat untuk menunjang dibidang edukasi. Sekarang, Anda tahu apa itu Google Jamboard sekaligus penggunaannya di bidang edukasi. Untuk konsultasi dan uji coba Google Jamboard bisa hubungi Elitery di elitery.com atau email [email protected].

#mulaibersamaElitery
Your Elite Digital Transformation Partner

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×